Kamis, 22 September 2016

SEORANG IBU TIDAK BOLEH SAKIT

Lomba Blog Theragran-M dan Blogger Perempuan

Bangun tidur paling awal dan pergi tidur paling akhir seharusnya menjadi first job description seorang ibu. Harusnya menjadi tagline. Mother : the one who goes to bed in the midnigt and wakes up a minute later. Dengan jam kerja sehari penuh, tanpa hari libur, tanpa izin cuti, serta job desc yang tidak dapat dideskripsikan, menjadi ibu merupakan profesi paling challenging di seluruh dunia. Kalau bisa dibilang profesi.
Tapi we all know, menjadi ibu adalah peran, takdir, profesi, impian, dan kewajiban sekaligus menjadi satu. Menjadi ibu adalah hal paling merepotkan namun paling diidamkan sebagian besar wanita.

Tidak ada yang menandingi ritme hidup seorang ibu. Sejak bangun tidur hingga tidur lagi ada saja pekerjaan yang harus diselesaikan. Menyiapkan sarapan yang disukai keluarga, mengurus keperluan anggota keluarga lain, memberi intruksi pada ART, membangunkan anak dengan cara tegas namun lembut, menyiapkan kebutuhan untuk sekolah, menggendong anak yang masih balita, menenangkan bayinya yang rewel sepanjang malam, menjadi stalker anak gadisnya di dunia maya, dan seterusnya dan seterusnya. Harus pintar-pintar mencuri waktu untuk mengurus diri sendiri kalau tidak mau terlihat seperti zombie.

Belum lagi kalau seorang ibu juga bekerja, apalagi jika memiliki peran tambahan sebagai tulang punggung keluarga. Mobilitas seorang ibu ibarat kaki di kepala, kepala di kaki.

Ibu rumah tangga juga sama. Di saat ibu bekerja sibuk dengan berbagai agenda kantor, ibu rumah tangga melompat ke sana kemari membereskan pekerjaan domestik sebanyak dan secepat mungkin. Tidak ada waktu untuk sekedar bernafas, istilahnya. Semakin cepat bergerak semakin banyak pekerjaan rumah tangga yang dibereskan, semakin cepat pula selesainya. Padahal pekerjaan rumah tangga tidak mengenal kata selesai.

Mompreneur pun memiliki pola hidup yang tidak berbeda. Orang melihat seorang mompreneur bisa bersantai, setiap saat menekuri ponsel pintar tanpa sempat berkedip. Yang tidak orang lihat adalah mompreneur itu sedang melayani chat dari calon pelanggan online shopnya yang bertanya macam-macam, sambil berdoa dalam hati semoga si calon pelanggan menjadi pelanggan betulan. Yang tidak orang lihat adalah mompreneur itu tidur tengah malam setelah merekap pesanan pelanggan, menghitung setiap rupiah laba yang diterima, sambil berpikir bagaimana cara agar toko virtualnya tetap berjalan padahal di luar sana banyak situs ecommerce raksasa yang menghujani pelanggan dengan berbagai promosi.

Sebanyak itu beban yang diletakkan di pundak seorang ibu.
Sebegitu penting peran seorang ibu di dalam keluarga.
Tak tergantikan.

Seorang anak sakit, ibu yang mengurus. Bayi menangis, ibu yang menggendong. ART pulang kampung, ibu yang mencuci piring. Tempat laundri langganan tutup, ibu yang mencuci baju. Nenek mengadakan pengajian, ibu menjadi event organizer. Kakek pergi haji, ibu yang mencari oleh-oleh. Tetangga terkena musibah, ibu yang duluan menjenguk. Ayah meninggal, ibu yang mencari uang.

Ibu sakit, seluruh keluarga mati suri.

Pernah mengalami, kan, saat-saat ketika ibu sakit, rumah terlihat berantakan, piring kotor menumpuk, suasana kelabu, malas ngapa-ngapain, bahkan langit ikut mendung. Itu seperti the worst feel ever.

Saya juga seorang ibu. Saya pernah bedrest selama dua minggu penuh dan menjalani pemulihan hampir satu bulan. Akibatnya, saya kehilangan banyak precious moment. Tidak bisa bermain dan mandi bareng Uprin. Seharian Uprin diasuh anggota keluarga lain, baru ketika waktu menyusu diberikan pada saya. Saya jadi ketinggalan banyak adegan lucu yang diprakarsai Uprin.

Baca juga : Quality Time Tanpa Gadget

Selain tentang Uprin, saya juga kehilangan banyak kesempatan untuk mencapai personal goals. Satu setengah bulan yang tidak produktif. Tidak satu barispun kalimat yang berhasil saya tulis selama rentang waktu tersebut. Tanpa posting artikel, blog saya yang masih merangkak persis tanpa pengunjung.

Yang lebih menjengkelkan lagi, kulit wajah saya breakout parah karena tidak ternutrisi. Badan yang tidak fit membuat saya malas merawat kulit, saya skip semua skincare routine hingga akhirnya saya tahu sendiri akibatnya bagi kulit saya.

Baca juga : Never Skip Your Skincare Routine

Itulah mengapa menjaga kesehatan itu sangat penting. Sebisa mungkin sempatkan olahraga supaya tubuh tetap fit. Juga banyak-banyak minum air putih supaya tubuh tidak dehidrasi. Jangan lupa selalu makan makanan sehat dan bergizi supaya nutrisi tubuh tercukupi. FYI, nutrisi yang diperlukan tubuh bukan cuma karbohidrat dan protein, tapi lebih kompleks dari itu. Tubuh memerlukan vitamin A, B, C, D, E, magnesium, zat besi, dan mineral esensial lain seperti Zinc, mangan, iodium. Terutama bagi yang habis sakit, tentu sangat memerlukan vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

Vitamin A, selain untuk menjaga kualitas indra penglihatan juga berguna untuk perkembangan sel baru sehingga daya tahan tubuh terjaga. Sumbernya berasal dari sayuran hijau, sayuran kuning, serta daging merah.

Vitamin B kompleks, bermanfaat untuk menjaga fungsi saraf, membantu metabolisme tubuh, menjaga stamina, dan sebagainya.

Vitamin C, dikenal sebagai vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan karena fungsinya sebagai penangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan penyerapan zat besi. Sumbernya berasal dari macam-macam buah.

Vitamin D, memiliki fungsi utama mengembalikan kadar kalsium dan fosfat dalam tulang.  Dapat diperoleh dari minyak ikan, keju, daging.

Vitamin E, selain baik untuk kulit juga sangat penting sebagai anti oksidan. Sumbernya berasal dari kacang-kacangan, sayur, mentega, dan sebagainya.

Zat besi sangat penting, terutama bagi ibu yang aktifitasnya menyaingi presiden. Berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh sekaligus berperan dalam membentuk energi di dalam sel, kekurangan zat besi menyebabkan tubuh mudah lelah, pusing, hingga rentan sakit.

Tembaga berperan dalam proses metabolisme, menjaga saraf otot, serta penyerapan zat besi. Mineral lain yang diperlukan tubuh adalah mangan dan iodium, yang meskipun jumlahnya sedikit namun jika kekurangan dapat menyebabkan rambut dan kuku rapuh, dermatitis, memicu hipotiroid, gangguan fungsi mental, dan lain-lain.

Ada pula magnesium dan zinc yang tidak kalah penting bagi tubuh. Magnesium seringkali dikaitkan dengan daya tahan tubuh. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kram otot, jantung berdebar, hingga kehilangan berat badan. Sedangkan zinc erat kaitannya dengan kekebalan tubuh. Zinc juga mempercepat proses penyembuhan luka.

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan beraneka ragam. Seperti, makan makanan berwarna-warni, dari berbagai jenis, hewani dan nabati. Tentunya dengan proses pemasakan yang sehat dan tidak penuh minyak. Dan bila perlu, konsumsi juga suplemen makanan yang mengandung multivitamin, mineral, dan magnesium. Memang jarang sih ada suplemen makanan yang kandungannnya lengkap.

vitamin yang bagus untuk masa pemulihan
Theragran-M / Gambar dari website Theragran-M

Salah satu suplemen makanan lengkap yang saya tahu adalah Theragran-M. Suplemen makanan ini dikenal sebagai vitamin yang bagus untuk masa pemulihan. Multivitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya terbukti meningkatkan, mengembalikan, dan menjaga daya tahan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan. Theragran-M sudah diresepkan oleh para dokter selama 40 tahun. Berbentuk kaplet kecil yang praktis, dapat diminum satu kali sehari sesudah makan atau sesuai anjuran dokter.

Jadi, ibu-ibu di seluruh Indonesia, jangan sakit lagi ya ! ^_^


PS : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Taisho.

25 komentar

  1. Wahahaha.... nyerah saya kalo harus jadi ibu yg super begitu.
    Btw, trims tuk pencerahannya. Semoga kita semua sehat, kuat.

    BalasHapus
  2. jleb ihhh tulisanmu mak

    aku udah terima theragran-nya, agak nyesel begitu terima gak langsung diminum... eh sekarang aku ikutan drop, besok pagi abis sarapan kudu diminum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horee jleb 😄
      Iya, harus diminum tuh, biar tetep fit.

      Hapus
  3. Pas banget kemarin abis sembuh dari flu berat langsung dateng Theragran. Yauda langsung minumlah. Lumayan bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan flu lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flu emang dimanamana ya,, semoga nggak kedatangan flu lagi.

      Hapus
  4. bedrest nya kenapa mba?
    semoga sehat terus ya

    BalasHapus
  5. Iya ya mba.. Jadi ibu itu emang berat, beban ganda. Tapi dilakukan dengan ikhlas.. Semoga kita sehat selalu ya.. Dimampukan jadi ibu dan istri yang baik utk keluarga kita. :)

    BalasHapus
  6. nice
    Salam kenal ya
    Blognya sdh saya folow

    BalasHapus
  7. Thragran saya ancur lebur mba hahaaha tp sing penting manfaatnya dan itu saya rasakan :)

    BalasHapus
  8. jadi ibu itu harus setrong ya mbak, kalo anggota keluarga yg lain sakit..kita gak boleh ikutan sakit heheh btw salam kenal ya :)

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. Boleeeh, Ibu boleh sakiiitt hahahahha. Paling sebel kalau dibilang Ibu ngga boleh sakit, Ibu juga kan manusiaaaa, punya rasa punya hatiii *jadi nyanyi*
    Tapi emang kalau Ibu sakit semua ribet, jadi harus jaga kesehatan dengan baik, salah satunya minum suplemen biar lebih okeh! :D

    BalasHapus
  10. semoga sehat selalu mba,

    semangat buat lombanya semoga beruntung

    BalasHapus
  11. Seorang ibu itu wonder women keluarga banget deh pokoknya.
    Yap, harus selalu jaga kesehatan, jangan sakit lagi :D

    BalasHapus
  12. Klo lg sakit ngga bisa bnyk yg dilakuin buat keluarga, sedih..
    Moga sehat terus yaa kita mba ^^ aku jg cocok pake Theragran ini..good luck yaa mba

    BalasHapus
  13. sehat terus semua ibu di dunia, amin..

    BalasHapus
  14. Theragran M ini multivitamin yang lengkap banget menurut saya

    BalasHapus
  15. Ibu harus setronggg, lahir dan bathin :)

    BalasHapus
  16. Bener Mak, kalau kita sakit itu kehilangan banget precious moment sama anak :(

    BalasHapus
  17. Mudah2an kita selalu sehat ya Mbak :)

    BalasHapus
  18. Aku juga udah minum Theragran-M ini,dan terbukti tubuhku jadi lebih sehat. Bahkan walaupun dalam keadaan sehat pun bisa tetap di konsumsi karena ini bukan obat

    BalasHapus
  19. bunda emang harus steroong ya mba

    BalasHapus
  20. setuju banget mak sama profesi ibu (kl bisa disebut profesi), sekarang blm punya anak aja, sebagian bsr tugas2 itu udah aku lakuin juga :) semangat jaga kesehatan yaaaa, suplemen kayak theragran emang penting buat tambahan asupan^^

    BalasHapus
  21. ibu kan manusia gpp sakit hhihi yang penting jaga kesehatan :*

    BalasHapus

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall