Friday, June 16, 2017

MY CURRENT FAVORITE : RORO MENDUT LULUR & MASKER REMPAH HITAM

review roro mendut beauty

Bulan ini favorit saya masih produk lokal. Well, saya memang concern sama produk lokal sih. Tapi kali ini bukan lipstik, melainkan lulur dan masker. Lokal banget ya ? Tapi bagus dong, produk lokal makin kelihatan. Udah ketahuan dari judulnya, saya bikin review lulur Roro Mendut dan maskernya juga.

Baca : Sudah Seharusnya Produk Lokal Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Lulur dan masker ini datang dari brand Roro Mendut, organik, made in Indonesia, halal, vegan, no animal testing, karton kemasannya terbuat dari kertas daur ulang. Eco friendly banget ya ? Konsep produknya sendiri merupakan resep perawatan kulit warisan dari kerajaan Mataram, yang kemudian digunakan dalam ritual kecantikan tradisional keraton. Jadi berasa princess ya kalau luluran pakai Roro Mendut ? Hahaha ...

lulur pemutih kulit

Apa Ini ?

Roro Mendut Lulur Rempah Hitam™ Whitening

“Black spice scrub combines organic black rice, black tea, coffee, black spice, and seaweed, which are able to regenerate dead skin cells, whiten skin, remove the black spot, and make the skin looks brighter, smooth, supple, and radiant.”

Roro Mendut Maker Rempah Hitam™ Whitening

“Black spice mask combines organic black rice, black tea, coffee, mixed black spice, and seaweed, which are able to whitens skin, removes the black spots, and make the skin looks brighter, firm, supple, and radiant.”

Yang satu lulur, yang satu masker. Dua-duanya bisa dipakai untuk badan dan wajah. Bentuk sediaannya berupa powder yang harus diuleni dengan air sebelum digunakan. Cara memakainya nggak ada yang spesial : lulur dulu, bilas, lalu masker, tunggu kering, lalu bilas.

Kemasannya saset isi 40 gr baik lulur atau maskernya. Satu saset bisa dipakai sekali perawatan badan atau tiga kali perawatan kulit wajah. Harga skincare Roro Mendut ini cukup terjangkau, Rp. 140.000,- per box yang terdiri dari 2 saset lulur dan 3 saset masker.

roro mendut beauty aman

FYI nih ya, saya udah sering lihat iklan skincare Roro Mendut seliweran di instagram. Tadinya saya pikir ini produk abal loh, just because. Ternyata saya lihat ada nomer BPOMnya. Saya cek ternyata beneran ada. Jadi Roro Mendut bukan abal gaess ...

Detail

Kemasannya well crafted loh, tiap saset skincare Roro Mendut disertai dengan bungkus karton lagi. Kemasan sachetnya juga dilengkapi dengan ziplock, jadi bubuk lulur dan masker tetap terjaga kualitasnya kalau nggak habis sekali pakai.

roro mendut organik dan halal

Ingredients

Lulur : Black Oryza Glutinosa, Mixed Black Herb™, Coffeaa Robusta Seed, Camelia Sinesis, Kojic Acid (From Aspergillus Oryzae), Alpha Arbutin (From Bearberry Extract), Theobroma Cacao Seed, Jasminum Officianale Flower Oil, Glacilaria Sp.

Masker : Black Oryza Glutinosa, Mixed Black Herb™, Coffeaa Robusta Seed, Camelia Sinesis, Kohic Acid (From Aspergillus Oryzae), Alpha Arbutin (From Bearberry Extract), Theobroma Cacao Seed, Jasminum Officianale Flower Oil, White Clay, Glacilaria Sp, Andrographis Paniculata Extract.

Dari awal saya sudah mencium aroma seperti kopi campur teh campur coklat. Dan benar, ada tiga tanaman tersebut di list ingredients lulur dan masker Roro Mendut. Selain itu ada Kojic Acid dan Alpha Arbutin yang dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam. Hampir sama sih komposisi masker dan lulur Roro Mendut. Hanya bedanya si masker mengandung white clay yang  berfungsi sebagai agen detoks.
Baca : Charocal For Skincare
Kenapa Favorit ?

Pertama, aromanya nyenengin. Seperti yang saya bilang tadi, campuran aroma coklat, kopi, dan teh.

masker pemutih kulit roro mendut

Kedua, saya suka sensasi luluran saat mandi. Jadi saya pakai satu saset full, saya campur dengan air sampai adonannya menyerupai pasta lalu saya aplikasikan ke seluruh badan sekaligus scrubbing. Lalu bilas. Hasilnya beneran kulit langsung terasa halus banget.

Ketiga, maskernya asik ada sensasi cooling. Tapi memang keringnya lama banget masker Roro Mendut ini, lebih dari setengah jam baru kering sempurna. Kalau sudah kering rasanya kencang seperti masker bubuk pada umumnya. Setelah dibilas kelihatan banget hasilnya kulit jadi cerah. Saya baru memakainya tiga kali dan kulit saya halusnya awet. Tapi di bagian kulit yang belang belum rata sih cerahnya.

lulur tradisional keraton

masker untuk memutihkan kulit yang ampuh dan aman

Roro Mendut Beauty : Website | Instagram
Little Note

Meskipun saya suka dengan skincare Roro Mendut ini, dan meskipun they work very well sesuai klaimnya, ada satu hal yang saya kurang sreg. Yaitu penggunaan klaim Whitening yang disandingkan dengan tagline Budaya Cantik Indonesia. Buat saya itu agak kontradiktif. Cantiknya Indonesia itu kulit kuning langsat, sawo matang, hingga sawo matang banget. Produknya juga produk lulur yang Indonesia banget. Klaim lulur yang ampuh memutihkan kulit hanya membuat para perempuan semakin menginginkan kulit putih layaknya perempuan kaukasoid. Yang jujur saja, that’s so last year.

Perempuan-perempuan sekarang sudah semakin pintar untuk mau menerima cantiknya kulit eksotis khas Indonesia. Namun masih banyak loh, perempuan Indonesia yang mendambakan kulit putih. Kemudian muncul lagi masker pemutih wajah dan lulur pemutih alami. Me be like : ayolah, cantik itu nggak harus putih. Alih-alih menawarkan produk lulur yang bisa memutihkan kulit, kenapa masker dan lulur Roro Mendut nggak dipasarkan sebagai skincare warisan tradisional Indonesia untuk kulit sehat bak putri raja? Much better loh.

Opini saya aja sih.

Ada yang pernah memakai lulur atau masker Roro Mendut ? Share dong pengalaman kamu !


Kiss kiss

3 comments

  1. Helllooo...

    Vir aku pengen coba nih..selalu suka sama lulur/masker yg tradisional kagak gini :)

    ReplyDelete
  2. cakep ih kemasannya yang udah pake sistem bisa di seal ituu..
    Ku jadi ingiinn,,
    Kenapa aku ingin masker semuaa... :'(

    Lia,
    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  3. kalau maskernya aku pake ! kalau lulurnya belum :D punya ku kayaknya kemasan lama deh , yang itu cakep benerr kemasan nya. tapi ya sudah lah yg penting khasiat nya yah :D

    www.dinalangkar.com

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall