SUNSCREEN UNTUK KULIT SENSITIF: SKIN AQUA MILD MILK vs COSRX ALOE

4 comments
sunscreen untuk kulit sensitif

Saya ingat pernah bilang mau nulis rekomendasi produk-produk skincare yang bagus untuk kulit sensitif maupun kulit easily sensitized. Kali ini saya share 2 sunscreen yang sedang saya pakai, yaitu sunscreen Skin Aqua Mild Milk dan Cosrx Aloe. Range harganya beda, negara produsennya juga beda. Yang satu brand Jepang, satunya brand Korea. Bocoran: saya suka keduanya.

Baca: Micellar Water untuk Kulit Sensitif

Details

Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++: “Melembapkan sekaligus memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UV-A dan UV-B. Mengandung improved HA, collagen, soothing agent, dan Vitamin E.”

Harga: Rp 59.966,-/40 g di Sociolla dan drugstore. Tentu saja saya sering nemu harga lebih murah di marketplace (kapan hari di Shopee Mutiara Cosmetics diskon jadi 40an).

Kemasannya botol kecil dengan tutup ulir. Sleek dan sederhana. Tipikal nggak neko-neko yang penting aman, produk mudah dituang sekaligus nggak gampang kocar-kacir. Kemasan luarnya ada boks kertas berisi segala macam informasi yang saya butuhkan.

Skin Aqua UV Mild Milk punya tekstur losion cair warna putih tanpa aroma.

Cosrx Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++: “Formulated with Aloe Extract (water, butylene glycol, aloe arboresens leaf extract) 5,500ppm, this sun cream protects skin againts UVA & UVB rays while hydrating skin.”

Harga: Rp 199.000,-/50 ml di Sociolla. Kalau di marketplace bisa nemu lebih murah sih.

Packaging sunscreen Cosrx berupa tube gepeng dengan bukaan fliptop di bagian bawah. Ada boks kertas sebagai kemasan luar. Informasi yang terpampang ditulis dalam huruf Hangul dan bahasa Inggris. Untuk pembelian dari Sociolla ditempel stiker notifikasi BPOM, produsen, dan distributor Indonesia (yang tentu saja Sociolla).

Sediaan sunscreen Cosrx Aloe berupa krim ringan-tapi-rich warna putih. Wanginya fresh, pas dipakai seperti bilang: “ayo buruan keburu telat ngantor.”

Ingredients

Skin Aqua: Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Polymethyl Methacrylate, Caprylyl Methicone, Diglycerin, Butylene Glycol, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Polysorbate 60, Ethylhexyl Triazone, Betaine, Phenoxyethanol, Ammonium Acryloyldimethyltaurete/ VP Copolymer, Decyl Glucoside, Arginine, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Methylparaben, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Disodium EDTA, Allantoin, Sodium Hyaluronate, Propylene Glycol, Xanthan Gum, Hydrolized Collagen, Polyquaternium-51.

Cosrx: Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Propylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Dicaprylyl Carbonate, Isoamyl P-Methoxycinnamate, Potassium Cetyl Phosphate, Alcohol, Dimethicone, Glyceryl Stearate, Butylene Glycol, Titanium Dioxide, C14-22 Alcohols, Polymethyl Methacrylate, Cetearyl Alcohol, Peg-100 Stearate, Triethanolamine, Silica, Sodium Hydroxide, C12-20 Alkyl Glucoside, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Aluminum Hydroxide, Stearic Acid, Fragrance, Caprylyl Glycol, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Aloe Arborescens Leaf Extract, Dipotassium Glycyrrhizate, Carbomer, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA.

Baca: Cara Saya Milih Skincare

Keduanya water-based dan sama-sama finish-nya silicon-y. Skin Aqua merupakan jenis chemical sunscreen. Sementara Cosrx menggunakan kombinasi chemical UV protection dan titanium dioxide.

Keduanya sama-sama mengklaim diformulasikan untuk kulit sensitif dengan extra miles melembapkan. Skin Aqua punya improved hyaluronic acid sebagai star ingredients. Cosrx menjual 5500ppm kandungan ekstrak aloe vera (yang berarti 0.55 % atau 275 mg).

Performa

Skin Aqua: Kesan pertama pasti ringan sekali. Saking ringannya seperti nggak pakai sunscreen. Karena Skin Aqua UV Mild Milk ini chemical sunscreen, tentu saja nggak ada white cast. Cepet banget meresap pula, finish-nya satin to matte. Nggak ada rasa lengket sama sekali setelah aplikasi. Bisa banget ditumpuk primer dan foundation.

Sunscreen Skin Aqua ini juga cukup moisturizing. Pemakaiannya versatile. Saya bisa pakai di layer setelah moisturizer pagi maupun diaplikasikan single use sekaligus subtitusi pelembap. Oil control memang nggak termasuk dalam klaimnya, tapi saya nggak menemukan masalah kulit saya jadi lebih berminyak selama menggunakan sunscreen ini.

Cosrx: Saya suka kesan segar setelah memakai sunscreen Cosrx Aloe ini. Meskipun krimnya terasa rich, tapi gampang diratakan dan nggak ada efek lengket sama sekali. Sunscreen Korea ini juga versatile pemakaiannya. Bisa dipakai single use sebagai pelembap sekaligus, dan bisa juga ditumpuk di atas moisturizer kalau butuh kelembapan ekstra. Ditumpuk lagi dengan foundation juga oke.

Oil control nggak ada. Dan meskipun di awal finish-nya matte, beberapa jam setelahnya area triangle saya mulai berminyak. Tapi ini hanya terjadi pas saya pakai masker seharian dan tanpa foundation.

Which One I Love The Most?

Saya sudah bilang di awal, saya suka kedua sunscreen ini. Skin Aqua UV Mild Milk dan Cosrx Aloe Soothing Sun Cream sama-sama bekerja dengan baik di kulit saya. Mulai dari tekstur produk hingga finish-nya sama-sama saya.

Dari segi harga, jelas Skin Aqua menang. Tapi Cosrx punya feel beda yang Skin Aqua nggak punya.

Soal kemungkinan repurchase atau nggak, sunscreen Skin Aqua UV Mild Milk ini sudah botol yang saya lupa ke berapa. Sedangkan Cosrx Aloe ini botol pertama saya yang kemungkinan besar saya akan repurchase.

Saya nggak bisa milih sih.

Baca: Battle Sunscreen 50ribuan

Kalau kamu lebih suka mana? Atau punya sunscreen andalan sendiri? Cerita dong!


4 comments

  1. Nice review, dear. Thanks a million, dear..

    ReplyDelete
  2. Wahhhh terimakasih buat review yg sangat membantu��. Ka tapi untuk sunscreen skinaqua uv mild milk halal atu tidak ya? Kalau tlg bantu dijawab ya ka, thanks😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak nemu ada logo halalnya sih. Tapi nggak di-declare kalau ada komposisi haramnya. Kalau saya sih, selama di skincare tsb nggak tertulis mengandung babi dan anjing, berarti nggak apa-apa saya pake.

      Delete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss