UNBOXING FANBO COSMETICS (PLUS EOTD)

11 comments
review fanbo kosmetik

Saya sudah sering bilang kan, kalau saya lebih suka kosmetik dari brand Indonesia ? Biasanya, harganya lebih terjangkau karena tidak perlu membayar shipping dan cukai. Selain itu juga produk dekoratifnya lebih cocok (shade untuk complexion maupun formulanya). Juga, brand lokal sekarang sudah makin bagus dan beragam.

Baca : Sudah Saatnya Produk Kecantikan Lokal Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Beberapa waktu lalu, salah satu brand kosmetik asal Indonesia, Fanbo, mengirimi saya satu box berisi beberapa produk dekoratif. Merek Fanbo kosmetik ini sudah ada sejak tahun 1903, which means : 114 tahun yang lalu. Sudah SEABAD lebih !

FYI, produk pertama Fanbo pada zaman dahulu adalah bedak Hoitong. Itu lho bedak padat yang teksturnya keras banget, yang kemasannya gambar perempuan oriental. Pada waktu itu memang bedak Fanbo hanya dipakai oleh putri-putri etnis Tiongkok kalangan atas.

Seiring perkembangan zaman, sekarang kosmetik Fanbo mudah ditemukan di mana-mana dan bisa digunakan semua perempuan. Produk Fanbo juga beragam. Hingga sekarang Fanbo memiliki beberapa lini produk kecantikan : Fanbo Fantastic, Fanbo Gold, Fanbo Classic, dan Fanbo Precious White.

Enam produk yang saya dapat adalah dari lini Fanbo Fantastic. Ini semacam lini untuk anak muda yang kreatif dan unlimited. Semua packagingnya berwana merah dengan aksen keemasan.

Fanbo Fantastic Eye Shadow Kit 02 Pesona Kupu (Rp. 82.000,-/10gr)

palet eyeshadow lokal paling murah

“Present 10 softly smooth and applicable colors. Enrich with UV Filter, Moisturizer, and Vitamin E to protect your skin from sunrays and keep your skin moisture”.
Ingredients : Talc, Mica, Kaolin, PVP/Hexadecane Copolymer, Dimethicone/ Methicone Copolymer, Titanium Dioxide, Zinc Stearate, Octyldodecyl Stearate, Octydodecyl Steatoyl Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Bis-Hydroxyethoxypropyl Dimethicone, Propylene Glycol, Isopropyl Myristate, Methylparaben, Octydodecanol, Propylparaben, Isopropyl Palmitate, Paraffin, Castor (Ricinus Communis) Oil, Silica, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Ozokerite, Butyl Stearate, Candelilla (Euphorbia Cerifera) Wax, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Ethylene/VA Copolymer, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Hydrogen Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Methicone. May Contain : CI 77019, CI 77499, CI 77891, CI 77491, CI 12492, CI 77288, CI 74160, CI 73360, CI 77510, CI 77163, CI 77289, CI 77861.

Palet eyeshadow ini adalah produk Fanbo yang paling saya suka. Kemasannya kecil dengan isi 10 warna eyeshadow. Setiap pan hanya berisi 1 gr eyeshadow. Ini bagus, supaya cepat habis. Fanbo punya dua varian palet eyeshadow kit, No 01 Citra Pelangi dan punya saya No 02 Pesona Kupu.

Palet perona warna ini ada 3 warna matte dan 7 warna shimmer. Ada warna hitam matte dan ada warna putih untuk highlighter. Pigmentasinya bagus. Teksturnya pun buttery. Fall out ada namun masih bisa ditolelir, lagi pula saya selalu menyelesaikan make up mata sebelum beralih ke complexion. Ketahanannya tidak istimewa sih, tanpa primer warnanya akan mulai fading setelah dua jam. Dengan eye primer akan tahan lebih lama.
Baca : Maybelline The Blushed Nudes Palette
Satu hal yang saya tidak suka dari eyeshadow kit Fanbo : kacanya buram.
Sepuluh warna dalam eyeshadow Fanbo :

eyeshadow fanbo

Baris atas : champagne (shimmer), putih (shimmer), mauve (matte), light pink (shimmer), rose (shimmer)
Baris bawah : taupe (matte), turquoise (shimmer), putih keabuan (shimmer), hitam (matte), bronze (shimmer)

review fanbo eyeshadow kit

eyeshadow fanbo yang bagus

Fanbo Fantastic Two Way Cake 05 Gaharu (Rp.53.000/15gr)

bedak fanbo

“A perfect combination powder & foundation. Containing Mulberry Extract to lighten skin and UV Filter SPF 15 to protect your skin from harmful UV Rays. Enriched with Vitamin E as Anti oxidant”.
Ingredients : Talc, Mica, Ethylhexyl, Methoxycinnamate, Titanium Dioxide, Dimethicone, Zinc Oxide, Ethylhexyl Palmitate, Polymethyl Methacrylate, Triethylhexanoin, Hydrogenated Polyisobutene, C12-15 Alkyl Benzoate, Dimethicone/Methicone Copolymer, Silica, Octyldodecyl Oleate, Methylparaben, Butylene Glycol, Fragrance, Propylparaben, Aqua, Glyceryl Isostearate, Polyglyceryl-2 Oleate, Alumunium Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Isopropyl Titanium Triisostearate, Sorbitan Stearate, Morus Alba Root Extract, Tocopheryl Acetate, Tocopherol. May Contain : CI 77492, CI 77491, CI 77495

fanbo two way cake

Fanbo menyediakan 6 shade untuk produk two way cake nya. Cukup banyak, mengingat biasanya hanya tersedia 4 shade. Punya saya shade no 05 Gaharu, terlalu gelap sayangnya. Padahal lumayan loh coveragenya, bisa menutup kemerahan. Ketahanannya biasa saja, dengan primer dapat bertahan hingga tujuh jam.

bedak padat yang bagus

Tekstur bedak Fanbo ini terasa lembut padat, tidak powdery. Ada wangi yang terkesan agak kuno namun mudah saja diabaikan. Kemasannya persegi panjang dengan salah satu ujung membulat. Lagi-lagi kacanya buram, sayang sekali. Dan sponge bawaannya kurang efisien untuk mengaplikasikan produk. Saya lebih suka menggunakan powder brush yang fluffy.

Fanbo Blush On – 01 (Rp.52.000,-/5 gr)

blush on fanbo

“Pemulas pipi dengan tekstur lembut yang mudah diaplikasikan sehingga menghasilkan warna yang natural. Dengan tambahan micro shimmer untuk tampilan wajah yang terlihat lebih segar dan sehat”.
Ingredients : Talc, Mica, Zinc Oxide, Polymethyl Methacrylate, Synthetic Fluorphlogopite, Titanium Dioxide, Dimethicone, Zinc Myristate, Octyldodecanol, Zinc Stearate, Hydrogenated Polyisobutene, Triethylhexanoin, Benzophenone-3, Methylparaben, Propylparaben, Dimethicone/Methicone Copolymer, BHT, Benzotriazolyl Dodecyl P-Cresol, Tocopheryl Acetate, Silica, Aluminum Hydroxide, Aluminum Benzoate. May Contain : CI 77019, CI 77891, CI 73360, RED 7 (CI 15850:1), CI 45410:2, CI 77492, CI 77499, CI 77007, CI 45410

Fanbo memiliki 2 warna pilihan untuk produk blush on-nya. Punya saya shade no o1, warnanya pink seperti jambu biji. Pigmentasinya sheer dan agak sulit dibuild. Jadi ketika saya mengaplikasikan blush on Fanbo berlayer-layer, justru partikel shimmernya yang menumpuk bukan warna pinknya.

Fanbo Fantastic Eye Pen Liner (Rp.55.000,-/0,8ml)

eyeliner fanbo

Fanbo mengklaim pen eyelinernya waterpoof, cepat kering, dan anti iritasi. Saya kurang setuju poin waterproof-nya. Ketika saya membasuh wajah dengan air, eyeliner saya mengelupas. Bukan mengelupas langsung hilang semua, tapi geripis sedikit demi sedikit. Untungnya tidak beleber. Tapi kalau digosok bisa smudging juga sih.

Warna hitamnya biasa, tapi finishnya matte. Ujung tipnya empuk, fleksibel, dan agak besar, akan sulit untuk membuat garis sangat tipis namun cukup mudah untuk membentuk wing.

Fanbo Fantastic Eye Brow Pencil Brown (Rp.30.000,-/1,6gr)

harga pensil alis fanbo

Karena banyak dirave oleh para beauty blogger, saya sangat penasaran pada pensil alis Fanbo. Klaimnya dapat membentuk alis secara alami, waterproof, dan tahan lama. Oke, poin waterproof dan tahan lamanya checked. Poin dapat membentuk alis secara alami ini tetap tergantung pada tangan yang mengaplikasikan.

Jadi begini, untuk membentuk alis yang terlihat alami diperlukan aplikasi perlahan-lahan dengan goresan-goresan sedikit tekanan. Nah, pensil alis Fanbo ini pigmentasinya less dan lead pencilnya keras jadi bisa dibuild pelan-pelan hingga mendapat bentuk alis dan ketebalan yang sesuai.

Sebenarnya pensil alis Fanbo tersdia dalam dua warna : hitam dan coklat. Punya saya warna coklat, kurang cocok untuk alis saya yang cenderung hitam. Di foto EOTD di atas saya menumpuk pensil alis coklat ini dengan eyeshadow hitam. Much better.
Baca : Maskara Alis
Fanbo Fantastic Lipstick No 19 (Rp.35.000,-/4gr)

Lipstik Fanbo

Produk terakhir di box Fanbo adalah Fantastic Lipstick No 19 (ada 20 pilihan warna, FYI). Warnanya amber nude, seperti campuran nude-merah-cokelat. Tekstur lipsiknya creamy, agak lengket dan terasa kalau memakai lipsik. Finishnya satin shiny namun pigmentasinya cukup bagus, dapat menutup rona kehitaman pada bibir. Karena ini lipstik shiny, daya tahannya pun tidak lama. Tidak smudge-proof, tidak waterproof, dan tidak transfer-proof.
Baca : Wardah Intense Matte Lipstick Mauve Mellow
Kalau kalian, pernah nyoba Fanbo yang mana saja ? Share dong ceritanya.

Kiss kiss.

make up fanbo

11 comments

  1. Warna eyeshadownya bagus-bagus yah..keliatannya pigmented..

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  2. Tekstur eyeshadow-nya kelihatan buttery, cakep cakep banget warnanya!


    heartofbluebells.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. waaah udah lama juga ya..denger merk Fanbo udah dari kecil sih, tapi ga nyangka udah eksis 100 tahun lebih...

    ReplyDelete
  4. Haloo salam kenal, aku sudah lebih dari 10 tahun gunakan compact powder fanbo dari series Gloria (kemasan putih) maupun series Gold (kemasan keemasan) cocok banget flawless di kulit ku dan murah meriah. Udah berkali2 coba selingkuh ke bedak lain yg lbh mahal bahkan import, berakhir dengan kembali ke fanbo. Jadi sejak 4 tahun lalu udah gak ganti2 lagi utk compact powder....bedak ini sdh digunakan dr generasi ke generasi masa nenek dan ibu kami.

    ReplyDelete
  5. Aku paling tergoda sama eyeliner pen-nya sih. Anyway si Fanbo ini legend abis yah!

    ReplyDelete
  6. Dulu aku sempet gunain brand ini. Tapi sekarang Udah gak lagi mba.
    Mbaaa bikin tutorial eyeshadow yg hijau dong. Kecee

    ReplyDelete
  7. Hai, Vir! ^^

    kalo gw suka banget ama pensil alisnya fanbo itu. soalnya enak buat di build-up. ohhh yang esedo palet gw punya yang warna satunya.. cuma udah jarang gw pake.


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Warna lipstiknya bagus tuh, aku suka.. Harganya juga terjangkau..

    ReplyDelete
  9. Kak Virrr, aku suka banget mah sama lipstick fanbo no 19 ini. Enak banget mah dipakainya, nyaman, terus warnanya cantik. XD

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  10. perlu di coba nih... hehe makasih ya infonya...

    ReplyDelete
  11. 82rb untuk eyeshadow palette yang lengkap matte & shimmer dan ada a decent taupe color untuk shading...hahahahaa ini affordable banget dan cocok buat eksperimen sama warna2

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss