PERTAMA KALI NYOBAIN INDOGANIC BRIGHTENING VITAMIN C SERUM

No comments


Percaya nggak percaya, ini kali pertama saya mencoba serum vitamin C yang judulnya memang Vitamin C Serum. Indoganic Brightening Vitamin C Serum ini unik, selain vitamin C dalam konsentrasi 10%, ada Glutathione dan Galactomyces juga sebagai kandungan utamanya. Ketiganya bekerja sama mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, menjaga kelembaban kulit, serta melindungi dari radikal bebas.

Baca: Review Lacoco Hydrating Divine Essence

Isi Produk

Ingredients: Galactomyces Ferment Filtrate, Ascorbic Acid, Glutathione, Benzyl Alcohol, Ethylhexylglycerin, Tocopherol, Hydroxyethylcellulose, Aqua, Butylene Glycol, Niacinamide, Gluconolactone.

Highlight kuning adalah hero ingredients; vitamin C dan glutathione.

Vitamin C dalam skincare sudah sejak lama menjadi standar untuk role antioksidan. Ascorbic acid a.k.a vitamin C dapat menjadi penambah proteksi saat digunakan bersama sunscreen. Jadi memang bagus digunakan pagi hari sebelum sunscreen. Selain itu vitamin C bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi kolagen. Sudah ada penelitian yang menyebutkan adanya progress signifikan berupa pengurangan tampilan keriput pada pemakaian vitamin C 5% selama 3 bulan. Buk-ibuk friendly kan ya, si vitamin C ini?

Vitamin C dalam produk perawatan kulit juga membantu menyamarkan noda kecoklatan dengan cara menghalangi enzim tyrosinase sehingga si enzim nggak bisa memproduksi melanin yang merupakan penghasil warna kecoklatan.

Meskipun tampak serba bisa, vitamin C dosis tinggi (lebih dari 10%) beresiko mengiritasi kulit terutama kulit sensitif. Jadi perlu cek ya kandungan vitamin C dalam skincaremu!

Glutathione juga merupakan antioksidan super. Glutathione adalah gabungan dari 3 amino acids yaitu cysteine, glutamic acid, dan glycine. Amino acids ini secara alami ada di dalam kulit namun kandungannya semakin berkurang seiring bertambahnya usia, seperti kolagen. Jadi perlu tambahan glutathione topikal.

Yes, si glutathione ini terkenal karena klaimnya yang mampu mencerahkan kulit. Secara teori memang betul. Glutathione bekerja dengan cara menghambat enzim tyrosinase memproduksi melanin serta mengubah produksi pigmen gelap menjadi pigmen terang.

Isi produk Indoganic Vitamin C Serum ini berupa cairan bening dengan warna semu gading yang nggak seberapa kental dengan aroma khas fermentasi. Baunya mungkin mengganggu bagi sebagian orang, tapi buat saya yang semua serumnya tanpa fragrance, aroma begini biasa aja.

Baca: Review Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum

Performa

Dari segi feel-nya, saya suka bagaimana Indoganic Brightening Vitamin C Serum ini sangat nyaman diaplikasikan dan langsung meresap begitu diratakan. Nggak ada rasa peliket atau licin yang membekas, namun kulit terasa lembap dan halus seketika.

Saya sudah menggunakan serum vitamin C pencerah dari Indoganic ini selama hampir 3 minggu saat artikel ini diterbitkan. Saya pakai serum vitamin C hanya pada pagi hari karena malamnya gantian AHA-BHA atau retinol.

Di awal-awal pemakaian, kulit saya sempat terasa gatal dan agak kemerahan. Kemungkinan karena ini kali pertama saya menggunakan Vitamin C 10%. Untuk meredakannya saya ambil jeda dua hari dalam seminggu tanpa vitamin C dan retinol serum. Untungnya berhasil. Kulit saya nggak gatal lagi.

Jadi, skincare routine pagi saya begini: toner – 1,5 drops Indoganic Brightening Vitamin C Serum - eye care – pelembap – sunscreen.

Belakangan ini saya pakai foundation/cushion lagi. Dengan kombinasi serum Indoganic ini makeup saya belum pernah pilling. Namun sayangnya nggak mencegah makeup cracked pas saya pakai matte foundation.

Soal menyamarkan noda kecoklatan, di kulit saya terlihat ada progres meskipun jika dilihat di kamera nggak signifikan. Yang terlihat justru pori-pori nampak mengecil dan kulit lebih plump.

Baca: Review The Bath Box Brassica Lightening Serum

Detail

Indoganic brightening vitamin c serum dikemas dalam botol amber dengan tutup pipet yang berfungsi dengan baik. Kemasan luarnya berupa paper box warna peach pucat. Berbagai keterangan dicetak jelas pada kemasannya; klaim, ingredient list, manufacturer, no BPOM, cara penggunaan, hingga cara penyimpanan (direkomendasikan disimpan di dalam kulkas dengan suhu 5-15° C).

Harga Rp209.000/15 ml tapi sering diskon di Shopee Mall Indoganic.

Si Indoganic ini sudah menggunakan cap vegan, clean ingredients, serta not tested on animal. Produk-produk Indoganic juga bebas dari synthetic fragrance dan artificial colorant. Jadi isinya hanya bahan-bahan yang memiliki benefit untuk kulit.

Ada yang sudah mencoba Indoganic Brightening Vitamin C Serum juga? Suka nggak? Share dong ceritamu!

No comments

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss