Saturday, March 25, 2017

REVIEW & EOTD : POPPY DHARSONO COSMETICS

review eye make up poppy dharsono

Another local make up! Saya sudah sering bilang ‘kan, kalau saya suka banget sama produk lokal ? Alasannya panjang dan sudah pernah saya tulis di artikel terpisah. Kali ini saya mau share opini saya mengenai produk dekorasi mata dari brand Poppy Dharsono Cosmetics.

Baca : Sudah Saatnya Brand Kecantikan Lokal Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Benar sekali, brand ini adalah lini kecantikan dari Poppy Dharsono yang desainer itu. FYI, Poppy Dharsono Cosmetics sudah didirikan sejak tahun 1989. Produk pertamanya berupa EDT hingga kemudian merambah ke produk dekoratif. Sampai detik ini Poppy Dharsono Cosmetics memiliki range produk complexion, eyes decoration, lips, dan fragrance.

Kebetulan saya punya 4 produk make up mata dari brand lokal ini, yaitu eyeshadow, eyeliner, maskara, dan pensil alis. Sebagai bocoran, saya paling suka eyeliner pensilnya. Satu lagi yang sangat saya suka dari rangkaian produk dekoratif Poppy Dharsono adalah packagingnya niat banget : warna emasnya mewah !

5 Signature Runway Eye Colors 03 Summer Love (Rp. 125.000,-)

poppy dharsono 5 signature runway eye colour summer love

Produk pertama adalah eyeshadow palette berbentuk kotak. Seluruh bodi berwarna emas dengan kilau sangat bagus, hampir seperti kaca saking berkilaunya. Dan cermin di dalamnya sangat jernih ! Buat saya, ini kemasan eyeshadow lokal paling keren dengan cermin bawaan paling cetho. Tapi sayang, tidak disertai box dan daftar ingredients tidak ditulis. Di bagian bawah kemasan ada stiker berisi nama produsen dan petunjuk penggunaan, namun tidak berwarna. Lagi – lagi sayang sekali.

eyeshadow lokal packaging mewah

Ada 4 varian Poppy Dharsono 5 Signature Runway Eye Colors : Twilight (earthy-nudes), Mardi Grass (greeny), Winter Sky (silvery), dan punya saya Summer Love (vibrant-feminine). Masing-masing varian terdiri dari 5 warna.

swatch eyeshadow poppy dharsono

Warna-warna dalam palet eyeshadow Poppy Dharsono Summer Love saya tulis di bawah ini. Secara keseluruhan warna-warnanya bagus dengan pigmentasi sedang. Ada dua aplikator bawaan di dalam palet, seperti biasa berbentuk sponge dual ended.

Orchid : warna pink ceria dengan hasil shimmery. Tekstur eyeshadownya kering namun tidak powdery. Mudah diblend dan pigmentasinya bisa dibuild.

Savory Cream : kalau saya bilang sih warnanya krem cenderung linen, finishnya shimmery juga. Tekstur dan pigmentasi serupa dengan warna Orchid.

Byzantium : warnanya burgundy, antara ungu gelap, cokelat, dan red wine. Shade Byzantium ini satu-satunya yang memiliki finish matte di palet Summer Love. Sayangnya teksturnya kering, chalky, dan pigmentasinya kurang bagus. Warna eyeshadow ini agak patchy ketika dibuild dan sulit dibaur.

Midnight Blue : kalau ditanya warna apa yang pigmentasinya paling bagus di palet ini, warna biru shimmer inilah jawaban saya. Teksturnya buttery dan warnanya pop. Lebih mudah dibaur maupun dibuild.

Pink : saya agak gagal paham dengan penamaan shade pink di sini. Karena menurut saya warna eyeshadow satu ini cenderung ke warna salmon. Teksturnya kering dan powdery, pigmentasinya cukup sheer namun bisa dibuild.

Secara keseluruhan, palet eyeshadow compact dari Poppy Dharsono Cosmetics ini lumayan. Dari segi tampilan memang sangat mewah dan terkesan mahal. Namun ditilik dari tekstur dan pigmentasinya, saya rasa kurang sebanding dengan harganya yang cukup mahal.
Mengenai ketahanan, saya mencatat eyeshadow lokal ini mulai pudar pada jam keempat pemakaian. Tentu saja itu tanpa primer. Kalau kena keringat akan lebih cepat terhapus. Soal fall out, meskipun tekstur eyeshadow Poppy Dharsono ini cenderung kering dan powdery, fall out yang ditimbulkan tidak banyak.

eyeshadow poppy dharsono


Pro Definer Intense Volume Mascara (Rp. 98.000,-)

poppy dharsono pro definer intense volume mascara

Produk dekoratif kedua dari Poppy Dharsono Cosmetics adalah Pro Definer Intense Volume Mascara. Klaimnya waterproof, menebalkan, memanjangkan, melentikkan bulu mata. Saya tidak setuju poin waterproofnya. Maskara lokal ini sangat mudah dihapus dengan air. Kalau diajak cuci muka, si maskara akan langsung mengelupas seperti daki hitam tanpa smudge sama sekali. Kalau tidak kena air, si maskara akan aman hingga 7 jam.
Baca : L’oreal Paris Curl Impact Extreme Ressist Mascara
Bagus sebenarnya, maskara Poppy Dharsono ini. Selama memakainya, saya tidak menemukan cacatnya : tidak menggumpal, tidak berbau maskara (malah baunya agak manis), tidak smudging, juga tidak membuat bulu mata rontok. Kalau memang suka dengan maskara yang tidak tahan air, si Pro Definer Mascara Poppy Dharsono ini harus dicoba.

performa eye makeup poppy dharsono, EOTD

Pro Definer Eyeliner Pencil (Rp. 79.000,-)

eyeliner pensil poppy dharsono

Like I said before, eyeliner pensilnya Poppy Dharsono ini favorit saya. Tekstur leadnya empuk tapi tidak creamy kelewatan. Warna hitamnya memang bukan yang terhitam tapi cukup intens dalam sekali coret. Saya paling suka memakai pensil eyeliner ini untuk mengisi tightline dan waterline. Ketahanannya tidak lama, setelah lima  jam mulai luntur dan tidak smudgeproof. Jadi hati-hati, jangan sampai mengucek mata.
Baca : Mizzu Chrome Eyeliner Gel
Pro Definer Eyebrow Pencil (Rp. 69.000,-)

eyebrow pencil local

Dari empat produk eye makeup Poppy Dharsono Cosmetics, saya hanya tidak suka pada pensil alisnya. Selain warna coklatnya tidak cocok dengan warna alis asli saya, tekstur pensilnya juga rada aneh, keras tapi waxy, warna yang keluar pun patchy dan rambut alis jadi nempel-nempel. Pensil alis lokal ini tahan air tapi tidak smudgeproof dan mulai pudar setelah tiga jam.

Pernah nyobain eye makeupnya Poppy Dharsono Cosmetics juga ? Gimana pendapat kamu ?


Kiss kiss.

5 comments

  1. kak, aku salah fokus ke bulu alis dan bulu matamu yang super panjang <3

    Cindy,
    apriljournals.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Yang paling aku suka jelas eyeliner nya <3

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  3. Baru tahu Poppy Dharsono punya lini kosmetik :O gak terlalu make up junkie sih wkk

    Mia,
    http://insommia.net

    ReplyDelete
  4. wow..mata mya cakep gitu... kemasan nya mewah banget...ya..
    poppy darsono..merk mahal nih ya..hahahah

    ReplyDelete
  5. Packagingnya bagus banget ya :) Btw aku gak pernah bisa pakai eye liner atas bawah seperti kamu, soalnya gampang bleber. Di kamu cakep banget jadinya :)

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall