REVIEW FANBO CLEANSING BALM (BAGUSAN MANA SAMA POND’S?)

6 comments

Disclaimer: well, artikel ini sudah saya draft sejak akhir tahun lalu. Abaikan kalau nggak sesuai konteks.

Sepertinya brand lokal sedang kejar-kejaran rilis produk skin care yang variatif ya? Setelah Pond’s rilis cleansing balm, kini Fanbo juga. Nggak hanya satu, langsung tiga varian. Nggak main-main memang.

Saya penasaran juga dong mau nyoba. Pas di Surabaya X Beauty kemarin, saya beli satu, pilih varian Lemon karena nggak suka wangi yang pink dan lagi nggak pengen tea tree (yang hijau). Memang alasan saya sangat filosofis. LOL.

Detail


Nama lengkapnya Fanbo All in One Deep Cleansing Balm with Lemon Extract. Klaimnya cocok untuk kulit sensitif. Sementara kandungan lemonnya dikatakan bisa membantu kulit terlihat lebih bersinar, menyamarkan noda, dan mengurangi pigmentasi.

Harganya Rp. 57.000,-/30 gr. Ini saya lupa apakah harga resmi atau harga yang saya bayar di konter Fanbo pas SurabayaXBeauty November lalu. Sempet cek di Shopee harganya bervariasi dari Rp 46.000,- sampai Rp 60.000,-an.

Ingredients

Caprylic/Capric Triglyceride, Ethylhexyl Palmitate, Mineral Oil (Paraffinum Liquidium), Peg-20 Glyceryl Triisostearate, Helianthus Annuus Seed Cera, Decyl Cocoate, Butyrospermum Parkii Butter, Polyamide-8, Ozokerite, Water, Bht, Citrus Aurantifolia Fruit Extract, Tocopherol, Ascorbyl Palmitate, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butykhydroxycinnamate, Phenoxyethanol, Methylparaben, Ethylparaben.

Well, nggak ada yang spesial dari daftar komposisinya. Komponen utamanya minyak padat dan surfaktan. Ada ekstrak lemon tapi abaikan saja. Jangan berharap bisa beneran mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi karena ini kan cleanser, kena kulit bentar lalu dibilas. Jelas bukan tugasnya mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi.

How I Use


Seperti layaknya cleansing balm, tentu saja saya pakai sebagai first cleanser. Diaplikasikan gitu aja di muka, lalu diratakan sampai semua sisa makeup luruh. Kemudian bilas dengan air keran. Nggak pakai washlap ataupun air anget. Bisa kok. Bersih tanpa residu dan nggak berminyak sama sekali.

Performa

Untuk complexion makeup, Fanbo Cleansing Balm ini works very well. Semua foundation, concealer, bedak, kontur, highlight, luntur dalam sekejap. Tak bersisa. Lipstik dan alis juga. Sayangnya, nggak begitu untuk maskara. Selain butuh effort lebih, ngapus maskara pakai cleansing balm ini juga meninggalkan rasa nggak nyaman di penglihatan. Nggak perih sih, tapi agak burem aja.


Wangi lemonnya surprisingly ngasih efek energizing saat mencuci muka. Untung aja nggak mirip bau Sunlight.
Baca: Masker Lemon Bubuk The Body Heart
Apakah reccommended? Worth to try? Jadi produk holy grail? Saya sih akan senang hati merekomendasikan Fanbo Cleansing Balm kalau ada yang nanya produk first cleanser bagus. Sangat layak dicoba karena murah kok. Kalau penasaran ya beli aja. Tapi tentu bukan jenis produk holy grail yang jadi life changer atau something I can’t live without.



Dibandingkan Pond’s Cleansing Balm, saya lebih suka si Fanbo. Teksturnya lebih empuk, lebih alus juga di kulit. Dan di kemasannya disertai spatula.
Baca: Review Pond’s Cleansing Balm
Siapa yang udah nyobain cleansing balm lokal juga? Share dong, apa cleansing balm favoritmu?

6 comments

  1. Terimakasih ya udah bikin review battle ini, lagi ceki ceki cleansing balm yg mna buat dibeli 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga udah baca. Jadinya beli cleansing balm yang mana nih?

      Delete
  2. cleansing balm yg fanbo bisa di bilas pakek air biasa saja kah? apa harus air hangat ya?

    ReplyDelete
  3. yang fanbo dibilasnya bisa dipakai air biasa atau harus air hangat yah?

    ReplyDelete
  4. Nice review, dear..
    Sudah coba yang Nivea cleansing balm? Pengen tau reviewnya.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss