Thursday, February 28, 2019

MAKEUP TANPA FOUNDATION FEATURING ALTHEA X BCL EYESHADOW


Flawless complexion enggak bisa didapat tanpa well-applied full coverage foundation kecuali kalian punya kulit mulus tanpa noda nan glowing dari sananya. Tapi saya lagi enggak pengen ngobrolin soal flawless complexion kali ini. Belakangan saya justru lagi males pakai foundation buat sehari-hari. Toh complexion tanpa noda bukan segalanya.


Sebulanan terakhir saya seringnya pakai concealer aja di bawah mata dan area pipi. Niatnya biar minimalis-effortlesss gitu. Tapi makeup mata dan bibir tetep enggak boleh minimalis.
Berhubung beberapa waktu lalu Althea mengirimi saya satu set makeup dari lini #AltheaMakeup mereka, saya bikin makeup look yang hasil akhirnya begini:


Products I Use


Mendapatkan hasil makeup seperti di atas, saya enggak memakai semua yang dikirim Althea sekaligus. Saya pakai yang emang perlu aja. Produk-produknya saya list aja ya. Yang paling spesial, ada palet eyeshadow hasil kolaborasinya Althea dengan aktris Indonesia, BCL.

Althea Flawless Creamy Concealer in Vanilla, Ginger, Honey, dan Mocha.
Althea Petal Velvet Powder in Translucent dan Pink Lavender.
BCL X Althea Eye Palette Sunrise & Moonrise.
Althea Spotlight Eye Glitter in Pink Light.
Althea Watercolor Cream Tint in Marron Cream dan Peach Cream.

Complexion


Langkah pertama, saya aplikasikan concealer shade Mocha di bawah mata. Shade Mocha ini fungsinya menutupi dark circle dan menyamarkan kesan mata lelah akibat begadang. Saya juga aplikasikan concealer shade Vanilla di dahi, ujung hidung, dan dagu. Shade Vanilla ini fungsinya mirip iluminator, bikin area-area tertentu di wajah kelihatan sedikit lebih menonjol.

Tentu saja concealer-concealer tadi harus langsung diblend. FYI, saya sudah pernah bilang di Instagram saya juga, concealernya Althea cepet ngeset. Makin lama dianggurin di muka, makin susah ngeblendnya.

Langkah kedua, saya aplikasikan concealer shade Honey di pipi dan shade Ginger di sekitar alis. Di area pipi kanan dan kiri saya banyak flek kecoklatan bekas jerawat. Althea Flawless Creamy Concealer ini cukup oke menyamarkan noda-noda tersebut.

Sementara untuk menutup rambut alis yang berantakan, concealer Althea shade Ginger yang saya pakai enggak cukup meng-cover. Rambut-rambut alis saya masih kelihatan, tapi seenggaknya kalau dilihat dari jauh mendingan lah. Dan kalau di foto enggak perlu pakai tools healing atau clone stamp.


Setelah saya pastikan semua concealer ter-blend dengan sempurna (saya ngeblend pakai cushion puff, btw, biar praktis aja tinggal tap-tap), baru saya set semuka pakai powdernnya Althea. Untuk di area bawah mata, saya pakai shade Translucent. Sedangkan shade Pink Lavender saya pakai untuk semuka, tapi aplikasinya saya pakai powder brush.


IRL, saya pakai blush di step akhir setelah eyeshadow. Kelupaan soalnya. Hahaha. Seharusnya sih di langkah kelima ini. Saya pakai Althea Watercolor Cream Tint shade Marron Cream sebagai blusher. Karena enggak expect bakal sepigmented ini, saya totolin 3 titik di pipi. Padahal satu totol aja udah cukup banget buat sepipi. Walhasil, saya ngeblend-nya effort banget.

Ngomong-ngomong, ini saya rada bego juga pakai lip tint buat blusher tapi malah saya apply sehabis bedak. Seharusnya sebelum bedak. Untungnya, ini concealer-concealer enggak geser.

Eye Makeup


Ini bagian yang paling exciting. Soalnya pakai palet eyeshadow barunya Althea yang kolaborasi bareng BCL. Kayanya saya pengen bikin full review palet ini deh.



Di sini saya enggak pakai eyeshadow base apapun. Langsung aja saya pulas warna red wine di seluruh kelopak mata. Lalu blend tepi-tepinya menggunakan warna coklat muda matte. Kemudian saya baurkan warna metallic rose gold, pakai jari saja.


Di waterline, saya pulas juga warna red wine, tapi enggak sampai tearduct. Area tearduct nanti saya bubuhkan warna gading shimmery yang sekaligus sebagai highlighter.

Di tengah kelopak mata, saya beri Althea Spotlight Eye Glitter warna Pink Light. Lalu saya ratain aja pakai jari ke seluruh eyelid. Gliternya ke mana-mana sih, nyampur gitu.


Kemudian saya pakai eyeliner hitam untuk membuat mata terlihat lebih tegas. Eyelinernya bisa eyeliner hitam cair (atau pen) apapun. Jangan lupa membentuk alis juga. Enggak perlu alis yang on fleek banget. Cukup enggak berantakan banget aja.

Lips & Last Touch


Untuk mewarnai bibir, saya pilih lip tint Althea shade Peach Cream. Ditotol-totol aja lalu diratain pakai jari. Saya lebih suka aplikasi gini buat daily. Warnanya tetap bagus dan hasilnya lebih natural.


Terakhir, saya pakai highlighter di ujung dan tulang hidung, serta sedikit di pipi. Saya pakainya eyeshadow shimmer warna gading di palet Sunrise & Moonrise. Saya coba pasang bulu mata palsu, tapi jadinya kurang manis. Jadi saya lepas lagi.

Gampang banget dipraktekin dan wearable buat dipakai ke semi-formal occasion. Gimana menurut kalian? Ada yang perlu ditambahin atau dikurangi dari makeup saya? Feel free to share ya!


PS: Semua produk yang saya sebutin di artikel ini bisa kalian beli di Althea. Kalian pesen hari ini bayarnya bisa COD pas barang sampai dan dikirim langsung dari Korea.

2 comments

  1. Hi dari Malaysia! Concealer Althea memang sangat menarik. Jemput baca review saya juga: https://miracikcit.blogspot.com/2019/02/altheas-exclusive-makeup-range.html?m=1

    ReplyDelete
  2. Yasss, mau banget full review dari palette althea x bcl itu. Kemarin sempat liat temen make, dan shimmernya emang cantik ��

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© Jurnal Saya
Maira Gall