RANGKAIAN SKINCARE HALAL DARI NAMEERA

3 comments

Dua mingguan terakhir, saya nyobain beberapa produk skincare dan cushion dari brand halal Nameera (thank to Clozette Indonesia, as always). Menarik nih. Satu lagi brand lokal mengusung konsep halal. Bukan sekadar halal, tapi mengetengahkan keseimbangan outer dan inner beauty sekaligus. #CantiknyaFitrah gitu.


Seperti manusia yang kembali ke fitrah setelah berpuasa ramadan, para perempuan muslim diajak untuk kembali ke penampilan sederhana nan modest. Well, modesty can be powerful beauty. Modest itu sinonimnya moderate, kalau ada yang belum paham. Atau decent, dalam hal penampilan. Menghindari yang berlebihan atau kontroversial. Nggak ekstrem kanan maupun kiri gitu lah.

Saya sendiri sudah sejak lama menganut asas kesederhanaan dalam penampilan baik outfit, makeup, hingga skin care. Nggak ribet dan menghemat waktu serta uang. Beneran deh. Saya sudah sering share tentang minimalist beauty. Pernah juga saya share tentang capsule wardrobe yang sejatinya menggunakan prinsip modesty. Lain kali saya update.
Baca: Minimalist Beauty
Selain konsep halal nan modest-nya, yang menarik lagi dari skincare Nameera adalah star ingredient ekstrak bunga lotus yang digunakan. Lotus essence dikenal kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit. Manfaatnya mulai dari anti aging, soothing, hingga mengontrol keseimbangan sebum. Semua produk Nameera di sini mengandung manfaat tersebut. Sounds promising, ain’t it?

Cleansing Routine

Karena kecintaan pada kesederhanaan, skin care routine pun saya buat sesederhana mungkin. Tentunya harus tetap optimal. Apa gunanya simpel cepet tapi nggak bener ya kan?

Dimulai dari proses cleansing. Dua tahap saja: menghapus makeup dan membersihkan residu. Cleansing routine versi saya saat ini: micellar water dan face wash. Nameera punya kedua produk ini.
  • Nameera Aquatic Botanical Purely Bright Micellar Water

Ingredients: Water, Hexylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides, Panthenol, Phenoxyethanol, Propylene Glycol, Cetrimonium Chloride, Hydroxyethil Urea, Tetrasodium EDTA, Citric Acid, Nelumbo Nucifera Extract, Cetylpiridium Chloride, Urea, Ammonium Lactate, Ethanolamine, Sodium Metabisulfite, Penthylene Glycol, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

Performa: lihat foto before-after di bawah ini saja ya, untuk tahu daya membersihkannya.


Di foto kelihatan micellar water Nameera mampu membersihkan lip cream smudgeproof, maskara, dan eyeliner waterproof. Hanya stain lip tint yang tertinggal.

Untuk daily makeup, saya membutuhkan 3-4 lembar kapas sampai kulit benar-benar bersih. Untung after effect-nya nggak bikin kulit kering. Micellar water Nameera ada wanginya. Sebetulnya semua skincare Nameera yang saya coba di sini ada wanginya, dengan jenis wangi yang senada. Wangi lembut aja. Saya sendiri belum pernah nemu micellar water yang nggak cocok. Si Nameera ini juga sejauh ini baik-baik saja saya pakai.
Baca: Micellar Water untuk Kulit Sensitif
  • Nameera Aquatic Botanical Hydrating Gel Cleanser

Ingredients: Water, Sodium Cocoyl Glycinate, Glycerin, Hydroxypropyl Starch Phosphate, Sodium Lauroamphoacetate, Sodium Cloride, Decyl Glucoside, Fragrance, Lauromedopropyl Betaine, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Acrilate Crosspolymer, Caprylyl Glycol, Coconut Acid, Polyquaternium-6, Citric Acid, Nelumbo Nucifera Extract, Stearic Acid, PEG-150 Distearate, Tetrasodium EDTA, BHT, Sodium Hydroxide, Niacinamide, Sodium Carbonate, Penthylene Glycol, Sodium Metabisulfite, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

Performa: Buat saya gel cleanser Nameera ini merupakan regular face wash. Nggak ada efek kulit kesat setelah cuci muka. Tapi juga nggak ada efek licin.


Tekstur produk berupa gel bening yang runny tapi rich. Busanya terasa padat. Penggunaan produk pun cukup sedikit saja tiap cuci muka.

Hydrating Routine

Setelah kulit bersih, barulah dilanjutkan ke step hydrating dan moisturizing. Saya biasanya cukup toner dan moisturizer. Tambahan serum saat saya rasa perlu. Ini benar-benar personal ya. Setiap jenis kulit kan kebutuhannya beda. Intinya tetap dengarkan kulitmu.
  • Nameera Aquatic Botanical Hydrating Glow Essence Water

Ingredients: Water, Glycerin, Dipropylene Glycol, Glycereth-26, Penthylene Glycol, 1,2 Hexanediol, Fragrance, C12-14 Pareth-12, Nelumbo Nucifera Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Xanthan Gum, Tromethamine, Disodium EDTA, Ethylhexyl Glycerin, Tetrasodium EDTA, Sodium Metabisulfite, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

How I use: Essence Nameera ini saya gunakan di slot hydrating toner. Aplikasi langsung ddi-tap-tap, tanpa kapas. Langkahnya essence Nameera – moisturizer/face oil/sunscreen. Simpel sekali kan?


Performa: It does good job as hydrating toner. Teksturnya yang thick tapi cepat meresap enak banget dipakai malam maupun pagi. Satu layer sudah cukup memberikan hidrasi. Dipakai beberapa layer pun nggak terasa heavy di kulit.

Saya belum menemukan efek negatif untuk essence water ini. Sejauh pemakaian bersamaan dengan micellar water dan cleansing gel selama ini, saya measa kulit saya terjaga kelembapannya. Terasa kenyal saat dipegang dan terlihat bercahaya saat bare face.

Makeup + Makeup Prep

Makin ke sini jujur saja, proses makeup saya makin singkat. Bukannya nggak menikmati proses dandan, tapi seringnya saya bangun kesiangan sehingga nggak bisa spare waktu lama untuk dandan sebelum ke kantor.
  • Nameera Aquatic Botanical Purifying Glow Perfecting Mist

Ingredients: Water, Coco-Caprylate/Caprate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Caprylic/Capric Triglyceride, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, 1,2 Hexanediol, Fragrance, Glycerin, Sodium Chloride, Sodium PCA, Pyrus Malus (Apple) Seed Oil, Caprylyl Glycol, Eclipta Prostata Extract, Curcuma Longa (Turmetic) Root Extract, Sodium Citrate, Nelumbo Nucifera (Lotus) Extract, Citric Acid, Melia Azadirachta (Neem) Leaf Extract, Melia Azadirachta Flower Extract, Moringa Oleifera Seed Extract, Corallina Officinalis Extract, Melia Azadirachta Bark Extract, Ocimum Sanctum (Basil) Leaf Extract, Penthylene Glycol, Tetrasodium Edta, Sodium Metabisulfite, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

Saran penggunaan: Sebagai primer spray, setting spray, dan face mist saat kulit butuh hidrasi instan (setelah wudhu, misalnya). Kocok dulu sebelu disemprot, karena sediaannya berupa minyak dan air.
Baca: Loreal Infallible Setting Spray
Performa: Sebetulnya saya suka finish dari Nameera Perfecting Mist ini di bare face. Kelihatan auto glowing hydrated yang sehat gitu. Dan praktis sekali kalau sedang malas pakai skincare routine pagi lengkap karena sudah mengandung UV Filter. Sayangnya kulit saya ternyata nggak suka. Muncul breakout berupa whiteheads di area pipi setelah beberapa kali pemakaian.
  • Nameera Aquatic Botanical Naturally Luminous BB Cushion SPF 15 PA+++

Shade Nude. Nameera sendiri menyediakan 3 shade untuk BB Cushion-nya: Light Beige, Medium Golden, dan Nude.

Sayang sekali shade Nude ini jauh terlalu terang untuk kulit saya. Jatuhnya jadi keabu-abuan. Coverage-nya sheer, saya nggak rekomen untuk dilayer karena terasa berat. Finishnya dewy becek. Tanpa di-set powder, wajah saya jadi terlihat sangat berminyak.
Namun surprisingly nggak transfer di jilbab lho, saat saya semprot Nameera Perfecting Mist sebagai setting spray di atas cushion.


Saya sempat beberapa kali ngetes cushion Nameera (dengan powder) untuk ke kantor, tentunya pakai masker selama 8-9 jam kerja. Saya makeup jam 7 pagi. Sekitar dzuhur pas mau wudhu saya baru lepas masker. Nggak ada bekas maskernya sama sekali. Padahal biasanya selalu ada bekas jahitan masker di hidung dan sekitar tulang pipi kalau pakai cushion atau foundation lain. Di masker saya juga nggak ada noda makeup.
Baca: moonshot Cushion
Setelah jam pulang saya cek lagi. Nggak banyak berubah kecuali area segitiga sekitar hidung yang mulai berminyak.

Nampaknya saya akan suka cushion Nameera kalau warnanya cocok dan finishnya nggak terlalu becek.


3 comments

  1. Kalau gak mbekas di masker, kok jadi ingin cushionnya .Dempulku selalu njeplak di masker .

    ReplyDelete
  2. Favorit banget nih essencenya lembabnya aweeettt

    ReplyDelete
  3. Uwow, cushionnya kok menarik? Nggak transfer ke masker 😍

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss