Sunday, February 4, 2018

REVIEW CHYFOURA FULL CHOCOLATE SOAP


Another chocolate-dominated skincare ! Enggak ada kata bosan ya, kalau ngomongin soal coklat dan skincare. Akhir Januari kemarin saya udah nulis soal scrub coklat oat dari Chyfoura. Dan saya suka. Sekarang saya tulis tentang natural soap barnya : Chyfoura Full Chocolate Soap, sabun organik coklat.

Baca : Glow Cocoa Oat Mask
How I Use

Bentuknya berupa sabun batang. Saya biasa memakai sabun organik lokal dari Chyfoura ini sebagai facial wash, sebagai second cleanser setelah cleansing milk di akhir hari, atau sebagai morning cleanser di awal hari. Iya, saya memang beberapa bulan belakangan memilih natural soap bar untuk cuci muka.

Alasan utamanya karena ternyata natural soap bar lebih ramah untuk kulit saya dibanding facial wash konvensional di rentang harga yang sama. Alasan lengkapnya saya tulis di Beauty Journal Sociolla.

Like or Dislike ?


Mengingat natural soap bar biasanya plant-oil-based yang sifatnya moisturizing, saya juga berekspektasi sabun coklat Chyfoura akan se-moisturizing itu. Ternyata ekspektasi saya meleset. Setelah mencuci muka, kulit saya enggak terasa licin atau lembap. Tapi enggak sampai terasa kesat. Saya kira sabun coklat Chyfoura ini bukan sabun untuk kulit kering.

Secara tekstur, chocolate soap bar Chyfoura ini lebih keras dibanding beberapa natural soap bar lain yang pernah saya coba. Enggak jadi lembek saat terkena air. Dan lebih awet dipakai. Punya saya belum berkurang seperempatnya setelah dipakai semingguan.
Baca : Shylas Factory Natural Oat Soap
Aromanya sesuai dengan nama produknya Full Chocolate Natural Soap, wangi coklat. Enak banget. Visualnya juga kelihatan enak, mirip potongan marble cake. Yang kurang enak dilihat menurut saya kemasannya. Hanya plastik bening tanpa pemanis dan tanpa keterangan apa pun.

Claim

Chyfoura menyebutkan Full Chocolate Natural Soap ini dapat melembapkan kulit kering, melindungi kulit dari radikal bebas (coklat itu antioksidan), menutrisi kulit wajah, dan membantu mencerahkan kulit.

Chyfoura Sabun Organik ?


Dari tadi saya bilang sabun coklat Chyfoura ini sabun organik ya ? My mistake. Actually, saya enggak nemu sertifikasi organik untuk produk skincare Chyfoura. Natural sih iya, kalau status organiknya saya masih tanda tanya.

Belum tentu yang natural itu organik ya. Produk natural itu plant-based tanpa bahan kimia, atau kalaupun ada persentasenya kecil banget. Sedangkan label organik diberikan oleh badan khusus yang mengurusi soal ini. Untuk dapat disebut sebagai produk organik, tanaman-tanaman yang dipakai untuk membuat produk tersebut harus dibudidayakan tanpa bahan kimia sama sekali, tanpa pupuk buatan, tanpa pestisida juga. Dan masih ada kriteria lain yang bisa panjang kalau ditulis di sini.

Oh iya, ini ingredients sabun coklat Chyfoura : coklat bubuk, palm oil, cocoa butter, olive, castor oil, rice bran oil, lye, fragrance oil.
Baca : Sensatia Botanical Cream Cleanser
Final Thoughts

Meskipun sabun coklat Chyfoura ini enggak bisa disebut sebagai sabun organik untuk mencerahkan kulit, saya lumayan suka. Efeknya bersih aja sih. Enggak ada efek wow seperti membasmi jerawat atau mencerahkan wajah atau semacamnya. Tapi harganya juga relatif lebih murah dibanding natural soap lain, Rp. 20.000,- per buah.

Ada yang pernah coba sabun coklat juga ? Share dong cerita kamu !

Kiss kiss.
Chyfoura : Instagram | Shopee

Jurnal Saya rating : 3,5/5|Kemungkinan repurchase : 30/70

2 comments

  1. Aku seneng sih sama sabunnya, alergiku dibuar hilang :3

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  2. Makin tren sabun batangan berbahan alami ya? Belum pernah cobain sih tetapi jadi pengen cari buat yang kulit berminyak.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall