VIRLY’S CHOICE: 3 FACE WASH GENTLE DI BAWAH 50 RIBU

2 comments

Produk cleanser nggak perlu mengandung bahan fancy karena durasi kontak dengan kulit cuma sebentar dan dibilas. I absolutely agree. Tapi bukan berarti milih cleanser bisa seenaknya. Buat saya, cleanser harus gentle di kulit. Harus meninggalkan rasa licin di kulit. Nggak boleh ada efek kesat apalagi kulit terasa ketarik sehabis cuci muka. Sayangnya, biasanya cleanser dengan spesifikasi begini harganya cenderung lebih mahal.

Baca: Cara Saya Pilih Skincare

Well, saya menemukan beberapa produk face cleanser gentle yang affordable, UMR-friendly, harganya di bawah 50 ribu. Tiga di antaranya saya tulis di sini. Kenapa cuma 3 rekomendasinya? Karena yang sekarang ada di rak saya cuma 3.

Yang menarik, ketiga produk face wash ini produksi lokal di bawah lisensi brand Jepang; Rohto, Kao, dan Pigeon.

Baca: Rekomendasi Hydrating Toner Tanpa Alkohol

Hada Labo Gokujyun Face Wash

Ingredients: Aqua, Glycerin, Sodium Cocoyl Glycinate, Butylene Glycol, Hydroxypropyl Starch Phosphate, Cocamidopropyl Betaine, PEG-400, Decyl Glucoside, Sodium Lauroyl Aspartate, Potassium Cocoyl Glycinate, Glyceryl Stearate SE, Sodium Stearoyl Glutamate, Citric Acid, Lauric Acid, Stearic Acid, Methylparaben, PEG-32, BHT, Disodium EDTA, Propylparaben, Polyquaternium-7, Polyquaternium-52, Hydroxypropyl Methylcellulose, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate.

PS: highlight kuning adalah HA, highlight abu adalah surfaktan.

Face wash kesayangan sejuta umat ini tanpa fragrance, tanpa alkohol, dan tanpa pewarna. Ada kandungan 2 jenis hyaluronic acid berupa AcHA dan HA derivative. Formulanya berupa synthetic detergent dengan kombinasi berbagai macam surfaktan yang relatif lebih skin-friendly. Saya sendiri sudah beberapa kali repurchase face wash Hada Labo ini.

Tekstur produknya berupa krim yang terasa rich, menghasilkan busa padat tipis. Nggak ada rasa kesat setelah cuci muka, tapi nggak terasa licin juga. Just a regular face wash buat sehari-hari. Saya suka pakai Hada Labo Gokujyun sebagai second cleanser karena feel bersihnya dapet.

Harga: Rp20-40ribuan/50-100g.

Baca: Review Sensatia Botanicals Cream Cleanser

Biore Mild Smooth Facial Foam

Ingredients: Water, Sorbitol, Myristic Acid, Laureth-4 Carboxylic Acid, Lauryl Hydroxysultaine, Potassium Hydroxide, Laureth-6 Carboxylic Acid, Lauric Acid, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, Palmitic Acid, Fragrance (Parfum), Polyquaternium-39, Disodium EDTA, PEG-6, PEG-45m, BHT, Phenoxyethanol, Methylparaben, Propylparaben, CI 77891.

PS: highlight hijau adalah pelembap, highlight abu adalah surfaktan.

Sediaan Biore Mild Smooth Facial Foam berupa losion berwarna putih, ada wangi powdery yang untungnya nggak mengganggu. Busanya cukup banyak saat dipakai.

Meskipun di deskripsinya ditulis ada Skin Purifying Technology yang menyerap minyak dan kotoran, face wash Biore ini nggak bikin kulit saya terasa kering sehabis cuci muka. Cocok buat morning cleanser maupun second cleanser.

Harga: Rp12.000/40g dan Rp25.000/100g.

Baca: Review Neogen Cereal Cleanser

Pigeon Facial Foam

Ingredients: Purified Water, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Stearate, Glycerin, Phenoxyethanol, Methylparaben, Butylparaben, Ethylparaben, Propylparaben, Citric Acid, Ethoxydiglycol, Propylene Glycol, PEG-26 Jojoba Acid, PEG-26 Jojoba Alcohol, Butylene Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Trideceth-9, Glycol Distearate, Fragrance, Matricaria (Chamomilla Recucita) Extract, Tetrasodium EDTA.

PS: highlight kuning adalah star ingredients, highlight abu adalah surfaktan.

Face wash Pigeon ini menarik. Karena brand Pigeon sendiri sudah erat dengan produk bayi dan remaja, kesan ‘aman’ dan ‘gentle’ di produknya udah auto dapet. Face wash-nya sendiri mengandung jojoba oil dan ekstrak chamomile yang bagus untuk kulit.

Awalnya saya ragu karena SLS dikenal sebagai surfaktan yang harsh dan ada fragrance juga. Tapi berkat fomulasi yang tepat, si Pigeon Facial Foam ini sama sekali nggak mengiritasi. Busanya tipikal yang light, wanginya khas bedak bayi. Efek setelah cuci muka kulit nggak terasa kering. Paling enak untuk morning cleanser karena terasa fresh.

Harga: Rp13.000/40g dan Rp23.000/100g.

Baca: Rekomendasi Skincare untuk Sobat UMR

Ada yang punya rekomendasi cleanser gentle lain yang juga affordable?

2 comments

  1. Kok bisa kebetulan gitu packagingnya punya tone yang sama, putih-biru gitu ahahaha. Aku belum pernah nyoba selain Biore. Sejauh ini cocok sih udahan sama Biore dan ada juga merk lokal lain kayak Wardah dan Emina yang aku suka juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, itu emang sengaja kupilih yang mirip2 warnanya. Biore itu underrated, padahal bagus. Wardah & Emina yang apa?

      Delete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss