Thursday, June 30, 2016

ONE PAGE WITH DINE AISAH

dine aisah
fotonya pinjam dari sini

Setiap kali membaca blog yang bagus dan inspiratif (dan pageviewsnya banyak) saya selalu penasaran seperti apa orang di baliknya. Bagaimana cara mengelolanya, bagimana membagi waktu antara blogging dan kegiatan lain, serta bagaimana-bagaimana yang lain. Salah satu blog yang saya suka adalah www.sistersdyne.com. Blognya mba Dine ini bahkan sudah ada dalam daftar bacaan saya sejak entah kapan, sejak URL-nya masih berekor blogspot. Sekarang blognya semakin cantik saja seperti ownernya.

Sampai akhirnya beberapa waktu lalu saya menghubungi mba Dine via email. Surprisingly, langsung dibalas nggak sampai sehari !
Ternyata mba Dine ini ramah sekali, murah ilmu, bahkan bersedia meladeni junior macam saya. She’s the nicest pokoknya. Saya tanya macam-macam, dijawab semua.

FYI, mba Dine sudah empat tahun menekuni hobi sebagai beauty blogger. Agar tetap konsisten menghasilkan konten yang berkualitas, mba Dine ini membuat jadwal ngeblog di antara kesibukannya sebagai ibu. Konsisten membuat postingan yang original dan mempunyai ciri khas adalah salah satu tips dari mba Dine supaya banyak yang melirik blog kita. Selain itu, memakai custom domain juga lebih disarankan supaya blog terlihat lebih profesional. Ternyata bukan seberapa banyak budget untuk membeli beauty products yang menjamin kesuksesan seorang beauty blogger, melainkan ketekunan.

Banyak sekali tips blogging yang saya dapat dari mba Dine. Ilmunya sangat berguna khususnya untuk para blogger junior seperti saya. Jadi saya tidak akan menyimpannya  sendiri. Nah, berikut rekap obrolan tertulis saya dengan mbak Dine. Semoga bermanfaat, ya...
Q  : Mba Dine sudah berapa tahun jadi beauty blogger ?
A  : Sudah sekitar 4 tahun menjalani hobby ini
Q  : Kapan pertama kali dapat tawaran kerjasama dari sebuah brand ? kalau boleh tahu, brand apa ?
A  : Sebanarnya bukan brand, tapi e-commerce sich tepatnya. e-commerce Lensza.co.id
Q  : Berapa budget per bulan yang mba Dine keluarkan untuk membeli beauty products untuk keperluan blogging ?
A  : Nggak ada budget tertentu. Karena biasanya aku membeli product sesuai kebutuhan dan keinginan saja.
Q  : Selama menjadi beauty blogger, apa saja suka dan duka yang mba Dine rasakan ?
A  : So far, lebih banyak suka yang dialami selama menjadi bblogger Hehehehe, salah satunya dapat berkenalan dengan dengan teman-teman satu hobby
Q  : Jika ingin menjadi blogger profesional yang dilirik banyak brand, apa saja yang harus dilakukan ?
A  :Post blog yang tertulis harus original dan mempunyai ciri khas dalam setiap postingannya
Q  : Sekarang beralih ke pertanyaan teknis ya mba. Kapan pertama kali mba Dine memutuskan untuk memakai domain sendiri ?
A  : Pertengahan tahun 2015
Q  : Apa benefitnya menggunakan blog dengan domain sendiri dibandingkan dengan menggunakan blogspot yang notabene gratis ?
A  : Banyak sekali, terutama dalam kerjasama dengan sponsor ataupun brand
Q  : Untuk memaintain blog, mba Dine sendiri atau memakai jasa administrator?
A  : Sendiri, karena sebenarnya blog itu kan diary yang tertulis secara personal.
Q  : Sebagai blogger senior, mba Dine pastinya sudah sangat mengerti tentang trik SEO. Dulu belajar khusus atau otodidak ?
A  : Otodidak
Q  :  Menurut mba Dine, haruskah seorang blogger mengerti bahasa html atau hal teknis lainnya ?
A  : Paling tidak sedikit harus mengerti. Walau sampai sekarang saya pun masih pusing tujuh keliling belajar tentang semua html dan kawan-kawannya.
Q  : Sekarang saya ingin bertanya mengenai hal-hal yang lebih personal. Mba Dine ‘kan seorang ibu juga, bagaimana mengatur waktu antara momong anak, mengurus keluarga, dan blogging ?
A  : Aku membuat jadwal. Pagi dari jam8-10 adalah khusus waktu aku untuk bloging, dan aku sambil nyambi momong anak yang kemudian di bantu oleh Nanny-nya. Sedangkan untuk weekend adalah waktunya keluarga, kalau bisa dari hari jumat sampai minggu adalah waktunya keluarga. Kecuali memang udah ada jadwal yang udah tersusun dari jauh-jauh hari.
Q  : Dulu waktu pertama kali blogging, apa motivasi mba Dine ?
A  : Motivasinya karena nggak pingin nganggur dirumah sebagai Ibu Rumah Tangga yang Sholehah **haaaallah** kekekekek.
Q  : Pertanyaan terakhir, sekarang ‘kan banyak sekali beauty blogger baru, bagaimana pendapat mba Dine ?
A  : Good. Banyak Generasi Positive yang dapat menjadi inspirasi dikemudian hari.
Q  : Kalau boleh, saya sebagai blogger baru ingin minta saran dari mba Dine seputar hal-hal teknis dan non teknis di dunia beauty blogging.
A  : Saran Specialnya terus lah berkarya. Belajarlah dari pengalaman. Dan belajarlah dari sekeliling teman-teman dengan hobby yang sama.
Q  : Terimakasih mba Dine sudah bersedia menjawab pertanyaan saya.

A : Sama-sama^^

1 comment

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall