Senin, 19 September 2016

NAIK KERETA API

beli tiket kereta

Saya suka sekali naik kereta api waktu masih kecil. Perjalanan jauh naik kereta api itu menyenangkan, bebas mabuk darat, tidak bau mesin seperti naik bus, tidak bau AC seperti mobil, bahkan perjalanan yang jauh jadi terasa sebentar. Dulu setiap kali ke rumah nenek, saya selalu minta naik kereta. Pemandangan yang dilewati selalu membuat saya amazed. Sawah-sawah hijau, kendaraan mengantri di perlintasan kereta, juga sungai yang ketika kereta tumpangan saya melewati jembatan di atasnya rasanya seperti keretanya melayang. Dan sensasi dikelilingi kegelapan saat kereta api yang saya tumpangi melewati gua, tidak bisa dideskripsikan.

Segala keseruan naik kereta itu precious. Sayang sekali seringkali rencana bepergian naik kereta api terpaksa batal karena kehabisan tiket, atau harga yang kelewat mahal akibat beli tiket kereta melalui calo.

Pernah dengar berita calon penumpang mengantre tiket kereta di loket stasiun sejak subuh ? Berita calon penumpang terpaksa menginap di stasiun demi kebagian tiket menjelang arus mudik ? Atau penumpang-penumpang berdesakan di atap kereta karena tidak punya tiket ?

Kalau itu sih so yesterday. Sekarang membeli tiket kereta api bisa di mana-mana. Bisa melalui aplikasi online atau agen tiket. Bahkan bisa juga beli tiket kereta di minimarket dekat rumah. Cukup datang ke kasir minimarket, menyebutkan stasiun tujuan dan data diri penumpang, langsung bayar, langsung mendapat struk pembayaran untuk ditukar dengan tiket di stasiun. Mudah sekali. Tidak perlu memesan online di website atau transfer-transfer uang.


Tentu saja tidak semua minimarket memiliki layanan pembelian tiket kereta api. Nah, kalau minimarket langganan saya punya. Jadi ketika berencana travelling naik kereta, saya hanya perlu mendatangi kasir minimarket langganan saya untuk membeli tiket. Minimarket langganan saya itu Alfamart.

beli tiket kereta api di alfamart

Jadi, Alfamart bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mempermudah konsumen dalam melakukan Pembelian Tiket dan Pembayaran Pemesanan Tiket Kereta Api di Gerai Alfamart. Pembelian Tiket dan Pembayaran Pemesanan Tiket berlaku untuk seluruh jurusan Kereta Api yang tersedia.

Seperti yang saya bilang tadi, cara bertransaksi di Alfamart sangat mudah. Untuk pembelian tiket, langkah-langkahnya sebagai berikut.
ü  Sebutkan Stasiun Awal & Stasiun Tujuan yang dihendaki, berikut dengan Data Penumpang (Nama Lengkap, No. Telepon, Tanggal Lahir, dan No. Identitas).
ü  Pembayaran dapat dilakukan dengan Uang Tunai maupun Non Tunai (Debit BCA, Debit BRI, Flazz BCA, BRIZZI, E-Money Bank Mandiri).
ü  Biaya administrasi diberlakukan sesuai dengan kebijakan PT Kereta Api Indonesia.
ü  Transaksi yang telah dilakukan tidak dapat dibatalkan.        
ü  Struk pembayaran bukan tiket, tukarkan menjadi tiket di Stasiun keberangkatan.

Untuk pembayaran kode booking, bisa dilakukan sesuai urutan berikut.
ü  Sebutkan Kode Pembayaran (pemesanan melalui Call Center KAI 121) yang tertera pada pemesanan tiket kepada Kasir Alfamart.
ü  Pembayaran dapat dilakukan dengan Uang Tunai maupun Non Tunai (Debit BCA, Debit BRI, Flazz BCA, BRIZZI, E-Money Bank Mandiri).
ü  Biaya administrasi diberlakukan sesuai dengan kebijakan PT Kereta Api Indonesia.
ü  Transaksi yang telah dilakukan tidak dapat dibatalkan.        
ü  Struk pembayaran bukan tiket, tukarkan menjadi tiket di Stasiun keberangkatan.

Bagaimana ? Mudah sekali ‘kan ? Kemudahan bertransaksi, kecepatan layanan dan  pembelian tiket  sampai malam hari, memberikan keleluasaan waktu bagi konsumen untuk bertransaksi di seluruh outlet Alfamart seluruh Indonesia menjadi keuntungan tersendiri bagi calon penumpang kereta api.

(adv)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall