3 MINGGU PAKAI AIRNDERM RETINOL, GIMANA HASILNYA?

No comments

Saya sedang nyobain retinol baru selama 3 minggu belakangan. Karena faktor umur yang sudah kepala 3, saya jadi selalu excited nyobain retinol. Yes, retinol becomes my basic routine. Kali ini Retinol Serum dari Airnderm Aesthetic. Beruntung sekali Airnderm pas kebetulan ngirimin produknya buat dicoba.

Baca: Minimalist Beauty, Apa Itu?

Detail

Airnderm Aesthetic Retinol Serum, hadir untuk memenuhi kebutuhan dan kesehatan kulit kamu. Dengan kandungan bahan aktif Retinol yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi kulit, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, meratakan warna kulit dan membantu memperbaiki tekstur kulit. Acetyl Hexapeptide 8 didalamnya dapat mengencangkan kulit, menyamarkan kerutan dan garis halus, menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan produksi kolagen, Sodium Hyaluronate didalamnya dapat menjaga kelembaban dan hidrasi kulit.

Serum retinol Airnderm ini dikemas dalam botol serum plastik bening dengan tutup pipet. Sejauh ini kemasannya aman, pernah saya bawa bepergian nggak ada tumpah. Pipet di tutupnya berfungsi dengan baik mengeluarkan produk. Namun pemilihan botol bening ini agak gimana rasanya. Retinol kan fragile, paparan cahaya bisa membuat formulanya jadi berkurang khasiatnya. Itu sebabnya kebanyakan produk retinol dikemas dalam botol berwarna gelap.

Visual Retinol Serum ini khas Airnderm, serba putih. Botol serumnya masih dikemas lagi dalam boks kertas. Semua informasi penting seperti komposisi, nomor BPOM, produsen, dan lain-lain tertulis di kemasan boks kertas ini.

Harga Rp129.000,-/20ml di official store.

No BPOM: NA18202000196

Baca: Rekomendasi Skincare Routineuntuk Sobat UMR

Isi Produk

Ingredients: Aqua, Propanediol, Glycerin, Acetyl Hexapeptide-8, Caprylyl Glycol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Lecithin, Polysorbate 20, Retinol, Ethylhexylglycerin, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Disodium EDTA, Xanthan Gum.

Seperti biasa, yang saya highlight kuning adalah star ingredients. Sedangkan highlight abu-abu adalah komponen BST Retinol.

Retinol, atau pure vitamin A adalah raw ingredient yang ketika terkonversi menjadi retinoic acid merupakan gold standard di circle skincare anti-aging. Retinol bekerja dengan cara ‘menyuruh’ sel-sel di dalam kulit memproduksi kolagen sehingga kulit terlihat lebih plump dan terasa lebih kenyal.

Retinol juga ‘menyuruh’ sel-sel kulit beregenerasi lebih cepat. Bayangkan retinol ini seperti manager baru yang sedang ingin meningkatkan kinerja tim. Yang sebelumnya tim bekerja santai-santai, sekarang harus mempercepat pace mereka. Nggak sedikit yang jadi super lelah atau burnout di masa transisi. Tapi si manager tetap meng-encourage mereka untuk bekerja cepat. Lama-lama bekerja cepat menjadi kebiasaan dan seisi tim bisa menyesuaikan pace mereka. Begitupun penggunaan retinol. Di masa-masa awal sangat mungkin terjadi purging, atau kulit jadi lebih kering daripada biasanya. Namun jika sabar dan dibarengi treatment hidrasi yang cukup, hasil jangka panjangnya akan worth it.

Retinol dalam konsentrasi 0,1% disebut cukup mild sekaligus ada result bagus untuk pemula. Sedangkan Airnderm Retinol Serum menggunakan 1,5% BST Retinol dengan retinol murni 0,015%.

Apa itu BST Retinol? BST Retinol adalah bahan baku retinol yang sudah distabilkan dengan teknologi encapsulated dan molecular film fluid, produsennya BST Inc Korea. Encapsulated retinol ini meminimalkan potensi iritasi karena punya time release lebih panjang sehingga lebih friendy untuk kulit sensitif dan retinol virgin. Sedangkan teknologi molecular film fluid membuat retinol lebih stabil dan penetrasinya ke kulit lebih efektif.

Baca: Avoskin Retinol Ampoule

Argireline/acetyl hexapeptide-8 seingkali diklaim sebagai ‘botox in a jar’ karena potensinya mengurangi kerutan secara nyata. Sudah ada study in vivo (diuji coba ke orang beneran maksudnya) bahwa penggunaan 10% jenis peptide argireline ini bisa mengurangi kedalaman kerutan hingga 17% dalam 15 hari. Menarik kan?

Sodium hyaluronate a.k.a hyaluronic acid, merupakan humektan untuk mengikat air di dalam kulit.

Baca: Review Airnderm HydratingPrimer Toner

Baca daftar komposisinya udah kebayang kan, isi produk Retinol Serum Airnderm kaya apa? Yes, watery to gel, kental, tanpa warna, tanpa aroma, gampang diratakan, mudah terserap, nggak pilling saat di-layer produk serum lain.

Performa

Sudah 3 minggu lebih saya menggunakan Airnderm Aesthetic Retinol Serum. Saya pakai hamper setiap hari (pernah skip pas lagi super mager dan sempat super kering) pada skincare routine malam. Urutan skincare saya: Airnderm Hydrating Primer Toner-eye serum-Airnderm Retinol Serum-hydrating serum-moisturizer.

Sebelum pemakaian kondisi kulit saya biasa aja sih, wrinkles di sekitar mata, smile lines terpampang nyata, tapi not bad lah. Hanya ada satu jerawat di dalam kulit yang cukup mengganggu dan sakit saat dipegang.

Sebelum memakai Airnderm Aesthetic Retinol Serum ini saya sudah pernah rutin menggunakan retinol lain yang juga mild, dan sedang on-off menggunakan retinol yang lebih strong.

Baca: Review Avoskin Retinol & Acid Sheet Mask

Selama seminggu pertama, saya memakai Airnderm Retinol Serum setiap malam tanpa skip. Nggak ada sensasi tingling saat dipakai. Kulit saya baik-baik saja, nggak ada masalah. Jerawat sudah gone, tinggal bekas.

Pada akhir minggu kedua saya notice kulit saya jadi dehidrasi. Berminyak lebih banyak daripada biasanya dan flaky saat pakai makeup. Jadi saya pause pemakaian retinol. Setelah saya cari tahu penyebabnya, ternyata saya ganti hydrating serum di awal minggu kedua.

Pada minggu ketiga saya pakai retinol lagi. Kali ini pakai 7-skin method sebelum retinol. Hasilnya oke. Kulit saya kelihatan glowing from within, terasa lebih kenyal saat dipegang, bekas jerawat memudar, dan pori-pori terlihat lebih tight.

Menurut saya, Airnderm Aesthetic Retinol Serum ini cukup oke sebagai alternatif retinol serum yang mild dan affordable. Cocok untuk para retinol virgin maupun pemilik easily sensitized skin seperti saya.

Ada yang udah nyobain retinolnya Airnderm juga? Gimana ceritanya?

Airnderm: Instagram | Website | Shopee

(ADV)

No comments

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss