Sunday, October 6, 2019

BLOGGER’S LIFE: 5 HAL WAJIB PUNYA UNTUK BEAUTY BLOGGER



“Kak, aku pengen jadi beauty blogger tapi bingung mulainya. Aku harus punya apa aja ya, Kak?”
“Kak, aku mau jadi beauty blogger, beli apa dulu?”


Beberapa kali dapat pertanyaan sejenis, dan ternyata saya belum pernah bahas soal ini di blog. Sepertinya menarik kalau ditulis. Supaya enggak kosongan, saya tanyakan ke beberapa teman (blogger-blogger kece Beautiesquad pastinya) soal benda-benda yang wajib dipunya beauty blogger. Hasilnya saya kurasi jadi tulisan ini.

1. Makeup & Skin Care

Kalau ada yang bilang kalian enggak butuh punya makeup atau skin care untuk jadi beauty blogger, jangan percaya. Ya kalian mau bikin kontennnya gimana? Mau bikin artikel listicle modal kurasi dari review orang-orang? Kerja di portal beauty abal-abal aja sana, enggak usah jadi beauty blogger!

Beauty blogger itu sumber kontennya kombinasi dari pengalaman, hasil research, dan persepsi diri sendiri. Argumen-argumennya harus bisa dipertanggungjawabkan. Gimana mau bikin konten yang bertanggung jawab kalau megang makeup atau skin care aja enggak pernah.

2. Kamera

Dunia blogging sekarang enggak sama seperti 7 atau 10 tahun lalu yang modal tulisan aja laku. Sekarang kalau publish artikel tanpa foto ya udah siap-siap aja page view dua digit. Jadi ya, kamera auto wajib.

Enggak kudu kamera canggih dua puluh jutaan ala inflencer top ibu kota kok. Smartphone sekarang kan kameranya keren-keren. Pertama kali mulai blogging juga saya mengandalkan kamera ponsel aja. Baru awal tahun ini saya upgrade pakai kamera mirrorless.

Tips pilih kamera: yang bisa dipakai selfie. Beauty blogger pasti banyak motret muka sendiri. Entah bikin foto before-after pemakaian produk atau foto MOTD (Makeup of The Day). Kalau bisa, pilih yang hasil fotonya tajam, yang kalau selfie kelihatan pori-porinya. Netizen sudah muak dengan kulit flawless tanpa pori-pori.

3. Tripod & Ring Light
“Aku selalu butuh tripod yang super steady biar enggak gampang roboh kesenggol twins. Dan travel ring light yang bisa pake powerbank, biar enggak bahaya kalau ditarik twins.” (Raydita, beauty blogger with twin toddlers)
Betul sekali. Kecuali punya personal photographer yang selalu siaga, kalian wajib punya tripod. Sudah saya mention tadi, sebagai beauty blogger, pasti banyak tuntutan foto muka sendiri. Dengan tripod, kalian punya 2 tangan bebas karena enggak perlu megangin kamera sendiri. Dengan tripod juga, kalian bebas mengatur jarak lensa dengan muka kalian. Bebas tentukan angle terbaik.

Dan tripod selalu berkawan baik dengan ring light. Serbuan cahaya Illahi saat golden hour memang yang terbaik. Tapi kalian tentu butuh motret tanpa dibatasi durasi. Terutama untuk para corporate slave yang menjadikan beauty blogging sebagai side hustle. Kapan bisa bebas foto MOTD di kala golden hour? Hanya saat weekend tanpa acara.

Lalu gimana caranya bikin konten konsisten? Kapan motret produk dan motret muka? Ya malam hari sepulang dari kantor dong. Itulah pentingnya ring light. Kalian bisa motret saat tengah malam sekali pun. Enggak ada alasan telat deadline.

All hail ring light.

4. Provider Internet Anti Lemot
“... Aku sekarang sih pakai 2 monitor, biar efisien. Mouse itu penting banget biar cepet ngerjainnya. Sama wajib banget punya mifi/provider internet yang jangkauannya luas karena pasti weekend masih kerja kan.” (Fujichan, beauty blogger since 2014/SEO Specialist)
Karena apalah gunanya tulisan dan foto bagus tapi enggak bisa di-publish karena internet busuk ya kan? LOL.

5. Laptop


Laptop ini bisa laptop apapun, sepunyanya kamu. Buat apa? Ya buat ngetik artikel, buat ngedit foto, buat bikin konten Instastory, buat ngedit video juga karena video adalah masa depan konten. Tapi kalau kamu punya budget buat beli laptop khusus blogging, saya punya rekomendasi.

Sabtu lalu saya datang ke acara gathering blogger Asus di Semarang. Di acara itu kami diperkenalkan pada produk baru mereka, Vivobook Ultra A412 yang langsung bikin saya relate banget sama frase ‘falling in love with people we can’t have’.

Jadi, Asus Vivobook Ultra A412 ini sejenis ultrabook gitu. Laptop 14 inch tapi kecil, tipis, dan ringan banget. Dimensi bodinya 32,2 x 21,2 x 1,90 ~ 1,95 cm. Bobotnya cuma 1,5 kg. Pantes aja kalau diberi gelar sebagai ‘world’s smallest colorful 14 inch ultrabook”. Masih lebih berat skin care yang ada di vanity dijadiin satu kan?


Kok bisa kecil dan ringan gitu? Karena si ultrabook ini pakai fitur NanoEdge Display, bezel layarnya jadi tipis banget. Rasio screen-to-body bisa sampai 83%. Mirip smartphone masa kini gitu yang layarnya sampai ke pinggir.

Asus bikin Vivobook Ultra A412 dengan 4 varian warna. Lucu-lucu sih. Ada Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Crush. Saya pengen yang warna Slate Grey karena warnanya netral, masuk ke semua skin tone dan outfit. Cakep aja ditenteng pas OOTD.


Dari segi performanya juga enggak main-main. CPU Asus Vivobook Ultra A412 pakai Intel Core i3, i5, atau i7. Ada pilihannya, bisa kalian sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. RAM-nya ada dua pilihan: 4 GB atau 8 GB. Untuk yang doyan bikin video sih mending yang 8 GB biar anti lemot.


Pernah dengar ErgoLift Design? Itu lho, mekanisme khusus yang bikin bodi utama Vivobook Ultra A412 terangkat pas dipakai. Bagian layar itu jadi semacam ganjelan di bawah bodi. Keyboard jadi miring 2 derajat, lebih nyaman dipakai ngetik panjang.

Halo, Dani. Ini Pelle. Apa kabar Swedia? :)

Ponsel kalian ada pemindai fingerprint-nya? Ultrabook Asus ini juga. Pakainya Windows Hello, lebih aman karena enggak perlu password untuk login. Kalian password-nya.

Untuk kalian yang bercita-cita menjadi full time beauty blogger, Vivobook Ultra A412 ini bisa jadi teman baik kalian. Baterainya 372WHrs, awet banget. Kalau mau cafe-hopping buat ngerjain deadline praktis, enggak perlu sering-sering nyari colokan.

Harganya mulai dari 7,5 juta. Makanya tadi saya bilang seperti falling in love with people we can’t have. Mari rajin bekerja deh biar kebeli.


Itu aja sih yang kalian butuhkan kalau mau serius jadi beauty blogger. Konsisten aja yang penting. Dan jaga attitude karena dunia beauty blogging itu sempit. Kalian nyebelin sekali, se-Indonesia tahu.


No comments

Post a Comment

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© Jurnal Saya
Maira Gall