VIRLY’S CHOICE: 3 HAND CREAM FAVORIT DI MASA PANDEMI DARI BRAND UNVR

No comments

 

Sejak pandemi yang memaksa saya bersahabat dengan hand sanitizer, hand cream pun menjadi benda wajib yang harus ada di jangkauan. Kulit tangan saya memang super kering dan sudah berkerut duluan. Ditambah paparan hand sanitizer dan cuci tangan makin sering. Ya udah tinggal nunggu ganti tahun aja kulit tangan saya seperti nenek-nenek.

Makanya sekarang saya rajin pakai hand cream. Ada 3 produk hand cream yang sedang saya pakai bergantian. Menariknya, tiga-tiganya dari brand Unilever; Vaseline, St Ives, dan LBP.

Vaseline Hand Cream + Anti Bac

Hand cream Vaseline ini menarik karena ada embel-embel anti bakteri. Pinter banget ambil momen. Kalau nggak jeli dan malas baca, pasti ngira Vaseline Hand Cream Anti Bac bisa bunuh kuman dan segala macam virus sehingga nggak perlu pakai hand sanitizer atau cuci tangan. Padahal bahan aktif antibakteri di sini sesuai klaim Vaseline cuma melindungi dari bakteri P.aeruginosa dan E.coli, dan pengujiannya in vitro (di lab).

Ingredients: Water, Glycerin, Tapioca Starch, Polyquaternium-37, Benzethonium Chloride, Tocopheryl Acetate, Dicaprylyl Carbonate, Caprylyl Glycol, Lauryl Glucoside, Titanium Dioxide, Cocos Nurifera (Coconut) Oil, Helianthus Annus (Sunflower) Seed Oil, Perfume, Pentasodium Pentetate, Phenoxyethanol, Citric Acid.

Highlight kuning itu star ingredients dan bahan aktif. Gliserin, Vitamin E, dan anti kuman. Benzethonium Chloride efektif untuk membersihkan kulit di konsentrasi 0,01%-0,1%.

Teksturnya krim yang langsung meleleh begitu menyentuh kulit. Ada aroma wangi general yang untungnya lekas menguap. Hand cream langsung meresap setelah diratakan. Feel-nya aneh, ada sisa rasa pliket di telapak tangan tapi jejak-jejak hand cream lenyap. Bahkan di kulit nggak terasa licin atau lembap.

Tapi bukan berarti Vaseline hand cream ini nggak ada efeknya. Justru si Vaseline ini jadi andalan saya setelah cuci piring karena mampu mengembalikan kulit saya yang hampir selalu mengelupas sehabis pegang deterjen.

Harga Rp25.000,-/50ml di official store di marketplace, tapi banyak juga yang jual harga di bawahnya. Manufacturer-nya Indonesia.

Packaging Vaseline hand cream antibakteri ini berupa tube pendek bulky dengan tutup fliptop. Nggak ringkes sih kalau dibawa-bawa.

Baca: Review Scarlett Fragranced Body Lotion Freshy

St Ives Softening Hand Cream Coconut & Orchid

Saya beli hand cream St Ives karena tertarik varian coconut orchid. Saya kira wangi bunga eksotik, taunya wangi kelapa yang strong. Not my favorite sih. Untung dipakenya enak.

Ingredients: Water (Aqua), Glycerin, Propanediol, Hydrogenated Coco-Glycerides, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Butylene Glycol, Dicaprylate/Dicaprate, 1,2-Hexanediol, Cetearyl Glucoside, Caprylic/Capric Triglyceride, Glycine Soja (Soybean) Oil, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Carbomer, Tromethamine, Palmitic Acid, Stearic Acid, Polymethylsilsesquioxane, Sodium Stearoyl Glutamate, Ethylhexylglycerin, Orchid Extract, Fragrance (Parfum), Hexyl Cinnamal, Benzyl Alcohol, Coumarin.

Key ingredients-nya coconut oil, soybean oil, dan ekstrak anggrek. Klaim utamanya menghaluskan kulit.

Teksturnya rich cream, terasa sekali lembapnya. Jelas, isinya kaya emolien. Nggak lengket setelah diratakan tapi terasa kalau habis pakai sesuatu. Ada efek softening-nya sih, kulit terasa lembut karena lembap. Hand cream St Ives ini enak dipakai setelah cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Packaging tube slim kecil seperti sebagian besar hand cream dengan tutup ulir hexagonal. Praktis diselipin ke pouch.

Harga Rp60.000,-/30ml di marketplace official store tapi sering promo pas tanggal kembar. Made in Korea.

Baca: Review The Body Heart Cofffee Body Scrub

Love Beauty and Planet Murumuru Butter & Rose Oil Hand Cream

Kalau ingin hand cream yang agak fancy, dengan aneka sertifikat vegan, ingredients yang ethically sourced, dan ramah lingkungan tapi harga tetap merakyat, Love Beauty and Planet bisa dipilih.

Ingredients: Water, Glycerin, Stearic Acid, Glycine Soja (Soybean) Oil, Glycol Stearate, Astrocaryum Murumuru Seed Butter, Fragrance, Rosa Damascea Flower Oil, Helianthus Annus (Sunflower) Seed Oil, Triethanolamine, Glyceryl Stearate, Capylyl Glycol, Phenoxyethanol, Cetyl Alcohol, Hydroxyethylcellulose, Carbomer, BHT, Disodium EDTA, Stearamide Amp, Sodium Nitrate, Disodium Phosphate, Polysorbate 60, Sodium Phosphate, Tocopherol.

Star ingredients di sini ada Murumuru butter dan rose oil. Apa itu Murumuru butter? Komposisi unik ini memang khas Love Beauty and Planet sih ya, jarang nemu di brand lain. Murumuru butter adalah vegetable fat yang sumbernya dari palm tree Brazil. Fungsinya kurang lebih sama lah seperti palm oil, sebagai emolien.

Rose oil sendiri kaya akan berbagai komponen seperti antioksidan, flavonoid, Vitamin C, serta antimikroba. Plusnya lagi super wangi. Rose oil didistilasi dari banyak sekali bunga mawar sehingga aromanya kuat. Saya sih suka sekali wangi rose di hand cream ini.

Sayang sekali hand cream Love Beauty and Planet Murumuru & Rose yang aromanya heavenly ini efek lembapnya nggak nampol. Bikin lembap sih, dalam konteks buat maintain kulit normal sehari-hari. Di kulit tangan saya yang kering dan kerap mengelupas nggak banyak membantu.

Tekstur produknya creamy lembut, spreadable, nggak lengket, dan nggak licin. Jenis hand cream yang nyaman dipakai kapan saja. Kemasannya tabung slim kecil seperti St Ives dengan tutup ulir hexagonal juga.

Harga Rp40.000,-/29ml di marketplace official store. Made in Thailand.

Baca: Love Beauty and Planet Ocean Edition

Dari ketiga hand cream Unilever ini, saya paling suka punya St Ives sih. Feel dan lembapnya paling nyaman. Tapi soal wangi, punya LBP paling juara.

Kamu punya rekomendasi hand cream juga? Share dong!

No comments

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss