REVIEW RANGKAIAN SKINCARE SNP PREP PEPTARONIC

1 comment

 


Skincare routine saya belakangan ini semakin fokus ke perawatan anti-aging. Setelah jatuh cinta pada retinol, giliran peptide yang kini saya gunakan setiap hari. Kebetulan skincare mengandung peptide yang sedang saya coba merupakan serangkaian produk dari SNP Prep Peptaronic.  

Baca: Review Avoskin Retinol Ampoule

Tentang Rangkaian SNP Prep Peptaronic

SNP Prep Peptaronic merupakan lini terbaru dari brand skincare asal Korea Selatan, SNP yang mengusung peptide dan hyaluronic acid sebagai jualan utamanya. Nggak sekadar basa-basi, setiap produknya mengandung 6 jenis peptide dan 5 jenis HA. Promising sekali kan?

But wait, apa itu peptide dan HA?

Peptide merupakan rangkaian dari 2 hingga 50 amino acid. Rangkaian yang panjang tak bercabang disebut polypeptides. Rangkaian yang isinya lebih dari 50 polypeptides disebut protein. Penamaan peptida berasal dari jumlah isi rangkaiannya.

Secara sederhana, peptida adalah pembangun protein dalam tubuh, termasuk kolagen. Tanpa peptida yang memadai, kulitmu akan keriput, rambutmu akan rontok, dan kamu akan uring-uringan karena hormon nggak seimbang.

Di dalam skincare, peptida berfungsi sebagai cell-communicating ingredient (nyontek istilah INCI Decoder). Cara kerja peptida yaitu meminta sel dalam kulit untuk memproduksi kolagen. Kenapa nggak langsung oles kolagen aja biar cepet? Well, molekul kolagen terlalu besar untuk bisa meresap ke jaringan dalam kulit. Peptida jauh lebih kecil. Selain itu peptida bisa multitasking (seperti kita semua kaum pekerja), yaitu sekaligus menghidrasi dan menenangkan kulit selagi berusaha membuat struktur kulit lebih firm.

Ajaib dong ya, si peptida ini? Nampaknya begitu. Tapi sebetulnya efektvitas peptida untuk perawatan anti-aging masih perlu penelitian lanjutan. Selama ini klaim-klaim super peptida berdasarkan penelitian in vitro (di lab maksudnya, bukan di real life orang).

Hyaluronic acid merupakan teman baik peptida. Eh, teman baik untuk hampir semua actives sih. HA bekerja sebagai humektan, yaitu pengikat air dalam rangka menjaga kelebapan kulit. Menurut catatan ilmiah, HA bisa membawa beban air hingga 1000x berat dirinya. Which means, HA itu yang bikin kulit kelihatan bouncy, hydrated, kenyal-kenyal gemes.

Sama seperti peptida yang bervariasi, HA pun begitu. Variasi HA berdasarkan mollecular weight-nya. Ada yang segede gula pasir, ada yang kecil banget sampe bisa menyusup ke dalam sukma. Pokoknya semakin kecil MW-nya, semakin dalam juga kemampuan penetrasinya ke dalam jaringan kulit.

Jadi, HA dengan MW kecil lebih bagus? Nggak gitu. Semakin dalam masuk ke jaringan, berarti semakin rumit, malah bisa menyebabkan inflamasi. Tapi kalau MW-nya besar, hanya bisa ngambang di permukaan. Solusinya adalah menggunakan kombinasi beberapa versi HA agar kerjanya optimal.

Bersama-sama dengan peptida, HA bekerja sama bahu-membahu membuat kulitmu senantiasa terlihat muda.

Cukup clear, ya?

Rangkaian SNP Prep Peptaronic sendiri terdiri dari toner, serum, moisturizer cream, ampoule sheet mask, dan tone up cream. Semuanya dikemas dalam packaging cantik dengan tema serba pink. Toner dan serumnya (yang merupakan best selling dan konon sering sold out di marketplace) dikemas dalam botol pinkish bening dengan tutup fliptop. Aman dari resiko tumpah dan pecah. Krim moisturizer-nya dikemas dalam jar warna putih yang terlihat chic.

Dengan star ingredients yang fancy serta ukurannya yang serba jumbo (ada yang pernah nemu ada serum isinya 220 ml?), produk-produk SNP Prep Peptaronic ternyata dijual dengan harga sangat affordable. Toner (yang isinya 320 ml), cream, dan serumnya bisa dibeli dengan harga Rp 160.000,- masing-masing. Sementara sheet mask SNP Prep Peptaronic harganya Rp 16.500,- saja di SNP Shopee official store.

Sekarang, mari kita breakdown masing-masing produknya.

PS: Highlight hijau pada ingredients list merupakan HA, warna kuning untuk peptida. Warna abu bukan jualan utama, tapi menarik.

SNP Prep Peptaronic Toner (Rp 160.000,-/320 ml)

Ingredients: Water, Glycerin, Propylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Peg-60 Hydrogenated Castor Oil, Carbomer, Arginine, Hydroxycellulose, Ethylhexylglycerin, Fragrance, Disodium Edta, Pentylene Glycol, Xanthan Gum, Butylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Polyglyceryl-10 Laurate, Hydrolyzed Collagen, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid, Caprylyl Glycol, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Palmitoyl Pentapeptide-4, Palmitoyl Tripeptide-1, Tripeptide-1, Hexapeptide-9, Hexapeptide-11, Copper Tripeptide-1.

Fungsinya untuk menyeimbangkan kelembapan kulit. Tekstur SNP Prep Peptaronic Toner ini cair kental, tipikal hydrating toner yang cukup thick. Namun bisa dipakai dengan kapas untuk memastikan proses cuci muka bersih. Ada wangi floral segar yang cukup kuat (mengingat fragrance ada di deretan 10 teratas ingredient list). Take note untuk yang kulitnya sensitif terhadap fragrance.

Baca: Cara Saya Pilih Skincare

SNP Prep Peptaronic Serum (Rp 160.000,-/220 ml)

Ingredients: Water, Dipropylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, 1,2-Hexanediol, Betaine, Carbomer, Peg-60 Hydrogenated Castor Oil, Arginine, Caprylyl Glycol, Hydroxyethylcellulose, Honey Extract, Centella Asiatica Extract, Hydroxyacetophenone, Xanthan Gum, Adenosine, Butylene Glycol, Fragrance, Disodium Edta, Pentylene Glycol, Gardenia Florida Fruit Extract, Polyglyceryl-10 Laurate, Maltodextrin, Sodium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid, Ethylhexylglycerin, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Hexapeptide-9, Palmitoyl Pentapeptide-4, Palmitoyl Tripeptide-1, Tripeptide-1, Hexapeptide-11, Copper Tripeptide-1.

Ini yang namanya serum jumbo. Biasanya serum isinya 30-50 ml kan, SNP Prep Peptaronic Serum isinya 220 ml dong. Konsepnya memang head to toe serum alias bisa digunakan untuk wajah, leher, dan badan. Dengan tambahan ekstrak honey, niacinamide, serta cica, SNP Prep Peptaronic serum ini diformulasikan untuk menghidrasi kulit dengan ekstra dan menutrisi lebih baik.

Sediaan SNP Prep Peptaronic Serum mirip dengan tonernya namun lebih kental dan terasa lebih rich. Wanginya pun senada. Ini satu rangkaian memang DNA-nya sama. Tentu sama-sama cepat meresap dan bebas greasy.

Baca: 10 Skincare Worth to Buy di Althea

SNP Prep Peptaronic Cream (Rp 160.000,-/55 ml)

Ingredients: Water, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Dipropylene Glycol, Cetyl Ethylhexanoate, Niacinamide, Cetyl Alcohol, Palmitic Acid, Glyceryl Stearate, Stearic Acid, Ethylhexylglycerin, Carbomer, Polysorbate-60, Arginine, Trehalose, Hydroxyacetophenone, Chlorphenesin, Panthenol, Fragrance, Macadamia Integrifolla Seed Oil, Adenosine, Disodium Edta, Butylene Glycol, Stearyl Alcohol, Myristyl Alcohol, 1,2-Hexanediol, Pentylene Glycol, Polyglyceryl-10 Laurate, Sodium Hyaluronate, Beta-Glucan, Caprylyl Glycol, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid, Tocopherol, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Copper Tripeptide-1, Hexapeptide-11, Palmitoyl Pentapeptide-4, Palmitoyl Tripeptide-1, Tripeptide-1, Hexapeptide-9.

Krim untuk mengunci kelembapan kulit. Komposisinya terdiri dari beberapa macam humektan dan skin soothing ingredient. Krimnya berwarna putih, tekstur runny, lightweight, langsung melted begitu bersentuhan dengan kulit. SNP Prep Peptaronic Cream meresap sempurna saat diaplikasikan.  Dan masih sama seperti saudara-saudaranya, produk moisturizer ini juga wanginya kuat.

Baca: Review Avoskin Ultra Brightening Cream Formula Baru

SNP Prep Peptaronic Ampoule Mask (Rp 16.500,-/25 ml)

Ingredients: Water, Glycerin, Propylene Glycol, Pentylene Glycol, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Hydroxycellulose, Carbomer, Arginine, Propanediol, Polyglyceryl-10 Laurate, Spirulina Maxima Extract, Hizikia Fusiforme Extract, Undaria Pinnatifida Extract, Palmitoyl Pentapeptide-4, Palmitoyl Tripeptide-1, Palmitoyl Tetrapeptide-7, Acetyl Hexapeptide-7, Hexapeptide-9, Nonapeptide-1, Sodium Hyaluronate, Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Potassium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hydroxypropultrimonium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Chlorphenesin, Allantoin, Panthenol, 1,2-Hexanediol, Ethylglycerin, Disodium Edta, Fragrance.

Berbeda dengan produk SNP Prep Peptaronic sebelumnya, sheet mask ini mengandung  6 jenis peptide dan 7 jenis HA plus ekstrak 3 jenis rumput laut kaya nutrisi untuk menghidrasi, membantu mengencangkan kulit, dan menjadikan kulit cerah bersinar. Lembaran maskernya sedang, nggak yang tipis susah dibuka. Tapi sayang cetakannya nggak pas di wajah saya (belum pernah nemu sih, sheet mask yang fit di muka). Esensnya melimpah, sisanya bisa dipakai untuk kaki dan tangan sekalian.

Sheet mask SNP Prep Peptaronic ini aman dipakai setiap hari. Mau pakai 7 hari berturut-turut pun silakan. Pemakaiannya cukup 15 menit saja. Selalu ingat untuk nggak terlalu lama pakai sheet mask. Lembaran masker sifatnya menyerap kelembapan. Jadi kalau saking lamanya nggak kamu lepas, kelembapan di kulitmu akan diserap lagi oleh si lembaran masker.

Baca: Macam-Macam Masker

Performa

Urutan pemakaian rangkaian SNP Prep di malam hari a la saya dimulai dari cleansing – Peptaronic Toner tanpa kapas – Peptaronic Serum – eye cream – Peptaronic Cream. Kalau pagi minus serum dan ditambah SPF. Kadang-kadang di malam hari saya selipkan serum retinol juga.

Di masa new normal di mana saya pakai masker kain tiap hari, kulit saya lebih sering dihinggapi jerawat di area dagu. Penggunaan rangkaian SNP Prep nggak banyak membantu untuk problem maskne (karena memang nggak ada komposisi anti acne ya kan).

Baca: Skincare Selama Musim WFH

Hanya saja, produk-produk SNP Prep Peptaronic ini bekerja dengan baik dalam menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa rasa lengket sehingga nyaman digunakan di masa-masa wajib pakai masker kain seperti sekarang. Kelembapan kulit saya terjaga selama tidur sampai pagi. Kalau benefit anti-aging-nya seperti menguragi wrinkle dan fine lines sih saya nggak lihat ada perubahan yang visible ya.

Produk SNP Prep Peptaronic Favorit

Setelah menggunakan rangkaian SNP Prep Peptaronic selama lebih dari seminggu, produk yang paling saya suka adalah si moisturizer cream. Dipakainya enak banget dan beneran mengunci kelembapan. Teksturnya yang meleleh begitu tersentuh kulit mengingatkan saya pada salah satu sleeping mask favorit saya.

Baca: Rangkaian Skincare Clinelle Hydra Calm

Wangi produk SNP Prep Peptaronic Cream memang cukup kuat tapi lama-lama saya terbiasa juga. Untung nggak ada efek iritasi atau breakout.

Kalau ada yang bertanya-tanya apakah boleh pakai salah satu produk SNP Prep Peptaronic lalu dikombinasikan dengan produk lain (nggak satu rangkaian)? Tentu saja boleh. Brand merilis satu line skincare bukan berarti kamu harus pakai semuanya. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Dah sih, gitu aja. Info lebih lanjut ada di Instagram mereka @snpofficial.id atau di website SNP, googling aja, jangan males!

Punya cerita atau pengalaman atau opini soal peptide? Sini, share!

1 comment

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss