REVIEW SCARLETT BRIGHTENING BODY LOTION FRESHY, BENERAN BAU JO MALONE?

4 comments

 

Belakangan saya suka sekali benda-benda wangi. Reed diffuser, scented candle, aneka parfum, bunga-bungaan, semuanya ada di kamar. Seneng aja nyium baunya, bikin mood bagus. Currently saya lagi pakai body lotion yang wangi banget juga; Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion varian terbaru, Freshy.

Fitur utama Scarlett body lotion selain instant brightening adalah wanginya. Setelah varian Charming yang serupa MFK Baccarat Rouge, kali ini varian Freshy hadir dengan aroma yang disebut-sebut mirip banget Jo Malone English Pear & Freesia Eau de Cologne.

Baca: Review Body Lotion Viral yang Wanginya Mirip Parfum 6 Jutaan

Detail

Nama lengkapnya Scarlett Freshy Fragrance Brightening Body Lotion.

Deskripsinya begini: “Our comforting fragrance hand and body cream contains Glutathione, the most powerful antioxidant, has been associated with skin lightening ability, also vitamin e to refresh and revitalize skin. Special made for brightening and moisturized skin.”

FYI, Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion sampai saat ini tersedia 4 varian: Charming, Romansa, Fantasia, Freshy.

Harga Scarlett Fragrance Body Lotion semua varian sama, masing-masing Rp75.000,-/300ml. Masih ada promo beli 5 items Rp300.000,- aja dan dipaketinnya pake exclusive box yang bisa digunakan kembali. Karena ternyata banyak yang malsuin produk Scarlett, paling aman kamu belinya di official store aja. Shopee ada kok. Nanti di bawah ada link-nya.

Packaging Scarlett Brightening Body Lotion Freshy ini masih sama seperti body lotion Scarlett yang lain. Botol plastik bening dengan tutup pump yang pakai lock. Aman sih kalau dibawa travelling, nggak khawatir produknya tumpah meskipun mayan makan tempat karena bulky.

Baca: Review Body Care Love Beauty Planet Ocean Edition

Isi Produk

Ingredients: Aqua Demineralisata, Cetearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Mineral Oil, Propane-1 2 3-Tryl Trinitrate, Fragrance (Parfume) Component and Finished Fragrance, Propanediol, Kojic Acid, Niacinamide, Titanium Dioxide, Glutathione, DMDM Hydantoin, Triisopropanolamine, Glass Beads Vit E, Acrylates, Acrylamide Copolymer, CI 15985 (2) Fd&C Yellow No 6, CI 16225 (2), Trisodium Salt.

Daftar komposisinya kurang lebih sama seperti varian Charming dan Romansa, dengan beberapa tambahan.

Seperti biasa, highlight kuning adalah star ingredient yang menjadi fitur utama dari produk.

Kojic acid merupakan keluarga AHA sekaligus antioksidan, berasal dari berbagai jenis jamur yang biasanya digunakan untuk fermentasi makanan. Fungsi kojic acid di dalam produk skincare selain untuk eksfoliasi ringan juga memblokir tirosin -yang tugasnya memproduksi melanin. Selain itu kojic acid juga merangsang pembentukan sel kulit baru.

Niacinamide adalah bentuk aktif dari niacin a.k.a vitamin B3. Kayaknya ini ingredient favorit semua orang. Segala skincare yang isinya niacinamide pasti laris. Tentu saja karena benefit si niacinamide yang serba bisa: mencerahkan, melindungi dari radikal bebas, anti inflamasi, menghaluskan kulit, mempercepat perbaikan kulit, dan sebagainya.

Untuk benefit skin lightening, sudah ada study yang menyebutkan bahwa kandungan 2-5% niacinamide digunakan selama 8 minggu akan efektif. Tapi di sini niacinamide nggak ditulis di urutan 5 teratas (ingredients setelah fragrance biasanya jumlahnya <1%), jadi nggak tahu butuh berapa lama untuk lihat hasil yang signifikan.

Tentang glutathione sudah pernah saya tulis di review produk body care Scarlett sebelumnya. Singkatnya, glutathione merupakan komponen protein yang bekerja sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas.

Glass Beads Vitamin E juga bukan komposisi baru, di Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion varian sebelumnya juga ada dengan nama Beads A-2 Millicapsule. Sesuai nama, isinya Vitamin E untuk melembapkan kulit.

Scarlett nampaknya gemar membuat produk body care dengan warna-warna nggak biasa. Body lotion Freshy ini berwarna kuning pucat. Tapi tenang aja, warna kuningnya hilang kok setelah diratakan ke kulit.

Ada yang berbeda dengan tekstur Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion Freshy. Selain nggak sekental varian Charming, terasa ada butiran-butiran agak kasar di varian Freshy. Tentu hilang setelah produk meresap ke kulit.

Baca: Review Scarlett Acne Serum

Performa

Saya senang sekali Scarlett sudah improve formula body lotion mereka sehingga varian Freshy ini terasa lebih spreadable dan lebih melembapkan. Finish-nya tetap matte dan nggak lengket.

Gimana dengan wanginya yang digadang-gadang sebagai dupe Jo Malone English Pear & Freesia? Well, saya belum pernah nyium Jo Malone beneran, jadi nggak bisa mengiyakan. Tapi Scarlett body lotion Freshy ini baunya enak banget. Seger tapi manis. Aroma fruity yang bikin saya membayangkan es buah dengan banyak kristal es batu, kombinasi potongan buah pir, apel fuji, melon manis, alpukat yang legit, sirup cocopandan, krimer kental manis, diminum di tengah-tengah terik matahari. Sesegar itu.

Awet nggak wanginya? Tentunya nggak seawet parfum. Saya biasanya pakai body lotion sehabis mandi pagi jam 6.30. Wanginya masih tercium samar sekitar jam 10 pagi.

Last but not least, fitur instant brightening. Yes, ini visible sekali. Pigmen kuning dan titanium dioxide di Scarlett body lotion Freshy ini langsung bikin kulit cerah seketika. Cerahnya kelihatan natural lho, nggak abu-abu.

Aman nggak nih kok cerahnya langsung? Bukannya di atas tadi bilang perlu entah berapa minggu untuk kelihatan hasilnya? Betul. Ini cerahnya langsung kelihatan karena cara kerja body lotion ini sama seperti tone up cream. Efek cerahnya seperti makeup, bukan permanen. Jadi kulitmu dilapisi pigmen pencerah yang akan luntur kalau dibasuh. Cerah permanennya butuh waktu menunggu glutathione, kojic acid, dan niacinamide bekerja perlahan.

Clear, ya?

Scarlett Body Care: Instagram | Shopee Official Store

4 comments

  1. Ini lembabnya masih kurang di kulit badanku yang kering, tapi kalo dibanding lotion Scarlett lainnya sih udah paling mendingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, lembapnya masih kalah sama beberapa body losion minimarket

      Delete
  2. Mbaaakkk varian body lotion yang kamu review sama kayak yang aku punya. Suka banget akutu sama aromanya, bener-bener kek pake parfum sekujur badan kalo abis pake di tangan dan kaki wkwkwkwk

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss