Wednesday, February 3, 2016

Review : MAZAYA BB CREAM & MAZAYA MATCH PERFECTION 4 in 1 POWDER CAKE FOUNDATION (in natural)


Ada yang sedang mencari produk dasar make up yang memberi hasil natural, coverage cantik, waterproof, tapi tanpa rasa tebal di wajah ? Saya punya dua alternatif di sini. Dua-duanya dari Mazaya, brand lokal yang mengusung konsep halal dan islami. Dua-duanya juga saya pilih shade natural yang sesuai dengan warna kulit saya. Produk pertama berupa BB cream. Produk kedua foundation pact bernama Match Perfection 4in1 Powder Cake Foundation, saya sebut 4in1 foundie saja ya biar nggak kepanjangan.

Dalam katalog disebutkan bahwa BB Cream adalah cream ajaib yang merupakan produk all in one sebagai foundation, whitening, anti aging, concealer, sun screen, moisturizer, menjadikan wajah tampak lebih muda tanpa noda, lembut, halus, dan cerah. Sedangkan Match perfection 4in1 powder cake foundation with astaxanthin adalah cream alas bedak yang diaplikasikan pada kulit wajah sebelum menggunakan bedak, supaya make up lebih melekat, merata dan tahan lama. Dapat pula digunakan untuk menutupi noda dan kerutan halus sehingga penampilan jadi lebih menawan.

Yang di atas itu kata katalog ya,, kalau kata saya yang berikut ini.

Dari segi packaging, BB cream Mazaya ini hampir sama dengan BB cream kebanyakan. Di bagian depan didominasi warna beige dengan logo Mazaya, logo halal MUI, dan keterangan nama produk berwarna coklat. Bagian belakangnya berisi keterangan ingredients, cara pakai, dan deskripsi produk dalam ukuran huruf yang mudah dibaca. Tersedia dalam kemasan 30gr (1,06 oz) di dalam tube tipis sepanjang kira-kira 9cm. Kemasan tube ini memiliki tutup fliptop yang tersegel ketika pertama kali membeli, tapi tidak ada boxnya.


Dibandingkan BB creamnya, packaging 4in1 cake foundie ini lebih cantik. Kemasannya kompak bulat tidak simetris seperti bedak padat, berwarna beige dengan logo Mazaya dan logo hala MUI berwarna keemasan. Di dalamnya terdapat separator bening yang mudah dibuka-tutup untuk memisahkan foundation dengan sponsnya supaya tetap higienis. Ada box yang bertuliskan keterangan ingredients, cara pakai, dan informasi apa itu astaxanthin yang merupakan salah satu komposisi unggulan merk Mazaya.



BB cream Mazaya ini cair dengan tekstur sedikit kental. Kalau diaplikasikan memakai jari agak seret dan susah diblend. Saya lebih suka pakai brush atau spons, jadi lebih mudah diblend dan coveragenya jadi medium. Warnanya menyatu dengan kulit wajah dan tidak berubah jadi lebih gelap. Hasilnya semi-matte tapi bisa jadi matte kalau diset dengan face powder. Saya lebih suka aplikasi face powder pakai brush, lebih cepat dan lebih merata.

Cara mengaplikasikan 4in1 Foundie lebih mudah. Cukup tepuk-tepukkan spons yang sudah dioles foundie ke wajah sudah dapat coverage light. Kalau mau coverage lebih bisa ambil foundie sesuai kebutuhan lalu spons diseret-seret. Finishnya dewy tapi masih kelihatan bagus di wajah saya. Tidak jadi oily di daerah T-Zone. 4in1 foundie ini hasilnya di wajah sedikit lebih terang daripada BB cream meskipun shadenya sama-sama natural.

Swatch BB cream



Baik BB cream maupun 4in1 foundie sama-sama memiliki coverage light to medium. Cukup membuat kulit wajah terlihat lebih halus dan warnanya merata. Tapi tidak yang flawless banget kalau dipakai tanpa primer dan concealer. Kurang bisa menutupi dark spot. Senangnya, kedua produk ini tidak membuat wajah terasa gerah. Tahan dipakai sampai siang kalau tidak panas-panasan di bawah matahari. Tahan juga disiram air. Tapi mudah dibersihkan dengan handuk setelah dibasuh dengan air walaupun rasanya tidak senyaman dibersihkan dengan micellar water.

BB cream dan 4in1 foundie setelah disiram air, bagian tengah itu saya usap dengan jari tangan

Perbandingan kapas yang saya pakai membersihkan 4in1 foundie dan BB cream
Cleanser yang saya gunakan adalah Viva milk cleanser green tea

Menurut saya, kedua produk tersebut tidak jauh berbeda. Soal pemilihan tergantung selera masing-masing. Hanya saja keduanya masih mengandung paraben. Bagi saya tidak ada masalah karena kadarnya aman, halal, dan sudah mengantongi izin BPOM. Tapi mungkin bagi yang phobia paraben akan jadi masalah. Sejauh ini kulit wajah saya tidak menunjukkan tanda-tanda iritasi atau semacamnya.

1 comment

  1. Baru mw coba bb cream mazaya,lg dikirim,msh diperjalananan,smg hasilnya sesuai harapan... mksh buat review nya mba,sgt bermanfaat

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall