BATTLE SUNSCREEN UNDER 50K: NIVEA VS EMINA

2 comments


Spoiler: saya enggak terlalu cocok sama kedua sunscreen ini.


Pas Nivea lagi sale di Shopee awal bulan ini, saya nyetok micellar water sekalian beli sunscreen mereka yang baru. Tertarik karena namanya Sun Serum Oil Control. Penasaran aja beneran bisa mengontrol minyak apa enggak.

Sebelumnya, sebulanan yang lalu saya akhirnya nyoba sunscreen lokal yang banyak dapet review bagus. Yup! Si Emina Sun Protection. Waktu itu beli karena sunscreen favorit saya hampir habis.

Details


Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum SPF 50+ PA+++: “sunblock serum dengan formula yang mengandung L-Carnitine, melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari, membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah sehingga make-up tahan lama dan tidak mudah luntur”.

Harga: IDR 37k-55k untuk 30 ml di Shopee (tapi barusan saya searching ada juga yang sampe 80 ribuan), saya beli 26 ribu di official store Nivea di Shopee.

Packaging berupa tabung langsing, travel-friendly. Tutupnya ulir dengan finishing glossy, cukup licin kalau tangan agak basah.

Teksturnya seperti krim pelembap muka. Cukup rich tapi blendable. Enggak ada white cast. Enggak ada rasa greasy. Cepet kering. Enggak ada aroma wangi maupun chemical. Finish-nya nyaris matte.

Jujur saja, melihat teksturnya, saya jadi bingung kenapa sunscreen Nivea ini diberi nama sun serum. Sama sekali enggak ada miripnya dengan konotasi nama ‘serum’ soalnya. Well, selain karena pinter-pinternya orang marketing.

Emina Sun Protection SPF 30 PA+++: “diperkaya dengan aloe vera extract dan emollient untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit”.

Harga: IDR 20k-45k untuk 60 ml, saya beli 22 ribu di Shopee.

Teksturnya lebih runny, lebih light, serupa lotion. Blendable, enggak ada white cast. Di kulit relatif cepat kering. Sayangnya, meninggalkan rasa greasy di tangan. Jadi butuh lebih banyak waktu untuk menghilangkan rasa licin di telapak tangan tiap kali apply produk.

Ada aroma yang kayak kombinasi ethanol dan citrus. Enggak menyengat sih. Buat saya gampang banget diabaikan.

Kemasan sunscreen Emina seukuran dengan kebanyakan face wash, cukup menuh-menuhin pouch kalau dibawa bepergian. Tutupnya flip top, lebih enak mengeluarkan produk.

Ingredients


Nivea: Aqua, Homosalate, Polymethylsilsesquioxane, Butyl Methoxydiberzoylmethane, Ethylhexyl Salicylate, Octocrylene, Alcohol Denat, Tapioca Starch, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Cyclomethicone, Behenyl Alcohol, Cetearyl Alcohol, Methylpropanediol, Silica Dimethyl Silylate, Glycerin, Phenoxyethanol, Carnitine, Sodium Hydroxide, Sodium Stearoyl Glutamate, Ethylhexylglycerin, Trisodium Edta, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Carbomer, Glycyrrhetinic Acid, Xanthan Gum, Glycyrrhiza Inflata Root Extract, Sodium Chloride.


Emina: Aqua, Ethanol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glyceryl Stearate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Propylene Glycol, Panthenol, Polyvinyl Alcohol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Fragrance, Hydrolyzed Wheat Protein/PVP Crosspolymer, BHT, Disodium Edta, Ethylhexylglycerin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, Edta, Sodium Benzoate.

Dua-duanya ada alcohol denat, sama-sama chemical sunscreen, dan sama-sama silicon-based. Di Nivea Sun Serum ada tapioca starch, saya pikir jadi semacam oil-control agent, ternyata dia pengental.

Pas saya cek di Skincarisma, ternyata ada juga sunscreen oil-control lain yang ingredients list-nya serupa dengan si Nivea Sun Serum.

Performa


Nivea: beneran ngefek oil contol. Di percobaan pertama, saya coba Nivea Sun Serum di atas moisturizer. Saya skip primer, dan langsung tumpuk BB Cushion favorit saya (Laneige Pore Control). Kulit saya enggak berminyak banget sampai malam dong.

Lain hari saya coba lagi pakai step lengkap (moisturizer-Nivea Sun Serum-silicon primer-BB Cushion dewy), hasilnya tetap oke.

Lalu suatu hari, pas saya staycation bareng Devi (depruttt.com), saya coba si Sun Serum dengan layer berbeda (moisturizer-Nivea Sun Serum-illuminator-BB Cushion matte). Hasilnya enggak oke. Rasanya terlalu kering sampai pilling. Annoying banget sih pilling-nya.

Emina: seringan itu! Kalau mengabaikan feel licin yang tersisa di telapak tangan, sunscreen Emina ini bagus.

Awal-awal saya pakai enggak ada keluhan apa-apa. Saya pakainya selang-seling. Pagi ini pakai sunscreen Emina, besok pagi pakai sunscreen lain. Gitu terus sampai sunscreen lain itu habis.

Kemudian saya pakai sunscreen Emina ini tiap hari. Ada semingguan. Sampai muncullah tanda-tanda enggak cocok berupa jerawat di pipi.

Which One I Love The Most

Berdasarkan hal-hal yang udah saya mention dari tadi, saya lebih suka Nivea Sun Serum. Pakainya mungkin tricky, tapi masih bisa diakalin dengan kombinasi primer & base makeup yang enggak mattifying.

Yang pasti sih, dua sunscreen ini meskipun bagus, bukan favorit saya.

2 comments

  1. Emina ini jadi kesukaanku malah, kalo pas Skinaqua lagi susah dicari. Yang aku gak suka malah sodaranya, si Wardah, 2x pake langsung terasa akibatnya. Cuma Emina ini kalo dipake agak kebanyakan dikit, muka kerasa gak enak gitu. Kaya kena adonan kue kering.

    ReplyDelete
  2. Gua pake yg emina malah bikin kusam, oily banget trs timbul jerawat juga. Terus nyobain deh nivea sun yg warna pink karna kulit gua sensitif dan disananya tertulis untuk semua jenis kulit dan alhamdulilah cocok di gua ga timbul apa2, ringan, dan ga bikin kusam. Gua bukan pengguna make up btw bedakan pun ga pernah cuma pake sunscreen doang krn kulit gua sensitif bgt sedangkan make up hrs pake ini itu gua gamau muka gua kenapa2 jd ga berani nyoba make up an.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss