Sunday, March 5, 2017

CERITA BULU MATA (FEATURING SILVER SWAN LASHES)

review bulu mata silver swan

Ngomong-ngomong soal bulu mata, saya punya pengalaman yang agak bikin kesel. Sejak kecil, saya terbiasa mendengar pujian dari orang-orang yang isinya “wah, cantik banget matanya bulat”, atau “bulu matanya lentik banget ya, nggak kayak orang Indonesia”, atau “matanya cantik banget, bulu matanya panjang, pasti gedenya cakep”. Pujian itu ekuivalen dengan pembunuhan perlahan. And, do they even know kalau bentuk mata yang ideal itu almond bukannya bulat ? Juga, sejak kapan hanya orang luar negeri yang punya bulu mata lentik ? WTH.
So yeah, saya tumbuh besar dengan pujian. Saya tidak berusaha berkembang karena sudah mendapat doktrin kalau saya cantik. Yang membuat saya frustasi adalah ketika saya melihat realita dan tahu kalau saya nggak secantik itu. Well, at least saya dapat pelajaran berharga : jangan memuji anak karena alasan fisik.
Baca : Cantik dari Hati
Bulu mata Uprin bahkan lebih panjang dan lebih lentik dari pada bulu mata saya. Bola matanya pun lebih bulat dan pipinya lebih penuh dan kulitnya lebih mulus. Saya iri ? Jelas. Tapi saya tidak akan bilang di depannya kalau dia cantik. Saya tidak akan bilang kalau bulu matanya bagus. Saya akan bilang kalau dia biasa saja dan harus bekerja keras kalau mau menjadi seseorang yang spesial. Supaya dia nggak fisik oriented.
Baca : Teenlit dan Life Lesson
Masih soal saya yang dari kecil didoktrin “punya bulu mata bagus”, saya bahkan nggak mau pakai bulu mata palsu di special occassion. Saya merasa bulu mata asli ditambah maskara saja sudah cukup. Lagi pula zaman dulu ((ZAMAN DULU)) bulu mata palsu itu kesannya lebay dan berat. Teman-teman saya dulu yang memakai bulu mata palsu banyak mengeluh nggak bisa melek, atau mata terasa perih, atau terasa tebal.
Baca : L’oreal Paris Curl Impact Collagene Extreme Resist Mascara
Jadilah image tidak nyaman melekat kuat pada fake eyelashes.

Long story short, foto-foto EOTD yang mblader di Pinterest dan Instagram membuat saya ngeh akan pentingnya fake eyelashes. Bulu mata saya yang tidak seberapa cantik bisa ditolong dengan bulu mata palsu.

Ralat : bulu mata palsu yang tepat. Kenapa harus yang tepat ? Karena tidak semua jenis bulu mata palsu cocok untuk setiap orang di segala acara.

Seperti bentuk mata dan alis, bulu mata palsu terdiri dari banyak ragam. Ada yang tipis, ada yang tebal. Ada yang band-nya lentur, ada yang band-nya kaku. Ada yang memanjang di ujung luar, ada yang panjang di bagian tengah. Masing-masing memiliki final result berbeda.

Jadi, memilih bulu mata juga harus sesuai dengan bentuk mata. Misalnya, saya punya bentuk mata round dengan posisi deep set. Setelah mencoba-coba berbagai fake eyelashes, saya menyimpulkan bulu mata yang cocok untuk saya adalah yang helaiannya agak messy, tebal, dramatis, dan wispy (memanjang di ujung luar). Bulu mata palsu yang panjang di bagian tengah kurang cocok karena membuat mata saya terlihat lebih bundar.

Soal kenyamanan, saya lebih suka fake lashes yang tulangnya bening lentur. Tapi tetap harus pilih-pilih karena saya pernah menemukan bulu mata palsu dengan band transparan dan sangat lentur yang mudah putus. Di sisi lain, saya juga pernah menemukan bulu mata palsu yang tulangnya tebal, hitam, namun kaku sekali sehingga sulit dipasang dan terasa ngganjel.

Ngomongin bulu mata palsu, pasti lem juga terlibat. Saya pernah lihat orang yang matanya merah karena memakai bulu mata palsu. Itu artinya dua : bulu mata nggak nyaman atau lemnya irritant. Nggak asik dong, bulu mata badai tapi lemnya pedih di mata.

On other hand, saya pernah juga mengalami memasang bulu mata tapi susah nempel. Itu juga berarti dua : saya yang belum bisa masang atau lemnya yang ngajak berantem. Biasanya, lem bulu mata punya syarat tidak tertulis : tunggu lem setengah kering baru bulu mata ditempel. Jadi, pastikan mengenal karakteristik eyelash glue yang digunakan !

bulu mata palsu yang bagus

Masih soal bulu mata palsu, saya bersama anak-anak Beautiesquad mendapat kepercayaan untuk mencoba satu pasang fake eyelashes seri upper-bold dan satu pasang lower lash dari Silver Swan.

FYI, Silver Swan Lash ini merek bulu mata palsu handmade asal Indonesia. Semua bulu matanya terbuat dari 100% human hair dan diklaim dapat digunakan hingga 5 kali. Koleksinya terdiri dari upper lashes dan lower lashes. Seri upper lashes sendiri terdiri dari tiga kategori, yaitu soft, medium, dan bold. Masing-masing kategori memiliki bermacam-macam varian. Silver Swan Lashes bisa dibeli di websitenya atau di Berrybenka secara satuan ataupun bundel dalam kemasan hexagon (terdiri dari tiga pasang bulu mata).
Baca : Sudah Saatnya Brand Kecantikan Lokal Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Handmade lashes Silver Swan dikemas dalam kotak yang sangat well-crafted. Boks kartonnya kokoh dan looks luxurious. Dudukan untuk bulu matanya dibuat dari papan kayu tipis dengan ukiran logo Silver Swan. Ada huruf R (right) dan L (left) di sebelah dudukan bulu mata untuk menandai yang mana lashes untuk mata kanan dan mana untuk mata kiri. Di antara kedua bulu mata, disertakan lem bulu mata.

silver swan lash review

Lem bawaannya asik. Warnanya putih dan menjadi transparan ketika kering. Yang paling saya suka dari lem bulu mata Silver Swan adalah daya rekatnya kuat dan tidak pedih di mata. Sayangnya lemnya dikemas dalam botol kaca yang tutupnya agak sulit dibuka.

140 BLANCHARD

review silver swan lash 140 blanchard

Varian upper lash yang ini memiliki karakter helaian rapat, tulang hitam, dan bentuk memanjang di ujung luar. Dilihat dari karakternya, sepertinya bulu mata palsu ini akan cocok untuk bentuk mata saya. Namun awalnya saya ragu Silver Swan Blanchard ini akan nyaman dipakai, saya kira tulangnya akan kaku dan terasa tebal. Ternyata meskipun hitam dan cenderung tebal, tulangnya tetap lentur dan tidak ngganjel saat dipakai.


bulu mata dramatis

Bulu mata palsu jenis begini memang bukan untuk daily. Jadi lebih cocok untuk very special occassion atau untuk foto-foto. Silver Swan Blanchard ini memiliki efek mata lebih hidup dan lebih panjang. Bisa dilihat kan, mata saya kelihatan lebih panjang.

306 LOWER LASH


review silver swan lower lash

Ini kali pertama saya memakai lower lash. Biasanya saya hanya memakai maskara untuk menyeimbangkan bulu mata bawah. Cukup sulit untuk pertama kali. Sulit sekali ding. Saya punya problem tidak bisa melengkungkan band (padahal band-nya super fleksibel) dan bulu mata enggan menempel.


bulu mata palsu dari  human hair

Tipsnya adalah : tunggu lem sampai setengah kering, lalu pasang lower lash di bagian tengah, tekan sedikit supaya menempel. Kemudian tempelkan bulu mata bagian ujung luar, gunakan pinset supaya presisi. Terakhir, tempelkan bagian ujung dalam bulu mata. Paskan posisinya sambil sedikit ditekan supaya menempel sempurna. FYI, saya memasang lower lash di waterline yang sudah saya definisikan menggunakan eyeliner.


cara memasang bulu mata palsu

100 EILONWY


silver swan upper lash eilonwy

Yang terakhir ini Silver Swan upper lashes kategori medium. Helaian bulu matanya disusun selang seling panjang pendek dan memanjang di bagian tengah. Tulangnya bening dan lentur, jenis yang nyaman dipakai seharian.


bulu mata palsu untuk mata bundar

Sebetulnya saya suka sekali varian Silver Swan Eilonwy ini, karena sangat nyaman dan ringan, dan ukurannya pas sehingga tidak perlu dipotong. Sayangnya sepertinya kurang cocok untuk mata bundar saya. Kelihatan tambah bundar ‘kan ?


false lashes untuk sehari hari

Kamu punya cerita apa tentang bulu mata ? Share ceritamu ya !
Kiss kiss.

21 comments

  1. kok aku jadi pengen cobain yg 100 yak. matamu cantik mah hehe

    lianaeka.com

    ReplyDelete
  2. Aku gak pernah dipuji cantik matanya, jadi gatau rasanya. Kayanya fitur mukaku biasa aja, Wkwkwk

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  3. aku nggak pernah dipuji, karena standar pujian orang dulu beda sama mataku.wkwk..
    Ahh, lower lash asli mu ga usah pake fake lash ajah udh cantik. Kalau pake fake lashes tambah cantik.. penuh gitu kelihatannya..

    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  4. bulmat akoooooh tipis, makanya klo pake eyeliner tebel, biar matanya idup ... lucu juga x klo aku pake bulmat palsu

    ReplyDelete
  5. whoaaa cetar banget bulu matanya... pengen deh pake silver swan lashes ini, sayang aku nggak mahir pake bulmat..

    ReplyDelete
  6. wah pengen banget nyobain hasilnya bagus banget ya mba kayak natural

    ReplyDelete
  7. Memang dari asalnya gak pake bulu mata udah cantik.. Dipakein bulu mata jadi cetar..hehe Aku suka banget ngeliat mata orang yg punya eyelid besar kyk gini..>.<

    Www.florensiasella.com

    ReplyDelete
  8. Bulu mataku dikit Kak, mana jarang-jarang :(
    Suka iri sama pacarku, masa iya bulu matanya panjang dan lentik huaaaa.

    Kak Virly matanya bagus, almond gitu, Looooff!

    Cindy,
    apriljournals.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  9. Hihihi tapi iya sih entah kenapa wanita dengan mata bulat itu mengundang banget pengen muji ..
    Sampe ada lagunya kan.. Mata bulat pimpong, lagunya iwan fals :D

    Eh bener gak ya

    Tapi waktu di pakein bulu mata ini.. matanya kak virly kok jadi bentuk almond yah ? :D
    Jadi cocok cocok aja..

    ReplyDelete
  10. Life lesson buat si Uprinnya aku kutip aaah, buat anakku entar wkwk

    Ka virly cocok ternyata pake bulmat ini dan bahkan bagus banget lohh <3

    ranilukman.com

    ReplyDelete
  11. Mata bulat itu mata impian semua wanita sama mua mbak, soalnya gampang ngeriasnya, kata temenku yang mua sih gitu bilangnya hehe. Eotd yang ciamik begete

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  12. Tapi mata mu bagus kok vir emang bener.. ๐Ÿ˜

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  13. "biar gak fisik oriented" ini aku setuju banget Ka Vir! Btw, EOTDnya cakep beeed mana mulus banget kulitnya :3

    beautysugarbykhhrnisa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  14. aku sukak banget sama bulmatnya uprin mom pas di upload di ig, lentik banget ya...

    kok bulmat palsu pas dipakai mom vir jd natural, tp aku yan pake kok lebay XD iri aku ! wkwk

    www.depruttt.com

    ReplyDelete
  15. EOTDnya gorgeous banget ka... yang item kesannya misterius XD

    http://www.laucchi.com

    ReplyDelete
  16. Iya bener hahaha kadang orang2 tua suka ngeliat pas dari kecil anak ini nanti gedenya cakep karena ini itu ini itu hahhaa iyaa juga kadang ada yang bulumatanya di gunting biar gedenya lentik

    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
  17. MAMAAAAHH! aku sukaakk mata mu baguuss, makin kece pake bulmat muah

    Ray,
    www.rayditaa.com

    ReplyDelete
  18. ah setuju bgt soal jangan puji dari bentuk fisiknya!! kayaknya aku mau belajar parenting dr kamu ka vir ๐Ÿ’—๐Ÿ’—

    https://heyyyyyjudeeeee.wordpress.com/

    ReplyDelete
  19. wahh kak, punya bulumata atas yang agak natural ya hihi asik . cantik bgt ih

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  20. Matamu mengalihkan duniaku. Dimana2 ada postingan lo pake eyemakeup pasti langsung lampu merah dulu di like. <3 <3

    ReplyDelete
  21. wow, EOTD nya kece abis, aku ga bisa pasang bulu mata tapi lihat mata kamu cantik banget jadi pengen belajar pake bulmat lagi hahahaa

    http://www.dajourneys.com/

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall