Sunday, November 6, 2016

MENCICIP 3 LIP CREAM KAKAK-BERADIK

lip cream lokal terbaik

Dunia kecantikan di Indonesia perkembangannya sungguh mengagumkan ya, belakangan ini ? Brand lokal semakin kelihatan taringnya, semakin awas terhadap beauty trends. Ya meskipun masih kelihatan sikap latahnya dalam mengikuti tren. Akhir-akhir ini kan hampir semua merek lokal mengeluarkan produk lip cream. Tentu saja seleksi alam tetap berlangsung. Akan ada merek lip cream yang bertahan, ada juga yang harus menyerah.


lip cream lokal terbaru

Bicara soal lip cream, baru-baru ini saya mencicipi tiga lip cream dari tiga merek bersaudara. Kalau saya bilang, lip cream kakak beradik. Simply karena tiga merek tersebut berasal dari parent brand yang sama. Satu pabrik, singkatnya. Tiga merek yang saya maksud adalah Make Over, Wardah, dan Emina. Wardah sih sudah lebih dulu merilis produk lip cream. Namun waktu itu saya belum tertarik. Baru kemudian setelah dua sister brandnya merilis produk serupa, saya tertarik untuk mencoba. Mencoba ketiga merek tersebut, tentu saja.

Oiya, selain kakak beradik dari PTI ini, ada merek kakak-beradik lokal lain yang juga memiliki produk sejenis. LT Pro dan La  Tulipe, maksud saya. Setahu saya La Tulipe juga baru meluncurkan produk lip cream. Saya jadi tertarik untuk mengulasnya juga, by the way. Mungkin nanti.

Sekarang, mari fokus pada tiga lip cream kakak beradik  ini ! Ketiganya diklaim memiliki velvety matte dan long lasting. Apa saja persamaan dan perbedaan ketiga lip cream ini ? Simak ulasan saya berikut.


lip cream make over, wardah, dan emina

Nama & Harga

Make Over Intense Matte Lip Cream 004 Vanity (Rp. 95.000,-/6,5 g)
Wardah Exclusive Matte Lip Cream 10 Berry Pretty (Rp. 59.000,-/4 g)
Emina Creammate Lip Cream 01 Chocolava (Rp. 45.000,-/5,5 g)
Which means, lip cream Wardah paling mahal, yaitu Rp.14.750,- per gramnya.


lip cream lokal terbaik

Klaim

Make Over : soft, smooth, and velvety feel, long lasting, lightweight spreading.
Wardah : Velvet matte with colour binding pigments & enriched vitamin E soft matte intense luxurious finish.
Emina : an amazing and irresistible lip cream with comfortable matte finish that will make you clingy ! Vitamin E makes its soft but still velvety.

Packaging & Visual


lip cream lokal yang sedang trend

Make Over : Chic ! Boxnya hitam, senada dengan produk Make Over lain. Kesannya clean dan tampil beda berkat jendela yang berfungsi sebagai teaser warna produk di setengah bagian karton. Botolnya balok transparan setinggi 8,5 cm dengan tutup hitam.

Wardah : Mature ! Boks kartonnya berwarna perak dengan desain yang jujur saja, terkesan tua. Kurang eyecatching. Bukan tipe kemasan yang akan menarik perhatian di etalase produk make up. Botolnya silinder transparan setinggi 11,5 cm dengan aksen membulat di bagian bawah. Lebih cantik dan kekinian dibandingkan desain boxnya.

Emina : Attractive ! Desain boxnya sangat menarik perhatian, sebagaimana ciri khas Emina. Tiap shade lip cream dikemas dalam box berdesain berbeda, sesuai warna produknya. Botol lip creamnya silinder, sama tinggi dengan lip cream Make Over. Jika secara visual kotak lip cream emina sangat eyecatching, tabung botolnya malah kurang menarik. Botol plastik bening dengan cap merek warna putih dengan tutup warna hitam. Terkesan murah, kalau menurut saya.

Ingredients


swatch lip cream matte lokal terbaik

Make Over : Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Isododecane, Trisiloxane, Diisostearyl Malate, Synthetic Beeswax, Alumunium Starch Octenylsuccinate, Disteardimonium Hectorite, Caprylyl Methicone, Propylene Carbonate, Cetyl Dimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Silica Dimethyl Silylate, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Fragrance, Alumunium Hydroxide, Triethoxycaprylysilane, Talc. May contain : CI 77891, CI 15850:1, CI 15850:2, CI 42090, CI 15850, CI 77492, CI 77491, CI 77499, CI 45410:2

Wardah : Isododecane, Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Trisiloxane, Diisostearyl Malate, Disteardimonium Hectorite, Synthetic Beeswax, Alumunium Starch Octenylsuccinate, Caprylyl Methicone, Propylene Carbonate, Silica Dimethyl Silytate, Tocopheryl Acetate, Cetyl Dimethicone, Propylparaben, Fragrance, Alumunium Hydroxide, Triethoxycaprylysilane, Talc. May Contain : CI 45410:2, CI 15850:1, CI 42090, CI 77891, CI 15850:2, CI 77491, CI 77491, CI 77499

Emina : Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trisiloxane, Diisostearyl Malate, Caprylyl Methicone, Trimethylsiloxysilicate, Synthetic Beeswax, Disteardimonium Hectorite, Alumunium Starch, Octenylsuccinate, Propylene Carbonate, Silica Dimethyl Silylate, Cetyl Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Fragrance, Talc, Alumunium Hydroxide, Triethoxycaprylysilane. May Contain : CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 77891, CI 15850:2, CI 15850:1, CI 42090

Tekstur, Aroma, & Aplikator

Menurut saya tidak ada perbedaan yang signifikan pada tekstur dan aroma ketiga lip cream lokal ini. Ketiganya creamy kental dengan aroma kimiawi. Baunya tidak sampai mengganggu sih, dan ada jejak wangi vanilla pada ketiga lip cream ini.


review make over intense matte lip cream vanity

Make Over : seperti yang saya bilang sebelumnya, teksturnya creamy. Ada wangi vanilla manis yang cukup samar pada lip cream ini, namun tidak mampu menutupi aroma chemicalnya. Aplikatornya berserabut dengan ujung berbentuk diagonal, tangkainya cukup pendek sehingga sangat ergonomis. Ukuran dan model aplikator lip cream Make Over inilah yang saya rasa paling tepat untuk mengaplikasikan produk pada permukaan bibir, termasuk pada bagian-bagian ujung yang membutuhkan detail.


review wardah exclusive matte lip cream berry pretty

Wardah : tekstur lip cream Wardah ini tidak berbeda dengan Make Over. Wangi vanilla yang tercium lebih kuat dan lebih manis, namun bau kimianya juga terasa lebih kuat. Aplikator milik Wardah berserabut tipis, lebih panjang, berbentuk miring sepenuhnya, dengan tangkai jauh lebih panjang daripada milik Make Over. Kurang ergonomis, kurang nyaman dipegang sehingga mempengaruhi cara saya mengaplikasikan produk.


review emina creamatte chocolava

Emina : saya tidak menemukan masalah pada tekstur lip cream Emina juga, sama seperti kedua kakaknya. Namun bau kimianya tercium paling tajam. Aplikatornya sama seperti milik Make Over, berserabut, berujung diagonal, dan bertangkai pendek.

Saat Dipakai

Mengingat tekstur creamy yang sangat identik, saya merasakan sensasi yang tidak jauh berbeda ketika memakai tiga lip cream ini.


make over intense matte lip cream 004 vanity

Make Over : dengan satu kali celup menggunakan aplikator bawaan, saya dapat mengaplikasikan lip cream ke seluruh permukaan bibir hingga ke sudut-sudut bibir dengan hasil cukup rapi. Pigmentasinya bagus dan dapat menutup bibir yang kehitaman ataupun noda-noda pada bibir. Warna yang saya pilih berkode nomor 004 Vanity, ini merupakan warna nude-mauve-brown-gelap. Cantik sekali. Kalau di foto kelihatan seperti warna MLBB, namun di bawah paparan sinar matahari warnanya lebih terlihat. Jika saya perhatikan ada sedikit tone warna burgundy.
Memerlukan waktu sekitar satu menit hingga produk kering dan set di bibir, Make Over Intense Matte Lip Cream memiliki hasil akhir sangat matte. Saya tidak menemukan rasa tebal pada bibir, dan lip cream tidak berubah menjadi powdery. Ada rasa tercengkeram sekilas pada bagian cupid bow, namun mudah sekali diabaikan. Jika bibir sangat kering, akan tercipta semacam retakan mengikuti garis-garis bibir yang cukup terlihat.


wardah exclusive matte lip cream 10 berry pretty

Wardah : selain menggunakan aplikator bawaan, saya dibantu juga oleh kuas lipstik untuk mengaplikasikan wardah exclusive matte lip cream terutama untuk membentuk bingkai bibir. Pigmentasinya bagus. Cukup sekali celup sudah rata mengcover seluruh bibir. Warna yang saya pilih berkode Berry Pretty. Di botol warnanya terlihat pink muda, di foto juga terlihat dusty pink. Namun jika dilihat langsung warna pinknya lebih terang.
Ketika dioles di bibir, saya merasa lip cream bersertifikasi halal ini sedikit lebih creamy. Perlu waktu lebih lama untuk mengering dan finishnya tidak dead matte. Masih ada rasa creamy di bibir meskipun produk sudah set.


emina creamatte lip cream 01 chocolava

Emina : konsistensinya terasa lebih light dibanding kedua kakaknya. Pigmentasinya cukup bagus, namun kurang dapat menutup rona kehitaman pada bibir. Emina creammatte milik saya bernama Chocolava. Saya kira warnanya cokelat hangat, seperti yang terlihat pada botol. Namun di bibir saya justru warnanya unik. Cokelat gelap agak abu-abu, saya belum pernah punya pewarna bibir warna begini.
Yang saya suka, lip cream baru satu ini cenderung cepat kering. Setelah kering pun bibir tetap terasa lembab dan retakan bibir tidak terlihat sangat jelas. Namun bagian cupid bow terasa tercengkeram.

Ketahanan

Make Over : waterproof, transferproof, smudgeproof. Saya memakainya sejak jam tujuh pagi hingga jam 12 siang hanya luntur sedikit di bagian tengah. Saya pakai minum es tidak transfer ke gelas. Saya cium punggung tangan dengan banyak tekanan, tidak ada bekasnya. Saya makan nasi dan udang goreng juga lipstik saya masih on. Baru kemudian saya makan pecel lalu minum air, lipstik saya transfer ke gelas.

Wardah : waterproof, sweatproof. Saya mencoba lip cream halal ini sejak jam 8 pagi sampai jam 12 siang, saya bawa panas-panasan di bawah paparan matahari lalu saya pakai minum es. Lipstik saya belum berubah. Namun ketika saya mencium punggung tangan dengan tekanan, lipstik saya transfer. Lalu saya makan es krim, lipstik bagian tengah bibir sudah hilang sama sekali.

Emina : waterproof, smudgeproof. Saya beneran mengetes lip cream ini dengan menggosok bibir saya sedikit, warnanya tidak luntur. Saya minum es, tidak transfer sama sekali. Namun jika diajak makan makanan berminyak akan langsung pudar. Jika puasa, lip cream ini sanggup bertahan hingga enam jam.

Which One I Love Better ?

Wardah ! Sejujurnya sulit memilih mana yang paling saya suka di antara ketiga lip cream kakak beradik ini. Banyak sekali persamaan yang saya temukan di antar atiga lip cream lokal ini. Jika diperhatikan, daftar ingredientsnya pun sama, hanya berbeda urutan. Tekstur, konsistensi, aroma, bahkan impression yang saya dapat pun sangat mirip. Namun ketiganya memiliki kelebihan masing-masing, dan memang menyasar segmen berbeda.

Lip cream Emina, dari segi harga paling terjangkau, secara visual packagingnya paling stand out, namun dari segi coverage dan pigmentasi paling kurang dibanding kedua kakaknya.

Milik Make Over, menurut saya memiliki desain kemasan paling terkonsep. Baik box maupun botol suasananya sama. Sangat menarik. Dari segi performa pun  tidak sesuai ekspektasi saya. Sementara dari segi harga sebenarnya berada di tengah-tengah (jika dihitung per gramnya) namun karena isi produk lebih banyak, harga belinya menjadi yang paling mahal. Menurut saya kurang efisien, karena biasanya perempuan lebih suka mempunyai banyak warna lipstik meskipun isinya sedikit dibanding punya sedikit warna lipstik meskipun isinya banyak. Atau hanya saya ?

Sementara Wardah, desain boxnya terkesan oldies namun botolnya terlihat cantik. Performanya tidak mengecewakan, bahkan menurut saya lebih bagus dibandingkan harga belinya yang cukup terjangkau. Selain itu pilihan warnanya paling banyak dibanding kedua saudaranya. Nilai plus lain bagi wardah : sertifikasi halal.

FOTD menggunakan lip cream lokal yang bagus
Make Over Vanity - Emina Chocolava - Wardah Berry Pretty
Bagus mana ?

Sudah mencoba ketiga lip cream bersaudara ini ? Share pengalamanmu di kolom komentar ya! ^_^

25 comments

  1. Aku punya wardah sama make over.. Menurutku enak make over.. Gampang dipakai dan lebih moist. :D

    rahmaediary.com

    ReplyDelete
  2. Mbak virly... aku lg mupeng emina creammate tp masih ragu soalnya ud pernah nyobain wardah & drying banget di bibirku :( bibir kering emg susah jodoh sama lip cream. Anyway warnanya yg makeover cakep yaaa, bagus warnanya di mb virly & matching sm jilbabnya :))

    sugarsweetcookies.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bibirku jg aslinya kering banget kok.
      Iya ya sama warna jilbabku πŸ˜„

      Delete
  3. yang wardah emang lg booming banget kayaknya. cuma beberapa bilang bikin bibir kering. tp dari segi lain seperti halal, harga, dan warna emang layak dicoba sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya wardah cakep2 bikin mupeng πŸ˜…

      Delete
  4. Pakai punya Make Over bikin bibir kering gak?

    ReplyDelete
  5. Ini tiga2nya lagi jadi primadona ya. Emina cakeup banget ih warnanya Mbak ala ala Kylie lipkit yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Primadona banget!
      Masak iya ala ala Kyle? Aku belum pernah nyoba,harganya ampun πŸ˜…

      Delete
  6. belum pernah nyoba lip cream baru lipstick matte aja nih..

    ReplyDelete
  7. aku malah kurang suka sama wardah karena nge-crack banget dan kurang suka sama aplikatornya, lagi pengen nyobain make over sama emina deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya wardah emang aplikatornya kepanjangan ya :)

      Delete
  8. Gw suka banget review ini, very thorough! Jelas, singkat dan padat. Your look is also amazing! Btw kemaren gw hampir beli Wardah tapi ketakutan kirain harganya 100rb++ ternyata dibawah itu ya. Coba baca review kamu duluan. Gw rasa walaupun diproduksi 1 pabrik ingredientsnya memiliki komposisi berbeda-beda makanya feel pemakaian/hasil juga berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, makasih dibilang amazing :)
      aku review lipcream wardahnya telat banget sih ya?

      Delete
    2. engga mbak, cmn baru nemu blog kamu aja.

      Delete
  9. Uda nyoba wardah, memang bagus kak tapi ngesetnya lama banget hmmm

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ngesetnya paling lama dibanding yang 2

      Delete
  10. Asik banget ada yang bikin perbandingan akan ketigak kakak adik ini. Jujur aku bahkan belum mencoba ketiga produk itu karena bingung mau pilih shade yang mana. Cantik semuaaa XD Tapi setelah baca ini aku bakal coba make over dulu lah. :3

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Iya ya, kalau lihat yang Choco Lava tuh kelihatannya cokelat hangat tapi pas dibibir jatuhnya unik! BTW aku malah belum nyoba yang Makeover :)

    ReplyDelete
  12. kalo dari foto close up bibirnya, bagus yang make over, mbak.

    tapi kalo dari foto keseluruhan wajah, iya, cakep yang wardah.

    ReplyDelete
  13. Aku pakai yang Wardah juga nih mba :)
    Warnanya 'aku banget'

    ReplyDelete
  14. Nice review!(^_^)
    Klo saya lebih suka make over. Tekstur n pigmentasinya itu setara dg lipcream yg lebih mahal ratusan ribu. Kualitas n hasilnya si make over ini saya suka.

    Pidiybello.wordpress.com

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall