Friday, July 27, 2018

REVIEW : PURBASARI HYDRA MATTE BB CREAM in Honey Beige

review purbasari bb cream

Setelah menunda cukup lama, akhirnya saya memutuskan menulis review BB Cream Purbasari. Karena alphabet cream ini unik dan worth lah untuk dibahas dalam satu artikel penuh. Purbasari BB Cream Hydra Series ini BB cream lokal pertama yang saya coba ada sensasi dinginnya. Sedingin apa? Keep reading ya!

Purbasari BB Cream Brightening Cool Hydra Series

bb cream lokal purbasari

Klaimnya begini: “creating a natural matte finish as it hydrates and protects from uv rays. This longwearing formula enriched with cooling agent, natural moisturizer and pollution protection ingredient providing a natural coverage and daily protection to your skin.”

Intinya ini base makeup sekaligus moisturizer sekaligus sunscreen yang diperkaya dengan cooling effect. Bagian makeup sekaligus skincare itu bukan hal yang baru ya. Namanya BB cream kan memang konsep awalnya menyatukan makeup dan skincare dalam satu produk. Yang bikin Purbasari ini berbeda adalah efek coolingnya.

Ingredients : Aqua, Cyclopentasiloxane, Ci 77891, Zinc Oxide, Butylene Glycol, Cyclomethicone, Dimethicone, Polymethyl Methacrylate, Lauroyl Lysine, Otyl Methoxycinnamate, CI 77492, Peg-10 Dimethicone, Menthyl Lactate, Ethanol, Butyloctyl Salicylate, Sorbitan Olivate, PEG/PPG-18/18 Dimethicone, Hydrogen Dimethicone, Dimethicone Crosspolymer, CI 77491, Sodium Chloride, Parfum, C9-15 Fluoroalcohol Phosphate, Pachyrrhizus Erosus Root Extract, Phenoxyethanol, Aluminum Hydroxide, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Bht, Tocopheryl Acetate, Ci77499, Lactic Acid, Methylparaben, Cyclotetrasiloxane, Dimethiconol Talc, Ethylparaben, Propylparaben, Butyl Paraben, Dimethylmethoxy Chromanol

Dilihat dari daftar ingredients-nya, Purbasari BB Cream ini merupakan jenis silicone-based BB Cream. Ekspektasi saya, si Purbasari ini akan terasa silky di kulit, hasilnya matte, dan tahan lama.
Baca : Battle 2 Primer Seratusribuan
Performa

purbasari bb cream honey beige

Punya saya shade Honey Beige. Agak terlalu kuning di kulit neutral undertone saya. Kalau dipakai sendirian, hasilnya wajah saya kelihatan kusam. Tapi pada beberapa teman blogger yang punya undertone kuning, Purbasari BB cream shade Honey Beige ini baik-baik saja.

Mengenai efek cooling yang dijanjikan, pertama kali pakai saya enggak notice. Waktu itu saya mencampur BB cream Purbasari dengan foundation brand lain supaya warnanya sesuai dengan kulit saya. Di lain hari, memakai si BB cream ini sendiri tanpa dicampur. Saya aplikasikan dengan brush dari Real Technique. Sensasi dinginnya sangat terasa bahkan hingga proses makeup saya selesai (termasuk makeup mata lengkap dengan bulu mata).

Beberapa pekan kemudian saya mencoba lagi si BB cream dicampur concealer warna terang dengan jumlah BB cream lebih banyak. Saya aplikasikan menggunakan spons basah. Sensasi coolingnya cukup terasa hingga tiga puluh menit setelah diaplikasi.

Yang saya suka dari si Purbasari BB cream ini, coveragenya medium namun ringan dipakai. Meskipun enggak bisa menutup bekas jerawat kecoklatan dengan sempurna, namun cukup bagus menyamarkan. Ada efek smoothing pada kulit berkat kandungan silicone-nya.
Baca :  Review Inez Liquid Foundation
Mengenai klaim long-wearingnya, saya setuju. Saya pernah pakai dari jam delapan pagi sampai jam enam sore hasilnya enggak teralu berantakan. Belum fading atau cracking. Berminyak pun normal. Tapi itu tanpa terkena air sama sekali.

Sayangnya, BB cream Purbasari ini enggak waterproof. Begitu dipakai wudlu, langsung mulai luntur. Kalau dilihat dari dekat kelihatan blentong-blentong jelek banget. Lunturnya dimulai dari ujung hidung.

bb cream lokal untuk yellow undertone

Apakah BB cream ini oxidizing? Iya. Warnanya menggelap setelah beberapa saat. Pada foto yang saya ambil di atas, terlihat warna BB cream yang berbeda saat pertama diaplikasi dan setelah 5 jam.

Texture & Scent

Seperti yang saya bilang tadi, BB cream Purbasari ini teksturnya thick. Pertama dipegang, saya kira BB cream lokal ini akan terasa heavy. Ternyata enggak sebegitunya. Gampang diblend dan enggak terasa berat di kulit.

Aromanya tipikal wangi kosmetik. Untungnya cepat menguap sehingga saat diapply ke kulit muka enggak berbau lagi.
Baca : Review LT Pro Face Powder
Packaging

bb cream lokal dengan tutup pump

Saya salut dengan inovasi Purbasari menghadirkan BB cream dengan kemasan tube yang diberi tutup pump. Saya belum pernah lihat BB cream lokal menggunakan kemasan macam begini. Sayangnya, tutup dengan pump malah bikin produk susah dikeluarkan. Saya harus membolak-balik si BB cream supaya saat pompanya dipencet produknya keluar.

Next time mungkin mekanisme pumpnya bisa disempurnakan ya, Purbasari?

Dari sisi visual, packaging Purbasari BB Cream cukup menarik. Terlihat  modern dan clean dengan dominasi warna hitam, aksen emas, dan ornamen minimal. Tiap botol BB Cream disertai dengan box yang informatif.

Final Thought

Kesimpulan saya, Purbasari BB Cream merupakan alternatif base make up untuk daily wear. Harganya affordable, gampang didapat, serta coveragenya lumayan. Cocok untuk pemilik kulit oily-combo yang sehari-hari beraktivitas di dalam ruangan.

Tapi, Purbasari BB Cream ini memang enggak didesain untuk pemakaian tahan badai. Ketahanannya enggak setahan itu untuk yang punya aktivitas super padat atau banyak berkeringat.
Baca : Review La Tulipe CC Cream Selfie Ready
Kalau menurut kalian yang udah coba Purbasarri BB Cream, gimana pendapatnya?

No comments

Post a Comment

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall