Thursday, October 27, 2016

VIRLY’S CHOICE : 5 INDONESIAN BLOGER I’M CURRENTLY INFLUENCED BY

my favorite blog award

Saya belum pernah menghitung ada berapa ribu bloger tercecer di Indonesia. Ada bloger femes yang terkenal di seantero komunitas bloger. Ada bloger senior yang menjadi panutan di antara para bloger junior. Ada bloger baik hati yang suka mengadakan giveaway. Ada bloger agency yang gemar membagi job. Ada bloger hantu lomba yang selalu menang tiap kali mengikuti lomba. Ada bloger yang sudah menjadi bloger ‘dari sononya’, yang tidak tergabung dalam macam-macam komunitas namun viewsnya masyaAllah. Ada bloger influencer yang hanya bisa dikagumi dari jauh. Lalu ada bloger recehan namun menolak disebut recehan (iya, macam saya!)


Jadi, ceritanya tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari bloger nasional. Maka saya bersama ratusan member Blogger Perempuan membuat tulisan tentang lima blogger terfavorit menurut versi masing-masing. Sulit sebenarnya, menentukan top 5 ini. Karena di antara ribuan (atau puluhan ribu, entahlah) bloger Indonesia, tak terhitung yang bagus tulisannya, cantik orangnya, ciamik foto-fotonya, kreatif cara bertuturnya, banyak pembaca setianya, dan tentu saja jutaan viewsnya. Seperti mencari benang emas raksasa dalam setumpuk abu jerami (eh!).

Kemudian inilah daftar milik saya. Kelima bloger yang ada di daftar saya semuanya perempuan. Bukan apa-apa, saya memang tidak menemukan bloger laki-laki yang sesuai dengan kriteria saya. IMHO, lima bloger di bawah ini adalah bloger-bloger yang blognya paling sering saya kunjungi, ada dalam daftar bacaan saya, tulisannya sedikit banyak mempengaruhi saya, ide dan pemikirannya agak menghegemoni saya, dan paling penting : saya suka !

PS : Kalau ada pendapat lain, let me do know ya ! Share bloger favorit kamu di kolom komentar ^_^

blog andra alodita

1.    Alodita.com (AndraAlodita). Kalau ada yang pernah membaca postingan pertama saya di blog ini, mungkin ingat kalau Kak Alo ini salah satu orang yang sangat menginspirasi saya untuk melakukan sesuatu hingga akhirnya saya memutuskan ngeblog (artikelpertama saya ada di sini, tapi jangan dibaca ding, tidak presentable!). Bukan hanya terinspirasi, saya bahkan mengadopsi gaya bertutur Andra di tulisan-tulisan awal saya. Dari Andra Alodita inilah saya belajar banyak tentang sharing is caring, women empowerment, cara bersyukur, sampai cara berjuang. Sebegitu berpengaruhnya memang.

Kalau ditanya, saya paling suka series Cerita Pagi dan Cerita Sore nya Alodita.com, benar-benar membuka pikiran dan mendinginkan hati. Saya lebay, ya ? LOL! Selain soal konten yang isinya positive vibes semua, saya juga suka sekali tampilan blognya. Sangat clean dan efisien. Tidak banyak widget yang tidak perlu. Saya suka pada penempatan kategori dan sub-kategori pada side bar blog. Saya pengen template begitu sebenarnya, tapi kok belum bisa.

Satu lagi yang saya suka dari blognya Andra Alodita, yaitu foto-fotonya cerah dan selalu bagus. Iya, sih, memang Andra ini tadinya fotografer. Bahkan di awal-awal blognya, sejak Januari 2011, isi blogpostnya foto semua. Baru mulai Maret 2012 blogpostnya disertai tulisan.

brownplatform by anastasia siantar

2.    Brownplatform.com (AnastasiaSiantar). Pertama kali saya tahu ada yang namanya fashion bloger ya Ci Anaz ini. Saya berkunjung ke blognya sejak tahun 2012 kalau tidak salah ingat, waktu itu masih pakai blogspot. Memulai blogging sejak Februari 2011, brownplatform.com kini telah mencapai nyaris 6 juta views. Tidak heran sih, blog satu ini memang sangat memanjakan mata. Outfit yang disuguhkan selalu bagus, bloger yang membawakan selalu cantik dengan winged eyeliner dan nude lips, serta potret yang profesional adalah kekuatan Brownplatform. Saya selalu suka pada foto-foto yang ditampilkan Anastasia Siantar. Yang paling saya suka adalah waktu pemotretan dengan Burberry serta video yang menampilkan daily-work-life-nya seorang fashion bloger. Oh ya, dan koleksi Charlotte Olympia-nya sungguh tak tertahankan!


Clara devi lucedaleco

3.    Lucedale.co (Clara Devi). Satu artikel yang menempel di otak saya baru-baru ini ada di blog Clara Devi, judulnya Passion To Mansion. Mengena sekali tulisannya. Selain itu banyak postingan lain tentang fashion, foto-foto dari runway, travelling, and many more. Foto-fotonya terasa selaras dalam satu tone dan tetap chic.

Menurut saya, tampilan blog lucedale.co sangat unik. Nuansanya monokrom namun dinamis. Suasananya dewasa namun misterius. Dan tata letaknya juga tidak biasa. Saya tidak bisa menemukan blog archive di blognya. Namun justru di situlah letak personal touchnya. Seakan-akan Clara Devi hanya ngeblog karena suka. Titik. Bukan untuk impress people atau something else.

beauty bloger favorit

4.    Sistersdyne.com (DineAisah). Saya pernah membuat satu postingan tentang mba Dine. Jujur saja waktu itu saya email mba Dine melampirkan file Q&A tanpa berharap apa-apa. Syukur-syukur kalau dibalas. Ternyata, she’s very nice. Meskipun sudah menjadi beauty bloger femes tapi masih mau meladeni junior macam saya. Email saya dibalas tanpa menunggu lama dan pertanyaan yang saya kirim pun dijawab semua.

Blog mba Dine ini sedikit banyak juga berpengaruh pada cara saya menulis review produk kecantikan. Kalau saya perhatikan, mba Dine menulis review secara etis. Belum pernah saya temukan mba Dine menjelekkan suatu produk. Pun mengagungkan produk tertentu. Dan flatlaynya selalu instagrammable!

Jadi, tidak usah saya jelaskan lagi ya mengapa saya memasukkan blog sistersdyne.com ke daftar ini ?

pandora box langit amaravati

5.    Langitamaravati.comhttp://www.langitamaravati.com/ (El (?)). Saya tidak tahu siapa nama aslinya. Kalau di fesbuk atau di kolom komentar blognya, sering ada yang memanggil mbak el, chan, teh uchan, entahlah. Saya simply memanggilnya mbak Langit, karena semua akun media sosialnya diberi nama Langit Amaravati, dan karena mbak Langit lahir duluan daripada saya.

Ngomong-ngomong, saya baru tahu kalau mbak Langit sudah mulai ngeblog sejak  Januari 2009. Saya saja yang baru menemukannya. Kalau ditanya, yang paling saya sukai dari langitamaravati.com adalah gaya berceritanya. Khas cerpenis. Dan berbeda. Dan rasa fiksi. Siapa menyangka, tulisan tentang mesin kopi bisa menjelma sedemikian rupa, seperti membaca cerpen saja.


Dan, well, kalimat perkenalannya pada widget about me cukup mengejutkan. Saya mungkin tidak akan seberani itu menuliskan status saya.

12 comments

  1. Touch down, pertama komen.
    Aku baru beberapa hari lalu baca tulisannya Alo, dan langsung tahu kenapa dia terkenal. Dia itu mengagumkan ya, tulisannya anget.
    (lanjut blogwalking ke 3 blog lainnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anget ya mbak? Semacam hot chocolate gitu 😊

      Delete
  2. Banyak belajar yaa dr blogger keren kyk gt...

    ReplyDelete
  3. Mereka blogger femes Mba.
    Mau belajar ah, dari mereka.

    ReplyDelete
  4. Wow saya jadi mengenal empat nama lagi di sini, karena taunya Teh Can aja :D

    ReplyDelete
  5. Wah lumayan menginspirasi kakak..

    Saya sangat aduhai dengan gaya kakak meniru 5 blogger favorit kakak.

    Blog kakak juga mulai bagus dari hari kemarin.

    Untuk sistem komentarnya juga pake yg name/url jangan yg biasa aja dong kak. Ga terbuka dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih.
      Sistem komentarnya sy nggak tau cara setingnya 😅

      Delete
  6. Yey, samaan... aku juga suka sama DA sister blog...

    Hi, virly aku follow blogmu, mind to follback? Lihat juga blogs favorite di blog rahma ya.. :D

    salam kenal,
    rahmaediary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep ya mba dine kalo tulis review.
      Aku udah follow blog km deh kayaknya 😄

      Delete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall