REVIEW : ODESSA LIP MATTE CREAM SEMUA WARNA

2 comments
review odessa lip cream

Another new lip cream in town ! Meramaikan jagad lipstik nasional, Odessa merilis matte lip cream yang terdiri dari 5 warna bulan Juni lalu. Well, nggak fresh from the oven banget sih ya ? Tapi tetep aja saya excited pas nulis ini.


Sekitar dua minggu yang lalu saya nulis review 12 warna Odessa Matte Lipstick. Masih ingat dong, kalau saya bilang formula lipstiknya enak dan nyaman banget dipakai ? Lip cream Odessa ini juga nyaman. Tapi tetep ada tapinya.

Deskripsi

lip cream lokal bagus

Odessa Lip Matte Cream (Rp. 50.000,-/4gr)

“Lip Matte Cream with intense modern matte colors, looks and feels natural on your lip. Soft and smooth matte cream formula, that is comfortably longlasting & lightweight.”

Singkatnya, ini lip cream lokal dari brand Odessa. Liquid to matte, ada 5 warna. Tentang brand, nggak perlu saya tulis lagi ya ? Sama kok dengan yang saya tulis di review lipstik Odessa kemarin.
Visual

kemasan lip matte cream odessa eternally beauty

Kemasan Odessa Lip Matte Cream ini botol akrilik bening dengan tutup warna hitam. Ada cap merek dan siluet bibir dengan lelehan lipstik, serta tulisan Lip Matte Cream di bodi tube. Box kartonnya putih dengan aksen jendela (berguna untuk lihat warna lip cream di dalamnya tanpa harus membuka box) dan lelehan lip cream warna-warni. Nggak ada masalah soal packagingnya, meskipun nggak spesial juga.

Tertera sejumlah keterangan pada box kartonnya. Daftar ingredients, deskripsi produk, serta nomor-nomor penting. Semua cetakannya bisa dibaca dengan jelas dan ukuran hurufnya (syukur banget) nggak terlalu kecil. Saya suka gemes kalau ingredients list ditulis dalam font super kecil, siwer.
Ingredients

Isododecane, Diisostearyl Malate, Beeswax, Euphorbia Cerifera Wax, Octyldodecanol, Cyclomethicone, Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysillicate, Dimethicone, Ozokerite, HDI/Trimethylol Hexyllactobe Crosspolymer, Silica, PEG-10 Dimethicone, Methicone, Alumunium Starch Octenylsuccinate, Isopropyl Titanium Triisostearate, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Polymethylmethacrylate, Fragrance, Propylparaben, Methylparaben, Tocopheryl Acetate, BHT. May contain : CI 77891, CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 45410,CI 19140, CI 47005, CI 77019, CI 45380, CI 15985, CI 12085, CI 42090, CI 77007, CI 16255, CI 42051, CI 77266, CI 12490, CI 74160, CI 15889, Carmine, Mica, Diiron Trioxide.

Pilihan Warna

lipstick swatcher
Dari atas ke bawah : 901, 902, 903, 904, 905

Saya sudah bilang berkali-kali di atas tadi, lip cream merek lokal ini punya 5 varian warna. Ada nude, pinkish, dan merah. Semua warnanya wearable dan sepertinya cocok untuk jenis skintone apa pun.

pink up line 901 odessa

901 Pink Up Line : ini warna medium pink. Ada hint fuschia sedikit. Ini jenis pink yang flattering untuk skintone gelap, dan kelihatan vibrant pada kulit terang.

odessa lip cream 902 mauvely in love

902 Mauvely In Love : ini warna peachy pink (atau pinkish peach ?). Bukan jenis warna yang saya suka (peach ain’t my favorite lipstick color) karena somehow kelihatan aneh di bibir saya. Tapi sebenarnya bagus.

odessa lip cream 903 bare bear

903 Bare Bear : warna nude yang pemakaiannya tricky. Ini nude-beige-dusty brown (?) yang kalau nggak diimbangi make up mata dan pipi malah bikin muka kucel. Oh, tadi saya bilang semua warna Odessa Lip Matte Cream cocok untuk semua skintone. Saya ralat. Khusus kode warna Bare Bear kurang pas untuk kulit gelap karena akan kelihatan super pucat. Tapi saya suka warna ini karena sampai sekarang ini satu-satunya lipstik warna nude pucat yang cocok di kulit saya.

odessa lip cream 904 enamoured

904 EnamouRED : warna merah tanpa embel-embel. Pokoknya merah cantik. Ini jenis warna yang nggak akan fail dipakai siapa saja. Merahnya Taylor Swift sebelum Reputation.

odessa lip cream always red you 905

905 Always Red You : warna merah juga. Mirip banget sebenarnya dengan shade 904 tadi, tapi ini sedikit lebih terang. Ah, ada sedikit oranye. Sedikit banget. Tetap saja bagus untuk semua warna kulit.
Performa

aplikator eternally beauty lip cream

Pertama, aplikator oke. Miring pipih berserabut seperti banyak aplikator lip cream lain. Tangkainya agak terlalu panjang meski bukan masalah. Masih cukup ergonomis. Saya bisa mewarnai sekaligus membentuk bibir dengan rapi tanpa perlu lip brush lagi.

Kedua, formulanya lumayan. Enak banget saat dipulas ke bibir. Teksturnya super creamy, konsistensinya kental, nggak buildable, tapi gampang diblend. Sayang ada bau chemical samar-samar. Tapi nggak kecium kecuali didekatkan hidung.

Oh iya, Odessa Lip Matte Cream ini liquid to matte ya. Butuh waktu agak lama untuk menjadi matte, dan finishnya nggak dead matte. Masih ada rasa lembap sampai lipstik dihapus. Bagi sebagian orang rasa begini kurang nyaman.

Ketiga, pigmentasi bagus. Termasuk yang Bare Bear. FYI, semua swatch (bibir dan tangan) di atas tadi hanya satu layer lip cream. Saya sudah bilang kan, lip cream Odessa ini nggak buildable. Kalau dipakai 2 layer rasanya lengket. Dan memang nggak perlu dipakai sampai 2 layer sih.

Keempat, ketahanan nggak spesial. Waterproof tapi nggak transferproof apalagi kissproof. Kalau dipakai nyium ninggalin stain yang agak susah dihapus. Kalau dipakai minum transfer sedikit ke gelas. Kalau dipakai makan langsung bubar dari tengah. Kalau dipakai puasa tahan sampai 5 jam sebelum mulai cracking lalu luntur.

Kelima, pilihan warnanya sedikit. Total 5 warna tapi mirip-mirip. Kode warna 901 dan 902 itu sekilas mirip. Kode warna 904 dan 905 malah mirip banget. Ya sudahlah mari kita tunggu kalau ada warna-warna selanjutnya.
Bagaimanapun juga, menurut saya Odessa Lip Matte Cream ini cukup impresif. Dengan harga hanya lima puluh ribu rupiah (di counter Eternally Beauty di department store atau di beberapa marketplace), lip cream merek lokal  ini nyaman dan warnanya cantik.

Ada yang sudah coba lip cream Odessa juga ? Share dong opini kamu !

Kiss kiss
Odessa/Eternally Beauty : Website | Instagram |Facebook Page


2 comments

  1. aaaahhh, suka sama lip swatch mu Virrr..

    lia,
    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  2. Waaahhhh rapi banget swatch di bibirnya. Bibirnya cakep, mendukung banget 😍

    www.kornelialuciana.com

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss