Kamis, 26 Mei 2016

3 Tips Mudah Untuk #BahagiaDiRumah

Menjadi seorang stay-at-home mom memang rentan stres. Tumpukan pekerjaan rumah tangga yang tidak pernah habis, urusan keuangan domestik yang rumit, serta minimnya frekuensi liburan adalah sumber utama stres. Belum lagi ditambah masalah-masalah lain.

Akan tetapi bukan berarti seseorang yang tinggal di rumah tidak bisa bahagia. Ada banyak hal kecil yang jika dilakukan akan memberi perbedaan besar. Saya akan membagi beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk bahagia di rumah.

1.   Buka jendela

jendela
gambar dari pixabay

Seharian di dalam rumah pasti membuat kita penat, apalagi jika 24 per hari, 7 hari seminggu. Dijamin pikiran akan suntuk sehingga mood menjadi jelek. Kalau mood sudah jelek, mengerjakan apapun pasti malas dan ujung-ujungnya menjadi mudah marah.

Cobalah membuka semua jendela rumah. Meskipun kelihatan sepele tetapi membuka jendela dapat mengubah suasana hati menjadi lebih rileks. Dengan membuka seluruh jendela, sirkulasi udara di rumah jadi lebih baik. Udara segar dari luar akan menggantikan udara pengap yang terkurung di dalam rumah. Dengan lancarnya sirkulasi udara, suasana rumah akan lebih nyaman, bebas sumpek, sehingga mood orang-orang yang tinggal di rumah juga menjadi lebih baik. Secara tidak langsung, penghuni rumah pun merasa bahagia.

Bagi saya yang bekerja di rumah, penting sekali saya menjaga sirkulasi udara di sekitar meja kerja saya. Saya selalu membiarkan jendela di dekat meja kerja terbuka. Dari jendela yang terbuka, saya bisa memandang langsung ke pepohonan yang ada di halaman samping rumah. Hal tersebut sangat membantu menjaga mood menulis saya tetap stabil. Lalu ketika saya menyelesaikan sebuah tulisan, saya akan merasa bahagia.

2.  Lakukan hobi

Tips sederhana kedua untuk bahagia di rumah adalah melakukan kegiatan yang disukai. Meskipun disibukkan oleh pekerjaan domestik yang tidak ada habisnya, penting sekali untuk tetap menekuni hobi. Hobi saya banyak, dan saya selalu menyempatkan melakukannya setiap hari.

hobi, sketching, gown


Salah satu hobi yang sering saya lakukan adalah merancang baju. Menggambar sketsa, memberikan warna dan motif, lalu membayangkan bahan yang digunakan, membuat saya merasa seperti seorang desainer. Saya tidak peduli kalau orang bilang gambar saya jelek. Yang penting saya senang melakukannya, dan ide yang ada di kepala saya tidak terbuang.

Saya suka sekali membaca cerita dari dulu. Kalau kemauan saya dituruti, saya pasti akan menghabiskan seluruh isi rekening di toko buku. Kemauan saya jarang dituruti. Jadi saya hanya sesekali membeli buku baru. Meskipun begitu saya masih bisa membaca. Saya membaca lagi novel-novel lama saya. Selesai membaca satu buku bagus akan muncul banyak ide baru.

Selain itu saya suka crafting, me-recycle barang bekas menjadi barang baru yang berguna. Bahagia sekali ketika berhasil membuat barang baru yang terlihat bagus dan bermanfaat dari benda-benda yang tak terpakai. Kadang saya berpikir, kalau benda tak terpakai itu tidak saya recycle pasti nasibnya akan berada di tempat sampah. Rasanya seperti menyelamatkan hidup sebuah benda buangan. Hahaha...

3.  Hadiahi diri sendiri

Tips terakhir untuk bahagia di rumah adalah memberi hadiah pada diri sendiri. Setelah melakukan banyak pekerjaan rumah dan mengurus macam-macam, kita berhak untuk dapat hadiah. Tidak perlu hadiah yang mahal. Kalau over budget, bukannya membuat bahagia malah jadi pusing sendiri karena dana terkuras.

Saya memberikan hadiah untuk diri sendiri setidaknya seminggu sekali. Hadiah yang saya pilih pun hadiah yang cukup sederhana. Misalnya, sekotak es krim untuk dinikmati berdua dengan Uprin pada akhir pekan. Atau online shopping pada hari Jumat, sehingga ketika kurir datang pada hari Senin-nya saya benar-benar merasa sedang mendapat hadiah.

Jika ingin hadiah yang lebih simpel, langganan saja tabloid seperti Nova. Meskipun sudah ada versi online yang dapat diakses kapan saja, tapi berlangganan tabloid versi cetak tetap banyak manfaatnya. Bagi yang gemar memasak bisa mengkliping resep masakan yang ada di setiap edisi. Ada juga tips-tips menarik seputar parenting, kesehatan, hingga relationship.


Tentu saja muatan Tabloid Nova sangat layak untuk dibaca. Dengan usia 28 tahun, pengalaman Tabloid Nova sebagai sahabat wanita dan keluarga Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Oiya, dalam rangka NOVAVERSARY (Nova Anniversary yang ke 28) Tabloid Nova mengajak para pembaca setianya untuk berbagi cerita mengenai #BahagiaDiRumah melalui media sosial atau blog. Yuk ikutan berbagi cerita tentang #BahagiaDiRumah versi kamu !

6 komentar

  1. Apalagi kalau sebelum menikah sudah terbiasa bekerja ya mba, agak shock jadi full time wife at home hihi. Tapi pas sudah balik sibuk bekerja saya malah jadi kangen leyeh-leyeh di rumah huhu *labil

    salam kenal mba, *new reader*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, bener banget mbak.
      makasih ya udah mampir.

      Hapus
  2. Halo mom, salam kenal
    yap betul sekali saya suka sama poin kedua Lakukan Hobi. terkadang ketika saya jenuh dengan perasaan stres karna tumpukan tugas kuliah saya biasa salurkan kepenatan lewat ngeblog. suerr terbukti bisa menaikan mood kita kembali. woahaa #janganlupabahagia

    kalau berkesempatan mampir mom ke blog saya, ditunggu ^^
    diaryjejhe.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, melakukan hobi itu wajib banget.
      oke deh, langsung mampir.

      Hapus
  3. aku juga suka ngerjain hobi, bikin pikiran fresh lagi ya kalau melakukan hal yang disukai, btw gambar desainnya bagus lho ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, maunya ngerjain hobi terus nggak usah ngerjain yang lain. hehe.
      wah, makasih dibilang bagus.

      Hapus

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall