VIRLY’S CHOICE: 5 HYDRATING TONER BAGUS TANPA ALKOHOL

2 comments

Bukannya saya anti pada toner yang mengandung alkohol. Tapi beberapa hydrating toner yang pernah saya coba (dan ada kandungan alkoholnya, bervariasi di lima urutan pertama hingga di sepuluh urutan terbawah IL) hampir enggak ada efek hydrating-nya. Cuma basah lalu menguap.


Well, enggak semua. Pernah juga kok saya nemu toner yang ada alkoholnya tapi tetap terasa hydrating. Balik lagi, produk itu hasil formulasi, bukan single ingredients.

Alkohol yang saya maksud di sini alkohol denat a.k.a. ethanol ya. Bukan fatty alcohol. The infamous ethanol memang sering disebut bikin kulit kering. Banyak yang menghindari alkohol saat milih produk toner. Jadi ini saya tulis toner-toner yang sudah pernah saya coba, tanpa alkohol, dan saya suka.

Untuk contekan, alkohol denat di ingredients list biasanya ditulis sebagai alcohol denat, ethanol, SD alcohol, isopropyl alcohol, denaturated alcohol, atau ethyl alcohol.

Pyunkang Yul Essence Toner



Ingredients: Astragalus Membranaceus Root Extract, 1,2-Hexanediol, Butylene Glycol, Bis-Peg-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Hydroxyethylcellulose, Carbomer, Arginine.

Harga: IDR 150K/100 ml waktu saya beli di Althea.

Kenapa masuk di list: Selain karena sebagus itu menghidrasi kulit, list ingredients pendek, dan kemasannya praktis. Masuk di rubrik “Current Favorite” kapan lalu. Sudah lengkap saya tulis kenapanya.
Mamonde Candelula Toner

Ingredients: Purified Water, Glycerin, Propanediol, 1,2 Hexanediol, Panthenol, Chamomile Flower Extract (99,3 Ppm).

Harga: IDR 177k/250 ml di Althea pas saya check out.

Kenapa masuk di list: Karena IL-nya pendek. Ini jenis light hydrating toner, buat dry skin paling cuma terasa seperti refreshing toner. Efeknya soothing. Enak banget buat ngalemin kulit sehabis pakai exfo serum.

Alasan lain, ya tonernya Mamonde ini patut dicoba oleh semua jenis kulit. Teksturnya cair banget mirip air, kulit berminyak pun bisa pakai berlapis-lapis.

Hada Labo Gokujyun Lotion

Ingredients: Water, Butylene Glycol, Glycerin, PPG-10 Methyl Glucose Ether, Methylparaben, Disodium Succinate, Sodium Hyaluronate, Hydroxyethylcellulose, Succinic Acid, Hydrolized Hyaluronic Acid, Sodium Acetylated Hyaluronate.

Harga: IDR 35k-45k/100 ml di Shopee. Pilih aja seller langgananmu.

Kenapa masuk di list: Karena harganya sangat murah dan performanya seefektif itu sebagai hydrating toner. Saya ingat di masa-masa kulit saya breakout parah karena over eksfoliasi, toner Hada Labo ini penyelamat saya. Jadi toner untuk 7 skin method, buat kompres jerawat biar lebih kalem, sampai berangsur-angsur moisture barrier kulit saya membaik dan breakout lenyap.
The Body Heart Rosemary



Ingredients: Rose Distiled Water.

Harga: IDR 40k/100 ml di official shop The Body Heart di Shopee.

Kenapa masuk di list: Single ingredient! Kemasannya botol spray yang enak banget disemprotnya. Teksturnya mirip banget air, enggak pedih di mata, enggak pahit di bibir. Ini cocok banget dipakai sebelum face oil atau untuk moisture sandwich di antara serum dan pelembap.

Althea Waterful Bamboo Pads



Ingredients: Water, Methylpropanediol, Isopentyldiol, Panthenol, Salix Nigra (Willow) Bark Extract, Bambusa Vulgaris Water, Centella Asiatica Extract, Ficus Carica (Fig) Fruit Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Sodium Hyaluronate, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Hydrogenated Lecithin, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Ocimum Basilicum (Basil) Oil, Polyglyceryl-10 Myristate, Polyglyceryl-10 Laurate, Sodium Citrate, Xanthan Gum, Citric Acid, Disodium Edta, Ceramide Np, 1,2-Hexanediol, Hydroxyacetophenone.

Harga: IDR 254k/80 pcs atau 100 ml hanya di Althea.

Kenapa masuk di list: Karena efeknya soothing. Sebagai hydrating toner, Bamboo Pad-nya Althea ini oke banget. Sebagai pengganti sheet mask juga enak. Praktis dibawa bepergian karena anti tumpah.

Bonus: Wardah White Secret Pure Treatment Essence



Ingredients: Aqua, Niacinamide, Dipropylene Glycol, Glycereth-26, Methyl Gluceth-20, Glycerin, Phenoxyethanol, Butylene Glycol, Xanthan Gum, Disodium Edta, Sodium Metabisulphite, Leontopodium Alpinum Extract, Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate, Lecithin, Adenosine, Citric Acid, Actinidia Polygama Fruit Extract, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate.

Harga: IDR 100k-142k/100 ml di Shopee.

Kenapa masuk di list: Well, sebetulnya Wardah menjual ini sebagai essence. Tapi saya memakainya di slot toner. Sangat melembapkan. Di antara toner-toner yang saya sebut di artikel ini, Wardah PTE menempati urutan ketiga (nomor satu Pyunkang Yul, lalu disusun Hada Labo) dalam urusan melembapkan. Saya ingat pernah pakai Wardah PTE ini saja 3 layer dan makeup saya enggak crack seharian.
Itu aja sih. Rekomen dong, kalau ada hydrating toner tanpa alkohol lain yang menurut kalian bagus!

Kiss kiss.

2 comments

  1. Wardah ada alkohol nya mbak itu jelas2 di ingredient nya ada penoxyethanol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Phenoxyethanol sebagai preservatives dan bukan di urutan 5 teratas. Makanya saya tulis as 'bonus'.

      Delete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss