Friday, December 9, 2016

LEGEND OF THE BLUE SEA, LEE MIN HO DAN CERITA KLISE

drama legend of the blue sea
gambar pinjam wikipedia

Who can resist Lee Min Ho, ya kan? Sejak muncul di Boys Before Flower, dia selalu berhasil membuat hati meleleh. Gantengnya minta dijitak banget nggak sih? Terutama di drama Faith. Memakai seragam prajurit Goryeo, karakter cool, naik kuda, he's my favorite. He’ll always gonna be.


Beberapa hari terakhir saya menonton Legend Of The Blue Sea. Ketika menonton trailernya, saya langsung berasumsi : ceritanya biasa, karakternya standar, tipikal com-rom Korea yang karakter perempuannya cuek-ceroboh-naif-tulus-tidak bisa dandan yang jatuh cinta pada karakter pria ganteng-kaya-cool-bad boy tapi baik. Tidak terhitung lagi berapa jumlah drama Korea dengan karakter serupa. Hanya beda setting dan beda bintang saja. Kalau aktornya bukan Lee Min Ho, saya tidak akan bersedia menghabiskan bergigagiga kuota internet saya untuk menontonnya. Kalau bukan karena Lee Min Ho aktornya, saya lebih memilih menunggu drama ini diputar di televisi. Paling-paling tahun depan sudah diputar di tivi nasional. Tapi ini Lee Min Ho. Lee Min Ho. Lee Min Ho!

lee min ho
foto pinjam dari facebook page Lee Minho

Oke, saya jadi agak lebay. Tapi di sini Lee Min Ho paket lengkap. Dia pandai bertarung dan berwibawa saat menjadi walikota di era Joseon, hampir seperti perannya sebagai Choi Young di drama Faith, tapi lebih rapi. Kemudian dia menjadi Heo Joon Jae yang pecicilan-tapi baik-dan punya masa lalu pahit, hampir seperti perannya sebagai Lee Young Sung di City Hunter. Dia jauh lebih keren di sini daripada di The Heirs. Jinjja! Sebebarnya agak memaksakan juga Lee Min Ho yg sudah hampir 30 menjadi anak SMA.

Selain faktor Lee Min Ho yang paket lengkap, Jun Ji Hyun juga bermain bagus. Dia cakep aja gitu jadi orang lugu polos nggak tau apa-apa dengan rambut berantakan dan pake celana training jelek. Awalnya saya merasa kurang sreg dengan suaranya yang kedengaran berat dan dewasa, bukan semacam suara Han Hyo Jo atau Go Hye Sun yang ringan dan ekspresif. Tapi lama-lama saya terbiasa juga. Best scene : di perempatan niru pose gambar orang di lampu merah.

Seperti saya bilang tadi, cerita The Legend Of The Blue Sea ini klise sekali. Karakter si perempuan dan si laki-laki banyak mirip dengan drama-drama lain. Yang paling mirip adalah drama My Girlfriend Is Gumiho. Tingkah Shim Chong Yi yang baru memasuki dunia manusia modern agak-agak serupa dengan tingkah si gumiho. Kemudian si perempuan non-manusia ini jatuh cinta pada laki-laki manusia dan menempel terus pada si manusia. Tentu saja si laki-laki manusia ini gerah ditempel terus. Namun ketika sekali waktu si bukan manusia ini pergi, si laki-laki manusia merasa kehilangan. Dan ketika si perempuan bukan manusia ini sedang bersedih atau tidak berdaya, si laki-laki merasa perlu melindungi. Ah ya, jangan lupakan fakta kalau si laki-laki manusia adalah anak orang kaya yang sedang pergi dari rumah keluarganya. Klise sekali kan?

Lagipula kalau diingat-ingat lagi, bukan baru kali ini Lee Min Ho berlakon sebagai pewaris perusahaan yang tidak diakui. Mirip di The Heirs ya? Kalau dipikir-pikir, Lee Min Ho memang selalu menjadi orang kaya. Tidak pantas juga kalau Lee Min Ho jadi orang miskin.

Ingat tidak scene ketika Shim Chong Yi menonton drama televisi di runah sakit? Di situ dia menonton dan mengobrol bersama seorang ahjumma yang ngerti banget drama. Ahjumma itu bilang : kalau peran utama berpisah dengan ayahnya, pasti ayahnya CEO perusahaan. Saya tertawa mendengar pernyataan itu. Sungguh khas drama, ya?

review drama korea the legend of the blue sea
gambar pinjam viki.com

Saya menebak, nanti akan ada scene Heo Joon Jae bercerita pada Shim Chong Yi tentang keluarganya, ayahnya, juga ibunya. Tebakan saya scene itu nanti berlatar belakang malam-hujan atau malam-sungai-kembang api. Tebakan saya lagi, Shim Chong Yi akan menanggapi, "ayahmu seorang CEO perusahaan", lalu Heo Joon Jae akan brrtanya "darimana kau tahu?", lalu Shim Chong Yi akan menjawab "ahjumma di rumah sakit bilang begitu". Lalu back song melodrama akan berganti menjadi back song ceria karena adegan drama bergeser menjadi komedi romantis. Mungkin Joon Jae akan memarahi Shim Chong dengan gaya khas Lee Min Ho yg selalu mempesona. Semacam itu lah.

Saya sok tahu sekali, ya? Ya sudahlah, mari kita nantikan saja episode berikutnya. Karena meskipun kisahnya klise, tapi pemain dan kru drama sudah menampilkan Legend Of Blue Sea ini dengan sangat bagus. Ya meskipun masih ada beberapa hal yang mengganjal di drama ini. Seperti, kalau ekor putri duyung berubah menjadi kaki ketika di daratan, kenapa Se Hwa masih berbentuk putri duyung ketika pertama kali terdampar? Kalau putri duyung punya kekuatan fisik yg cukup besar untuk menerbangkan manusia dewasa, kenapa Se Hwa tidak bisa menggeser bebatuan yg menghimpitnya, atau menghadapi orang-orang yg menyanderanya? Lalu, apakah pakaian putri duyung akan menghilang kemudian muncul dengan sendirinya ketika putri duyung masuk dan keluar dari air?


Yang mengikuti drama ini, yuk saling bertukar pendapat di sini ^_^

11 comments

  1. hahahah pertanyaan yang sama itu bagian ini mom.
    "apakah pakaian putri duyung akan menghilang kemudian muncul dengan sendirinya ketika putri duyung masuk dan keluar dari air?"

    soalnya di episode waktu jun ji hyun nyebur ke laut sama lee min ho dia langsung berubah jadi ekor otomatis. pakaiannya udah ngilang. nah tapi di episode 7 waku jun ji hyun renang di kolam renang dia kan copot baju. nah aku jadi kepikiran lagi episode awal yang nyebur ke laut itu kapan nyopotnya? hahaha

    kalau yang "kenapa Se Hwa masih berbentuk putri duyung ketika pertama kali terdampar? " itu awalny aku gak ngeh kalau di goa itu udah gak ada air tapi masih jadi duyung (karena masih awal episode jd berlalu gitu aja pemikiranku. wkwk), tapi kalau waktu di kurung di kolam buat tontonan itu ekornya kena air di kolamnya

    wah kirain aku aja yg awalnya ga suka sama suara jun ji hyun . berat berat gimana gitu ya mom. hahaha, tapi aku pernah liat dia di my love from the star jd udah biasa dengernya XD awalnya juga gak suka sama suaranya, tapi lama-lama udah biasa XD

    sebenernya drama ini tuh alur ceritanya biasa. tapi karena cast nya Lee Min Ho sama Jun Ji Hyun yang baru comeback sejak lamanya hiatus, makanya netizen excited. wkwkkw.. sama kayak DOTS kemarin, disana ceritanya biasa berhubung cast yang song jong ki sama song hye kyo jadi rame. wkwkw itu menurutku sih mom :D

    ReplyDelete
  2. Waaa... Kangen lee min hoo..
    Dulu sering pantengin wifi di kantor misua.. Nonton Lee Min Hoo sepuasnya.. Sekarang mutasi di Jakarta.. Mau nekat ke kantor?. Maceet euuyy..

    ReplyDelete
  3. Hemmm... Picisan ya..

    Hihihi.. Kalo drama aku jarang bnget mau ngikutin..mending nyari film aja..

    Kalo drama kesannya bertele2 gitu sih..

    Btw..ceweknya gak cantik2 amat..jadi males nonton...masak mw lihat cowok gantenh alasannya..hahah kwkw

    ReplyDelete
  4. Ini ceritanya kocaaak parah, Mbak. Saya doyan banget sama ini drama. Best scene versi sy waktu dia malak anak SD. Hahaha... Itu lucuuuuu.. Masih suka sy ulang2 bagian itu. Btw saya jadi kepo ke IG Kdrama Fashion. Itu ya, Jun Ji Hyun nemu pakaian di tong sampah tapi harga2 pakaiannya ga nyantai banget. Jun Ji Hyun gitu loh.. :D
    Tentang pakaian putri Duyung, sepertinya dari kain brokat kece ya, Mbak. CMIIW

    ReplyDelete
  5. Yes!! Same! kalo bukan karena lee min ho, ga mungkin nonton juga drama ini..

    ReplyDelete
  6. "Kenapa dia nggak berubah jadi manusia dan kenapa dia nggak bisa menggeser bebatuan." Aku baru sadar tentang kejanggalan ini lho. Padahal selalu mengikuti dramanya sejak awal perilisan hehe. Tapi, berhubung aku nggak sebegitu ngefansnya sama Lee Min-ho (he's indeed ganteng nggak ketulungan!), jadi menilai drama ini bener2 dari ceritanya sih. Sayang sekali ya nggak seasyik My Love from the Stars.

    ReplyDelete
  7. Blom nonton krn lg suka goblin hehehe

    ReplyDelete
  8. Lee Min Ho yang tak lekang oleh waktu tetep kesukaan emak2 hahaha
    au bm sempet nonton yg ini, ntr coba ah liat2 TFS

    ReplyDelete
  9. Haii kak virly ternyata kamu suka drama korea juga.. aku juga sukaaa banget. Tapi nggak semua drama aku tonton sih. Nah dari post ini aku bahkan baru tau kalau si abang lee min ho prnah main drama faith *aku belum nonton*
    *padahal aku ngepens banget sama doi*
    wkwk

    Huaa aku gak kepikiran loh..
    soal kenapa Se Hwa masih berbentuk putri duyung ketika pertama kali terdampar?
    Soal se Hwa yang gak bisa angkat batu.
    Eh tapi mungkin karena dia abis kena badai ?
    Hahhaa jadi lemah gitu kali

    Hmm.. iya memang cerita drama korea rata rata klise. Tapi seenggaknya editingnya bagus lah. Putri duyungnya kayak real. bukan kayak yang little mermaid di RCTI hua ha :D

    Dan pasti di awal awal pada saling gak suka.. di tengah tengah saling suka.. endingnya tak terpisahkan. Cuma ya belum tentu happy ending sih.
    Udah ep 12 aja nih.
    Makin penasaran..
    Bakalan mati apa gmn ya Sim cheong ? :D

    ReplyDelete
  10. aku sudah lama hiatus nonton kdrama, tapi masih kepoin kayak gini nih postingan2 nyaaaa... duh jadi kangeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall