Wednesday, March 27, 2019

PICTORIAL CARA INVESTASI PALING GAMPANG


Setelah beberapa kali membahas uang beserta pengaturannya sampai ke investasi, sekarang saya share cara investasi paling gampang. Karena sharing is caring ceunah. Saya sengaja bikin tutorial pakai foto ala-ala pictorial gitu biar enggak ribet kebanyakan bacot.

Baca dulu: Membicarakan Uang
Baca juga: Mau Investasi, Mulainya Gimana?
Bikin akun Klikmami udah kan? Btw, sesuai judul “Investasi Paling Gampang”, ini yang saya share investasi reksa dana ya. RD-nya Manulife, ya Klikmami itu. Soalnya saya baru nyobain investasi RD di Klikmami doang. Belum pernah nyoba management investasi lain.

Step 1 – Log In

Sebelum log in, tentu saja kalian harus register. Proses registrasinya lumayan makan waktu karena banyak banget kolom yang perlu diisi di formnya. Saran saya sih, pas daftar minta dipandu.

Kalau sudah punya akun dan berhasil log in, begini tampilan beranda Klikmami kalian.

Di sini ada macam-macam keterangan. Kode CIFPXXX itu akun kalian. Tapi log in-nya tetep pakai email kok.

Step 2 – Beli Reksadana

Langkah selanjutnya transaksi dong. Klik “Beli Reksa Dana” di menu drop-down “Transaksi”. Terus pilih aja jenis RD yang dimau. Jangan lupa isi juga berapa nominalnya. Ini enaknya investasi RD, bisa mulai kapan aja dan berapa aja. Start seratus ribu rupiah aja kalian bisa investasi loh. Setara 2 gelas kopi aja.

Saya contohin ini beli RD yang Syariah deh ya. Spesial untuk kalian manusia-manusia yang menghindari riba tapi payroll dan transaksi segala macam masih pakai bank konvensional hahahahaha.

Sekalian deh saya bahas dikit soal RD Syariah. Ternyata ada bedanya dengan RD reguler (non syariah). Ini kenapa saya pas nulis ini sambil bayangin ukhti-ukhti yang pakai jilbab syari lebar banget ya.

Basicly, ada 4 prinsip yang membedakan RD Syariah dengan RD reguler. Pertama, kegiatan perusahaan tunduk pada prinsip syariah (bukan jualan vodka, misalnya). Kedua, perusahaan lolos seleksi OJK dan Dewan Syariah Nasional gubahan MUI. Ketiga, total utang perusahaan tidak lebih dari 45% total aset. Keempat, total pendapatan bunga kurang dari sama dengan 10% dari total pendapatan usaha.

RD Syariah ini instrumennya berupa pasar uang syariah, sukuk (versi regulernya dikenal dengan nama obligasi), dan saham syariah.

Kembali ke tutorial. Setelah pilih RD Syariah, nulis jumlah nominalnya, dan pilih metode pembayarannya, klik “Selanjutnya”. Kalian akan langsung dibawa ke laman pembayaran.

Step 3 – Bayar

Setelah masukin kode transaksi yang dikirim via text di ponsel, klik “Proses Transaksi”. Kelar. Langsung bayar aja. Bisa transfer, bisa juga bayar di Indomaret. Oiya, di total jumlah yang harus dibayar itu ada tambahan 3 digit rupiah. Itu juga dikonversikan jadi unit RD.

Simpel banget kan? Seperti yang saya bilang di artikel sebelumnya, sesimpel beli lipstik di e-commerce. Kalau mau dicairin, tinggal klik “Cairkan Reksa Dana” pada menu drop down “Transaksi”. Lalu ikuti petunjuknya sampai selesai. Sehari kemudian, uang masuk ke rekening yang kalian daftarkan. Kalau pengen ganti portofolio RD, cukup switch unitnya. Kliknya “Alihkan Reksa Dana”, masih di menu drop-down yang sama.

Ada yang sudah familier dengan reksa dana? Share dong pengalamannya!


(ADV)

No comments

Post a Comment

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© Jurnal Saya
Maira Gall