REVIEW : CARING BY BIOKOS AUTOMATIC EYELINER

14 comments
skincare makeup caring by biokos

Saya punya berapa eyeliner ya ? Lupa. Eyeliner warna warni ada, eyeliner pensil hitam ada, eyeliner pen ada beberapa, eyeliner liquid ada beberapa juga. Harusnya saya berhenti cari eyeliner lagi. Tapi saya belum punya eyeliner cokelat dan eyeliner hitam saya yang retractable habis.

Lalu beberapa waktu lalu saya dan beberapa teman Beautiesquad mendapat beauty box dari Caring by Biokos. Senang sekali karena ada 2 eyeliner di dalamnya, warna hitam dan cokelat, dengan kemasan retractable. Persis seperti yang saya butuhkan.

Brand kosmetik Caring by Biokos yang merupakan anak brand dari Martha Tilaar punya konsep unik, yaitu skincare makeup. Jadi produk-produk makeup mereka menawarkan kandungan nutrisi yang berguna untuk merawat kulit agar tetap sehat. Nggak asal-asalan, Caring by Biokos sebagai makeup aman memformulasikan produknya bersama MT France Lab yang didukung teknologi modern.

Nama, Klaim, & Harga


eyeliner lokal yang mengandung vitamin e dan jojoba oil

Caring by Biokos Automatic Eyeliner (Black : Rp. 115.000,-/0,34g | Brown : Rp. 115.000,-/0,36g)

Long Lasting ‘N’ Waterproof Formula With Vitamin E To Keep The Moisture Around The Eye Area

Caring by Biokos Automatic Eyeliner menghadirkan inovasi praktis tata rias mata dengan ujung pensil yang dapat digerakkan secara otomatis, diruncingkan dan dilengkapi spons pembaur untuk menciptakan tampilan smokey eyes nan menawan pada mata. Mempercantik sekaligus merawat mata dengan kandungan bahan aktif alami jojoba oil dan vitamin E.

Packaging


automatic eyeliner caring by biokos martha tilaar

Baru kali ini saya punya eyeliner yang kemasannya dilengkapi carton box. Hahaha norak. Eh nggak ding, dua kali ini.
Baca : Mizzu Chrome Eyeliner Gel
Box eyeliner Caring by Biokos ini niat banget, warnanya perak, kertasnya tebal, dan ukurannya sangat lebar dibandingkan ukuran eyelinernya yang ramping. Terkesan mahal. Memang agak mahal sih.

Pada permukaan box, ditulis klaim produk, daftar komposisi, produsen (yang ternyata dibuat oleh Faber-Castell Cosmetics Jerman), gambar rangka produk, serta petunjuk penyimpanan. Yang saya salut, si kosmetik lokal ini mencantumkan peringatan untuk menghentikan pemakaian jika terjadi iritasi. Biasanya produk-produk makeup hanya menggembar-gemborkan klaim tanpa memberikan peringatan iritasi. Jadi beneran beauty without worry.


eyeliner lokal yang retractable

Ukuran eyelinernya handy dan ergonomis. Bodinya berwarna abu-abu bercorak glitter redup, dengan ekor berwarna hitam atau coklat sesuai warna eyeliner. Di bagian ekor ini terdapat smudger spons dan sharpener. Bukan sharpener macam rautan biasanya, ini sharpener super kecil tanpa mata pisau yang fungsinya untuk meruncingkan ujung lead eyeliner. Sudah saya bilang ‘kan, kalau eyeliner Caring by Biokos ini retractable ?  Nggak perlu diraut.
Baca punya Rahma : Eyeliner Pigmented dari Caring by Biokos
Ingredients

Microcrystalline Wax, Isododecane, Hydrogenated Polycyclopentadiene, Hydrogenated Coco-Glycerides, Mica, Beeswax, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyethylene, Hydrogenated Polyisobutene, Copernicia Cerifera (Carnauba) Wax, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Tocopheryl Acetate, Lecithin, Magnesium Silicate, Penthaerytrityl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate, Tocopherol, Silica, Tin Oxide. May contain : CI 77499, CI 77491, CI 77891, CI 77492

First Impression


eyeliner lokal yang bagus

First thing’s first, yang menarik perhatian saya tentu saja pigmentasinya yang super. Sekali pulas langsung keluar. Warna hitamnya nyata dan intens, sementara warna coklatnya meskipun coklat muda bershimmer cenderung keemasan tapi sama-sama intens. Tekstur eyeliner Biokos ini empuk tapi nggak gampang patah. Selama memakainya seminggu ini malah belum pernah patah. Bau kimia juga nggak tercium.

Ketahanan eyeliner dari brand lokal satu ini cukup bagus sebenarnya. Kalau nggak digosok bisa tahan hingga 9 jam. Serius. Saya mengetes yang warna hitam dari pukul 10 pagi sampai lewat pukul 7 malam eyeliner saya masih. Tapi beleberan di bawah waterline. Itu selama 9 jam nggak saya pegang-pegang, tapi kena air juga sih. Sementara yang coklat saya memakainya dari jam 4 sore dan ketika saya hapus jam 9 malam, eyeliner saya masih on meski luntur di sana sini.


eyeliner skincare makeup

Karena teksturnya yang empuk, automatic eyeliner yang sudah dermatologically tested ini enak dipakai untuk mengisi tightline dan waterline. Enak juga dipakai untuk membingkai mata di garis mata atas seperti biasanya. Namun yang warna hitam saya merasa agak susah digunakan melukis garis mata yang benar-benar rapi. Disclaimer ya, kelopak mata saya memang agak berkerut permukaannya.

Berhubung bodi eyeliner disertai dengan sharpener dan smudger, saya mencobanya juga. Rautan tanpa pisaunya berfungsi banget untuk meruncingkan ujung lead eyeliner. Sementara smudgernya kurang asik. Kalau eyelinernya belum set, ketika dismudge akan terhapus. Tapi kalau eyelinernya mulai ngeset, cukup sulit dismudge. Lebih mudah pakai jari atau brush sih sebenarnya.


eyeliner coklat dan hitam yang bagus

Catatan tambahan : eyeliner warna coklat lebih mudah dismudge. Tapi eyeliner warna hitamnya lebih mudah luntur.

Jadi si automatic eyeliner Caring by Biokos ini nggak terlalu waterproof sebenarnya. Kalau kena air nggak luntur seketika tapi jadi beleber. Nah, kalau kena tangan jadinya smudging. Dan ngesetnya lama sekali. Membersihkannya, pakai micellar water bisa tapi pakai cleansing oil jauh lebih mudah.

Untuk fitur skincare makeupnya sendiri, saya nggak melihat pengaruhnya. Buat saya sih eyeliner yang penting nggak bikin kelopak mata iritasi, nggak ada bau asing, dan nggak nyolok mata ketika dipakai. Ah, dan bikin mata saya kelihatan cantik, tentu saja.
Baca : Cerita Bulu Mata
Performa

Long lasting = yes.
Waterproof = not really.
Keep moisture around eye area = nggak kelihatan.

What I Love and What I Don’t
  • Saya suka pigmentasinya super.
  • Saya suka eyelinernya nggak perlu diraut.
  • Saya nggak suka si eyeliner nggak smudgeproof.
Caring by Biokos : Website | Instagram | Facebook Page | Twitter | Youtube | OnlineStore

14 comments

  1. Wah bener banget tuh kak virly yang item pigmented banget dan enak buat gambar di waterline, sayangnya di aku kurang awet karena mata aku berminya uhuh


    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
  2. di foto pas pake eyeliner warna item trus beleber malah jadi kayak abis di blend ya? Jadi kayak eye make up look gitu haha

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. Pertama, aku salfok sama pemandangan yang di belakang eyelinernya.
    Kedua, salfok sama bulu matamu Vir,wkwk..
    Boleh di coba nih buat pake di waterline.. Ah bener setuju, pake micellar water ajah bisa bersih...

    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  4. Aku juga salah fokus sama bulumata Kak Virly :')
    Di aku, eyeliner ini well blended dan long lasting bgt kak hehehe

    Cindy,
    apriljournals.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Apakah aku melihat mata uprin dewasa di sini? cantik amat.

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  6. Kayak kajal jatuhnya ya vir. Suka warnanya. Cuma nggak smudgeproof. T_T

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen beli yg ini...
    tapi pnyku merk lain masih, blm habis..

    Note utk nanti klo mau beli lg deh

    ReplyDelete
  8. PIGMENTEDNYA SUPEEEERRRBBBB, uwooow..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  9. ah, menarik. ga bisa pake yang model liquid atau cair karena ga ahli. suka mbleber2. tp sering bete kalau harus ngeraut eh pas rautan entah di mana. ini solutif bgt ya :D

    ReplyDelete
  10. Hai...

    Wah aku suka banget sama eyeliner ini..apalagi yg warnanya Coklat..aaaaaa jatuh cinta....

    www.savitrihutapea.com

    ReplyDelete
  11. Itu bulmat uprin yak #salfok.

    Mom eotd mu bikin tatapan matanya jadi tajam. Cocok nih buat ngelirik mantan biar tajamnya menusuk hati. Wkwkw


    www.depruttt.com

    ReplyDelete
  12. Mungkin moisturenya terlihat beberapa minggu kali ya seiring pemakaian, tpi aku suka warna coklatnya mah <3

    ranilukman.com

    ReplyDelete
  13. fotonya mom vir selalu bikin jatuh cinta hihi
    iya sayangnya agak mudah luntur yahh..

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  14. makin bw ttg ini, makin pingin beliiiii



    BTW great job Beautiesquad untuk project ini luvluv

    nandsdaily.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss