Sunday, December 3, 2017

REVIEW ZOYA LIP SCRUB, ADA LABEL HALAL DAN KEMASAN SUPER CUTE

review zoya lip scrub

Tiap hari pakai lipstik, perlu swatch sekian warna lipstik sekali waktu, dan suka foto close up bibir, tentu wajib banget buat saya mengondisikan bibir supaya tetap bagus. At least nggak bikin foto swatch kelihatan nasty. Tapi lebih penting lagi supaya bibir nggak kering pecah-pecah mengelupas. Kalau ngikutin blog saya dari awal, pasti ngeh kalau saya suka banget nyobain produk lip care : lip balm, lip butter, ointment serbaguna, juga lip scrub.

Banyak yang cocok sebenarnya, tapi saya masih suka nyoba-nyoba lagi kalau nemu yang baru. Percobaan terbaru saya : Zoya Lip Scrub varian Sugar. Dua mingguan terakhir saya rajin pakai lip scrub lokal dari brand Zoya Cosmetics. Tahu dong brand kosmetik halal Zoya Cosmetics ? Saya suka banget metallic lip paint mereka. Lip scrubnya juga. Banyak hal menarik di produk lip care satu ini.
Deskripsi dan Visual


lip scrub alami

Nama lengkap produknya relatif pendek : Zoya Lip Scrub Sugar. Lugas, ringkas, on point, no sugar coating. Harganya Rp. 45.000,- untuk 8 gr produk. Ada 3 varian : Sugar, Summer, dan Matcha. Punya saya varian Sugar.

Zoya menyebutkan bahwa lip scrubnya menggunakan bahan-bahan alami dengan proses steril berstandar internasional. Diperkaya dengan shea butter, antioksidan, dan vitamin E yang menjaga bibir tetap lembap. Butiran scrubnya dibuat dari biji buah aprikot sehingga diklaim dapat lebih efektif mengangkat sel kulit mati.


zoya lip scrub sugar

Sounds great, eh ? Tapi, tahu apa yang membuat lip scrub merek lokal ini stunning ? Packagingnya ultra-cute. Jarnya berbentuk macaron dengan warna-warna pastel : pink untuk Sugar, kuning untuk Summer, dan hijau mint untuk Matcha. Buka-tutup jarnya pakai ulir, rapat, gampang dibuka, dan gampang ditutup. Boksnya mika bening, ada nama produk di bagian depan dan ingredients list di bagian belakangnya. Oke kok.

Sediaan Zoya Lip Scrub berupa krim berwarna light ivory dengan konsistensi ringan, hampir seperti lotion, bertabur butiran scrub kecoklatan. Ada wangi manis seperti permen buah. Manis banget. Scrubnya kecil dan terasa kasar di tangan.

How to use : “ambil secukupnya dan ratakan pada bibir. Kemudian lakukan gerakan memutar lembut selama 1-2 menit, lalu bilas dengan air atau lap dengan tisu hingga bersih. Gunakan dua kali seminggu.” Well, singkatnya, ya pake aja seperti biasanya scrubbing bibir.
Ingredients


bahan lip scrub

Water, Mineral Oil, Prunus Armeniaca (Apricot) Seed Powder, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Polysorbate 60, Chondrus Crispus Extract, Palmitic Acid, Titanium Officinarum (Sugarcane) Extract, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Sorbitan Stearate, Fragrance (Parfum), Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Dimethicone, Carbomer, Caprylyl Glycol, Triethanolamine, Squalane, Disodium Edta, Sorbitan Isostearate, Myristic Acid, Arachidic Acid, Lauric Acid, Buyrospermum Parkii (Shea) Butter, Oleic Acid, Tocopheryl Acetate.

Uhm, well, Zoya Lip Scrub Sugar ini nggak literally lip scrub alami. Eh, gimana ya ? Indikator produk kosmetik disebut alami seharusnya list ingredientsnya terdiri dari bahan-bahan plant-based atau animal-based, tanpa kandungan sintetis, tanpa pengawet. Kalaupun ada, minimal banget lah. IMHO loh ya. Dan di list ingresients lip scrub lokal ini, saya lihat ada cetearyl alcohol (saya nggak tahu ini vegetable-based atau sintetis), ada fragrance, ada pengawet (phenoxyethanol, bukan paraben), dan ada mineral oil.

Kecuali kalau yang dimaksud “alami” adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Mineral oil kan dari minyak bumi, which is dari alam. Ingredients lain juga sebagian besar dari alam kok, plant-based. Tapi sudah diolah menjadi bahan baku lain dengan nama kimia tertentu.

Bukan berarti saya bilang Zoya Lip Scrub ini bukan produk bagus loh ya. Saya cuma berbagi pendapat dan sudut pandang. Lip scrub lokal ini, berdasarkan analisis Skin Carisma sulfate free, paraben free, dan alcohol free. Fungsi paraben sebagai pengawet digantikan zat lain, saya udah bilang kan tadi ?
Performa


lip scrub lokal

Pertama, ternyata Zoya Lip Scrub ini butiran scrubnya nggak sekasar itu di bibir. Well, terasa agak tajam sih soalnya ukuran si butiran scrub kecil-kecil. Tadinya saya berharap butiran scrubnya akan melting saat digosokkan ke permukaan bibir. Kemudian saya ingat Zoya Lip Scrub memakai bubuk biji aprikot untuk scrubnya. Jadi ya, nggak melting.
Kedua, ada sensasi sejuk adem waktu saya pakai si Zoya Lip Scrub Sugar. Sejenak saja, sayangnya.

Ketiga, saya coba scrubbing bibir dengan gerakan memutar selama satu hingga dua menit seperti yang dianjurkan. Rasanya, ehm, nggak nyaman. Karena butiran scrub yang agak tajam tadi. Saya lebih suka scrubbing 30 detik aja.

Keempat, setelah scrubbing bibir saya terasa lebih halus sih. Tapi sayangnya klaim membuat bibir lebih lembap nggak terasa. Mungkin karena bibir saya yang memang sangat kering. Tanpa lip balm atau lip moisturizer setelahnya, bibir saya tetap sekering itu.
Baca : Review Pure byPhytocare Papaya Paw Paw di Beauty Journal Sociolla
Kelima, sepertinya lip scrub Zoya ini penggunaannya hemat. Mengingat konsistensinya yang liquidy, lip scrub ini spreadable banget. Pakai seujung kuku udah cukup untuk seluruh permukaan bibir.

Ada yang udah nyoba Zoya Lip Scrub juga ? Varian apa ? Share juga dong cerita kamu !
Kiss kiss
Zoya Cosmetics : Website | Instagram | Facebook Page | Twitter


2 comments

  1. Bener, kemasannya ini magic. Kayaknya bakalan disimpen klo isinya udah abis sekalipun. 😅

    ReplyDelete
  2. Aku setuju sama kak virly sih masalah bahan, gak 100% alami.

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall