MENCOBA AVOSKIN YSB CERAMIDE TONER BERSAMA RETINOL AMPOULE

4 comments

Masalah kulit saya nggak pernah jauh-jauh dari kerutan, smile lines, kadang muncul kemerahan, kadang terasa itchy, jerawat muncul once in a blue moon. Makanya skincare saya juga nggak jauh-jauh dari retinol dan soothing ingredients.

Baru-baru ini saya masukin dua produk Avoskin ke dalam skincare routine saya (thank to Beautiesquad yang udah ngirimin Retinol Ampoule dan Ceramide Toner). Keduanya saya pakai bersamaan dengan cara layering. Ini cerita saya setelah 2 minggu mengkombinasikan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule dengan Your Skin Bae Ceramide Toner.

Selama Pemakaian

Avoskin Your Skin Bae Ceramide toner saya pakai pagi dan malam, setiap hari. Biasanya 2 layer setiap aplikasi, sering juga 3 layer. Selain sebagai toner, kadang saya pakai si YSB Ceramide dengan metode CSM pakai kapas, buat ngompres kulit kalau lagi muncul gatal.

Sedangkan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule saya pakai hanya pada malam hari, 2-3 kali seminggu. Kenapa nggak setiap malam? Well, saya sudah pernah pakai produk ini sebelumnya, dan paling nyaman buat saya memang maksimal 3 kali seminggu.

Baca: Review Sebulan Pemakaian Avoskin Retinol Ampoule

Skincare routine saya begini:

AM: cleansereye care - Ceramide Toner – hydrating/soothing serum – sunscreen.

PM: double cleansereye care – Retinol Ampoule – Ceramide Toner – hydrating/calming serum - moisturizer.

Yes, kali ini saya aplikasikan retinol dulu baru toner. Ingat kan, penetrasi bahan aktif akan lebih mudah ketika kulit lembap? Nah, buat saya ternyata less irritating kalau actives diaplikasikan pada kulit yang masih kering. Untuk meredam efek drying atau iritatifnya, baru layer dengan hydrating toner. Tapi ini bebas ya, kamu bisa pakai dengan urutan manapun senyamannya kulitmu.

Pada minggu pertama saya coba layering retinol hanya dengan 3 layer Ceramide Toner (tanpa hydrating serum). Hasilnya, kulit pipi saya terasa kencang dan muncul kemerahan. Kemudian di pemakaian berikutnya saya nggak lagi skip hydrating/calming serum (kebetulan saya pakai serum Avoskin Your Skin Bae Panthenol).

Baca: Review Avoskin YSB Panthenol 5% + Mugwort + Cica Serum

Hasil penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule dan YSB Ceramide + Mugwort + Cica toner di kulit saya selama lebih dari 2 minggu seperti ini:

Yang paling terasa perbedaannya adalah tekstur kulit saya semakin membaik. Halus dan kenyal saat dipegang. Selain itu saya ngeh kulit terlihat sedikit lebih firm.

Detail Produk

Avoskin Your Skin Bae Ceramide LC S-20 1% + Mugwort + Cica

Ingredients: Aqua, Propylene Glycol, Glycerin, Centella Asiatica Extract, Phenoxyethanol, Butylene Glycol, Hydroxypropyl Bisstearamide MEA, Polyglutamic Acid, Chlorphenesin, Behenyl Alcohol, Dipropylene Glycol, Tetrasodium EDTA, Ascorbic Acid, Ceteareth-20, Cholesteryl Isostearate, Tricaprylin, Cetearyl Alcohol, 1,2 Hexanediol, Cholesterol, Squalane, Artemisia Princeps Leaf Extract, Stearic Acid, Dimethicone, Sodium Hydroxide.

Highlight abu-abu adalah komponen Ceramide LC S-20. Yes, Ceramide LC S-20 adalah nama bahan baku dari manufacturer. Disusun dari fatty acid, cholesterol, ceramide, dan skin-identical ingredients lain.

Ceramide sendiri merupakan lemak yang membentuk lapisan skin barrier. Tugasnya untuk menyatukan sel-sel kulit sehingga mampu mengunci kadar air dalam kulit sekaligus melindungi lapisan epidermis dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal. Semakin bertambahnya usia, ceramide di dalam kulit pun makin berkurang jumlahnya sehingga perlu ceramide ekstra dari produk skincare.

Apakah ceramide ekstra ini seketika mampu menggantikan ceramide alami yang ada di kulit? Nope. Natural ceramide di dalam kulit hanya bisa ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi nutrisi seimbang. Ceramide ekstra membantu melembapkan.

Selain itu sama seperti actives lain dalam skincare, penggunaan ceramide pun perlu konsistensi dan waktu yang cukup hingga hasilnya terlihat. Biasanya 3-6 bulan tergantung kondisi kulit juga.

Highlight kuning adalah mugwort dan cica extract yang menjadi star ingredients selain ceramide. Kedua ekstrak tanaman ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan soothing ingredient. Semacam wajib lah buat pemilik kulit sensitif/sensitized/acne-prone punya skincare dengan kandungan dua bahan ini.

Toner Avoskin Ceramide ini cair sekali, seperti air namun terasa rich. Warna sediaannya kecoklatan dan ada aroma mirip madu meskipun nggak ada fragrance di ingredient list.

Baca: Review Hydrating Toner Bioderma

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Penjelasan lengkap soal produk ini sudah ada di artikel sebelumnya (klik di sini). Jadi saya tulis singkat saja.

Retinol Ampoule dari Avoskin menggunakan 1% Actosome Retinol yang lebih mild dan lebih stabil daripada jenis retinol lain. Selain itu diperkaya dengan Hexapeptide yang menurut penelitian dapat meningkatkan skin tone dan membuat kulit lebih kencang dalam waktu satu bulan.

Baca: Review Airnderm Retinol Serum

Simpulan

Kombinasi ceramide dan retinol memang bagus untuk merawat kulit dengan aging-sign (ada penelitiannya, btw). Tentu digunakan dengan rutin menyesuaikan kondisi kulit masing-masing juga.

Ceramide toner dari lini Avoskin Your Skin Bae ini bekerja dengan baik sebagai skin calming setelah menggunakan actives (seperti retinol maupun acid). Bahan-bahannya yang versatile dan sediaannya yang cair bikin pemakaiannya boros. Selain sebagai toner, saya sering pakai ceramide toner untuk CSM juga.

Meskipun bagus untuk menenangkan kulit dan menghidrasi, tapi Avoskin YSB Ceramide toner ini nggak cukup untuk melembapkan kulit saya, terutama setelah pakai Retinol Ampoule. Perlu ditambah serum.

Jadi, apakah pemakaian Avoskin Miraculous Retinol Ampoule + YSB Ceramide LC S-20 1% + Mugwort + Cica Toner beneran memberi hasil signifikan untuk meminimalkan tanda penuaan pada kulit? Well, menurut saya layak dicoba.

[adv] 

4 comments

  1. kalau aku liatnya makin glowing yah kulitmu, Vir. Kayaknya aku perlu coba kombinasiin sama retinol juga nih..

    ReplyDelete
  2. Pantesan yaa tonernya udah tinggal sepertiga ternyata pakenya tiga layer XD. Suka deh hasilnya kulit kelihatan sehat banget

    ReplyDelete
  3. Aku kepo banget sih sama retinolnya yang ini.
    Soalnya sama si Avo yang cream ada retinolnya bagus banget di kulit aku

    ReplyDelete
  4. Kelihatan banget bedanya,makin glowing. Aku suka duo combo ini! :D

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss