Monday, September 14, 2020

MENCOBA BODY CARE VIRAL SCARLETT WHITENING YANG WANGINYA MIRIP PARFUM 6 JUTAAN

 

Mumpung Beautiesquad sedang bikin blog collab yang temanya body care, saya mau cerita rangkaian body care dari brand lokal Scarlett Whitening (di section terakhir artikel ini saya bahas sepintas tentang brand) yang sedang saya gunakan sejak awal bulan.

Rangkaian produk body care Scarlett Whitening ini terdiri dari body scrub, shower scrub, dan body lotion. Lengkap, ya?

Baca: Review Rangkaian Body Care Berbahan Goat Milk

Mari kita bedah satu per satu produknya.

Body Scrub Romansa

Ingredients: Acrylic Polymer, Triisopropnolamin, Glycerin, Mineral Oil, Cetyl Alcohol, Cetearyl Alcohol, Propylene Glycol, Glycol Stearate, DMDM Hydantoin, Fragrance, Scrub, Glutathione, Water.

Highlight abu merupakan bahan pelembap, sedangkan highlight kuning adalah jualan utama.

Sayang sekali sampai artikel ini ditulis, saya belum tahu scrub di sini yang dipakai dibuat dari bahan apa. Sintetis atau bahan natural derived, plastik (PE/microbeads) atau bahan yang mudah terurai.

Gluthatione merupakan komponen protein yang terdiri dari cysteine, glysine, dan glutamic acid. Glutathione ini fungsinya sebagai antioksidan, tugasnya memerangi radikal bebas. Si glutathione ada di dalam tubuh, tapi seiring dengan pertambahan usia, jumlahnya semakin menurun sehingga perlu supply dari sumber luar tubuh.

Nah, si glutathione ini jika digunakan secara topikal di kulit jadi punya benefit mencerahkan dan menunda kerusakan sel kulit.

Scarlett Body Scrub Romansa dikemas dalam jar bervolume 250 gr yang tentu saja nggak travel friendly (tapi siapa juga yang sempet scrubbing pas bepergian). Tutup jarnya ulir dan ternyata cukup licin. Susah dibuka dengan tangan basah.

Baca: Review EVT Coffee Scrub

Sediaannya berupa krim pekat berwarna putih. Terasa kasar tapi sungguh gentle sebagai body scrub. Nggak nyakitin kulit.

Wangi Scarlett Body Scrub varian Romansa lembut sekali, floral powdery. Wanginya nggak bertahan lama setelah dibilas.

Saya menggunakan body scrub Scarlett hanya seminggu sekali karena sempatnya pas weekend thok. Caranya dioles aja ke kulit yang masih kering sampai rata. Saya suka pakai lumayan tebal. Tunggu 2-3 menit, kemudian digosok pelan-pelan dengan air (kalau tanpa air kering banget nggak bisa scrubbing). Kemudian bilas sampai beres. Dilanjutkan pakai sabun supaya bersihnya maksimal.

Sehabis scrubbing, yang saya rasain sih kulit kelihatan lebih bersih dan lembut. Dipegang terasa lembut kenyal. Apakah bikin kulit cerah? Belum kelihatan sih. Saya baru ngabisin seperempat isi jar. Mungkin perlu waktu lebih lama atau memang perubahannya nggak visible.

Shower Scrub Pomegranate

Shower scrub ini kata lain untuk sabun mandi ya. Tentu digunakan setiap hari, beda dengan body scrub. Scarlett Whitening punya 3 varian shower scrub: Pomegranate, Cucumber, dan Mango. Favorit saya Cucumber karena wanginya yang mirip banget mentimun. Tapi saya review yang Pomegranate ya. Sama aja kok, cuma beda aroma.

Ingredients: Sodium Lauryl Ether Sulphate, Sodium Lauryl Sulfate, Fatty Alcohol Sulfate, Coconut Diethanolamide, Cocamidopropyl Betaine, Lauryl Betaine, Ethyldiamintetraacetic Acid, Glycol Distearate, Steareth-20 Methacrylate Crosspolymer, DMDM Hydantoin, Glycerin, Fragrance, Beads A2-Millicapsule, Glutathione, Water.

Highlight kuning: star ingredients.

Beads A2-Millicapsule ternyata bukan microbeads ya, melainkan kapsul berbahan dasar rumput laut yaitu Argan, dan Algin yang isinya bisa macam-macam (Vitamin E, ekstrak caviar, atau coenzyme Q10). Kalau di Scarlett ini isinya Vitamin E (salah satu star ingredients Scarlett selain glutathione). Kenapa vitaminnya harus dibungkus? Supaya nggak mudah teroksidasi tanpa tambahan stabilizer di dalam formula produk. Selain itu, ya biar produknya cakep visualnya.

Glutathione udah dijelasin di section sebelum ini.

Highlight abu: surfaktan. Fungsinya apa? Untuk membersihkan badan dari keringat, debu, dan kotoran lah.

Produk shower scrub Scarlett Whitening berupa cairan bening kental berwarna (sesuai varian) sarat beads yang warna-warni juga. Varian Pomegranate berwarna merah keunguan, varian Mango berwarna kuning cerah, dan varian Cucumber berwarna biru segar.

Aroma Scarlett Whitening Shower Scrub varian Pomegranate ini manis segar. Efeknya energizing, habis mandi jadi semangat berangkat kerja lembur wqwq. Tapi jangan berekspektasi ketinggian ya, wanginya meskipun enak tentu nggak bertahan lama setelah dibilas. Nantinya ketutup wangi body lotion dan parfummu.

Cara pemakaian shower scrub Scarlett sama saja seperi kamu pakai sabun mandi biasanya. Gunakan shower sponge atau net supaya lebih banyak busanya. Langsung usapkan ke kulit dengan tangan kosong juga boleh. Kalau dengan tangan kosong lebih terasa beads-nya. Kasar tapi nggak bikin sakit.

Fragrance Brightening Body Lotion Charming

Produk body care Scarlett yang terakhir adalah body lotion. Ini sih yang bikin brand ini viral, karena efek cerah instannya.

Nama lengkapnya Fragrance Brightening Body Lotion. Mereka punya 3 varian: Charming, Romansa, dan Fantasia. Saya punya 2 aja. Favorit saya varian Charming, karena wanginya konon mirip banget MFK Baccarat Rouge 504 (saya belum pernah nyium parfum MFK sih, cuma pernah nyoba parfum Mineral Botanica yang disebut-sebut sebagai dupe terdekatnya, dan ya, wanginya persis).

Ingredients: Acrylic Polymer, Cetearyl Alcohol, Triisopropanolamin, Propane-1-2-Diol, Propane-1,2,3-Triol, DMDM Hydantoin, Fragrance, Beads A2-Millicapsule, Glutathione, Water.

Highlight kuning: star ingredients. Dua-duanya sudah ada penjelasannya di atas.

Highlight abu: bahan pelembap.

Tekstur Scarlett Whitening Fragrance Body Lotion serupa losion kental. Varian Charming berwarna lilac, sedangkan varian Romansa berwarna putih. Saat dioleskan ke kulit menjadi warna putih. Meratakan body lotion ini butuh effort sih. Kalau nggak rata hasilnya kelihatan dempul.

Nah, ini dia fitur mencerahkan secara instan yang dari tadi disebut. Efeknya mirip tone up cream. Mencerahkan kulit dengan cara mengoleskan pigmen putih/pink/lilac. jadi kulitmu dilapisi, bukannya dikelupas. Tentu cerahnya sementara ya, kalau disiram air ya kembali ke warna semula. Tapi nggak masalah dong. Beauty in diversity, ingat?

Saya sendiri menggunakan Scarlett Whitening Fragrance Body Lotion di pagi hari sehabis mandi. Teksturnya yang kental dan minim bahan pelembap finish-nya matte di kulit, lumayan untuk pagi hari karena akan beraktivitas seharian.

Well, sebagai body lotion, saya berharap produk ini bekerja melembapkan kulit badan saya. Ternyata sayang sekali kulit kering saya membutuhkan body lotion yang lebih moisturizing. Untuk kulit remaja yang masih optimal kelembapan alaminya mungkin akan cukup.

Tentang Scarlett by Felicya Angelista

Saya pertama kali tahu brand Scarlett di Instagram. Seliweran aja gitu di timeline karena ternyata banyak banget fans-nya. Yang khas dari brand Scarlett adalah produk-produk perawatan tubuhnya mengandung Glutathione dan Vitamin E yang berfungsi untuk mencerahkan, melembapkan, dan menutrisi kulit.

Yes, produk Scarlett terkenal karena efek mencerahkan kulit yang instan. Apakah aman? Well, saya ngecek nomor BPOM-nya, beneran terdaftar kok. Mereka juga ternyata cruelty free a.k.a produknya nggak diujicoba pada binatang.

Produk-produk Scarlett dibenderol dengan harga RP 75.000,- per item. Semua produk harganya sama. Affordable sekali. Kalau beli paket hemat Rp 300.00,- per 5 item bebas pilih varian. Paketmu akan dikirim dalam boks eksklusif yang reusable dan masih dapat gift lagi.

Platform pembeliannya bisa di Instagram, WhatsApp, dan Shopee. Sebagai penggemar free ongkir, maka klik shopee.co.id/scarlett_whitening adalah rekomendasi.

Oiya, cek juga nih body care routine punya Rizka Priandi dan punya teman-teman Beautiesquad lain di tab tagged-nya Beautiesquad.


3 comments

  1. Scrubnya cucok di aku, apalagi buat area underarm. hihi..

    ReplyDelete
  2. judulnya menggoda sekali ya judulnya ibuk wqwq suka banget ih sama foto tekstur semua produknya. jadi kepo sama shower scrub yang cucumber. seger keliatannya, jadi haus

    ReplyDelete
  3. Kak, mohon izin, minta penjelasan tambahan ttg Beads A2 Millicapsule bahwa dia berasal dari alga lihat sumbernya dimana ya kak ? Katena saya belum menemukan sumber yang cocok. Trims🙏

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© Jurnal Saya
Maira Gall