REVIEW : ODESSA MATTE LIPSTICK SEMUA WARNA

5 comments
odessa matte lipstick

Saya belum bosen kalau ngomongin lipstick merek lokal. Apalagi yang jenisnya matte lipstick. Pasti bukan cuma saya. Ya gimana, lipstik lokal makin hari makin banyak yang bagus. Makin banyak alternatif juga. New arrival di rak lipstik saya ada 12 warna Odessa Matte Lipstick. Merek lokal, finish matte, bentuk bullet konvensional. Penasaran ? Keep reading !
The Brand


lipstik matte eternally beauty

Mungkin belum banyak yang familiar dengan brand Odessa ya ? Soalnya saya juga. Odessa Cosmetics ini brand lokal yang sudah berdiri sejak 1990. Wow, seumuran saya ! Konsep awalnya adalah menyediakan make up yang bisa dinikmati semua orang baik dari segi harga maupun variasi warna. Sekarang range produknya terdiri dari powder, blusher, eyeshadow, nail polish, juga parfum.

Jadi, Odessa ini sister brandnya Eternally Beauty. Makanya produk-produk Odessa dijual di counter Eternally, which is, ada di banyak department store di Indonesia. Selain itu Odessa Cosmetics dan saudara-saudaranya bisa didapatkan juga di drugstore dan marketplace.

Nama, Klaim, Harga


matte lipstick lokal

Odessa Matte Lipstick (Rp. 39.000,-/2 gr)
“Longlasting, smooth & light feel, full cover color matte, moisturizing with vitamin E”

Visual

Lipstik matte Odessa dikemas dalam tube hitam langsing yang terkesan clean. Cuma ada cap merek Odessa di bodi tube. Sedangkan keterangan lain-lain seperti klaim dan ingredients ada di box kartonnya. Berbeda dengan desain tube lipstik yang minimalis kekinian, kotak kartonnya justru secara visual terkesan oldschool. Nggak apa-apa juga sih, tapi kalau desainnya senada dengan tube-nya pasti lebih menarik.

Ingredients


ingredients lipstik matte lokal

Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Caprylyl Methicone, Beeswax, Euphorbia Cerifera Wax, Octyldodecanol, Cyclomethicone, Dimethicone, Ozokerite, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Silica, Ethylhexyl Palmitate, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Polymethylmethacrylate, Methicone, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Isopropyl Titanium Triisostearate, Fragrance, Propylparaben, Methylparaben, Tocopheryl Acetate, BHT. May contain : CI 77891, CI 15850, CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 45410, CI 19140, CI 47005, CI 77019, CI 45380, CI 15985, CI 12085, CI 42090, CI 77007, CI 45430, CI 16255, CI 42051, CI 77266, CI 12490, CI 74160, CI 15880, Carmine, Mica, Diiron Trioxide.

12 Colors


Dari kanan ke kiri : 701-706
odessa lipstick matte 701

701 Valentine : semacam crimson red, warna merah dengan hint oranye.

odessa matte lipstick 702

702 Love : ini blue based red.

odessa matte lipstick 703

703 Redwood : nude kecoklatan, jenis warna nude yang kalau di bibir saya trully nude.

odessa matte lipstick 704

704 Burgundy : warna ungu gelap yang terkesan vampy. Warnanya bagus loh, sayang agak sedikit patchy.

odessa matte lipstick 705

705 French Kiss : the name, tho. Ini warna merah klasik, merah yang nggak perlu diberi embel-embel.

odessa matte lipstick 706

706 Sweetheart : warna nude peach, tapi lebih banyak peach-nya. Bukan warna lipstik yang terlihat bagus di bibir saya.


Dari kanan ke kiri : 707-712
odessa matte lipstick 707

707 Cordovan : kalau yang ini dusty pink-peachy-brown-nude. Warnanya di antara Redwood dan Sweetheart. Bagi sebagian orang, shade Cordovan ini warna MLBB.

odessa matte lipstick 708

708 Elegance : warna ungu kemerahan, lebih terang dan lebih fun dari pada Burgundy.

odessa matte lipstick 709

709 Sunshine : warnanya antara oranye-peach-nude.

odessa matte lipstick 710

710 Forever : brownie-pink-nude, merupakan warna MLBB versi saya.

odessa matte lipstick 711

711 Party Pop : ini warna pink terang yang saya suka banget. Kesannya playfull dan fun.

odessa matte lipstick 712

712 Nude : seperti namanya, nude. Sebenarnya ini warnanya mirip banget sama Redwood, tapi si Redwood sedikit lebih banyak coklatnya.

Impression

Pertama, soal tekstur. Yes, they glide on very smoothly di bibir yang lipstick-ready. Bibir yang lipstik-ready maksudnya gimana ? Maksud saya adalah bare lips yang permukaannya lembut setelah scrubbing tapi cukup lembap karena efek lip balm yang sudah dilap. Loh, kenapa lip balm dilap dulu ? Karena kalau setelah lip balm langsung lipstik jadi terlalu licin sehingga warna lipstik nggak optimal.
Baca dulu : Lip Care Menu #3
Jadi, si lipstik matte Odessa ini cukup creamy. Bukan jenis lipstik batangan yang kering banget sampai kesat saat dipulas. Finishnya matte tapi bukan dead matte juga, masih ada sedikit kilau.

Kedua, soal pigmentasi. Matte lipstick lokal ini bagus loh pigmentasinya. Warnanya intens dan keluar dalam sekali pulas. Warnanya bisa meng-cover rona gelap pada bibir. Walaupun ada beberapa shade yang warnanya patchy alias susah rata (lihat shade Burgundy dan Sweetheart), tapi masih bisa ditolerir.

Ketiga, soal ketahanan. Menurut catatan saya, lipstik matte merek lokal satu ini bisa bertahan hingga 3 jam. Waterproof ? Iya. Tapi nggak transferproof atau kissproof. Diajak makan tetep bubar di bagian tengah bibir. Dan sayangnya, lipstik Odessa ini bubarnya nggak rapi. Eh, namanya bubar ya emang nggak rapi ya ? Maksud saya, lipstik ini fading bukan dengan cara pudar sedikit demi sedikit melainkan retak lalu berubah menjadi serpihan.

Keempat, soal efek moisturizing. Iya, Odessa Matte Lipstick ini memberikan efek lembap saat dipakai. Tapi tetap saja pemilik bibir kering masih perlu dukungan lip balm. FYI, kalau dipakai di bare lips dalam kondisi kering, hasil pulasan lipstik Odessa ini cracking.

Kelima, soal pilihan warna. Di atas tadi sudah saya sebut kalau Odessa Matte Lipstick punya 12 pilihan warna. Seluruhnya merupakan warna-warna wearable : nude, peachy, pinkish, dan beberapa nuansa warna merah. Ada beberapa warna yang mirip : Nude dan Redwood, 3 warna merah, dusty pink dengan beberapa variasi. Nggak ada masalah sih, tapi dengan jumlah warna sebanyak itu sebenarnya saya berharap ada warna-warna yang lebih atraktif misalnya ungu sangat gelap, merah sangat gelap, oranye terang, semacam itu lah.
Ada yang pernah mencoba Odessa Matte Lipstick juga ? Share dong opini kamu !

Kiss kiss.

Odessa Cosmetics/ Eternally Beauty : Website | Instagram | Facebook Page

5 comments

  1. walahhh, dikamu bubarnya jadi serpihan gitu vir?

    Lia,
    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  2. Salfok sama kukunya. Itu merek apa kak? *.*

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  3. Begitu swatch warna Burgundy sama Elegance gw langsung inget lo vir. <3<3

    ReplyDelete
  4. Aku salfok dgn bibirnya..seksi euy :) mnrt aku kok malah si sweetheart pas di kamu, warnanya gk kliatan terang ngejreng bgt, diaku gak cocok :(

    ReplyDelete
  5. 706 bagus kok kak, btw bibirnya sexy beuh...😁

    www.florensiasella.com

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss