HAIR CARE ROUTINE UNTUK RAMBUT BERHIJAB

No comments
hair care routine untuk rambut berhijab

“Hah ? Memangnya rambut berhijab perlu perawatan juga ? Kan ditutup, nggak kelihatan, ngapain pakai hair care ? Mau rambutnya kinclong hitam licin sampai laler kepleset juga nggak ada yang tau.”


Ada yang punya pemikiran begitu ? Well, saya dulu gitu. Saya kira karena rambut sudah ditutup nggak perlu lagi dirawat. Mau kusut masai toh nggak nggak kelihatan. Bahkan ya, salah satu alasan saya dulu pakai hijab karena rambut saya jelek. Ya waktu itu kan semua orang rambutnya lurus hasil smoothing gitu, sedangkan saya ribet sama urusan meluruskan rambut. Jadi ya pakai jilbab aja beres. Sungguh bukan alasan yang mulia.

Saya juga pernah punya rambut kusut dan rontok parah beberapa waktu lalu. Memang selalu skip merawat rambut sih. Tapi sekarang udah nggak lagi. Sama seperti kulit wajah dan kulit tubuh, rambut juga perlu diperhatikan.
Baca : EVT Naturals Body Care Series
Rambut saya tidak pernah diwarnai, tidak pernah diluruskan, dan tidak pernah kena matahari karena tertutup jilbab. Jadi perawatan rambut saya sangat simpel : shampo (eh, shampo nggak termasuk ya?), hair mask, hair oil, dan hair mist.

Hair Mask

sensatia botanicals argan and tamarind revitalizing hair mask review

Saya pakai Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask, harganya Rp. 180.000,-/100ml. Hair mask ini salah satu dari 7 produk yang dikirim Sensatia Botanicals.
Baca : Unboxing Sensatia Botanicals
Hair mask ini didesain untuk mengembalikan kondisi rambut menjadi hidup kembali. Cara pakainya sesuai petunjuk : usapkan pada rambut, diamkan 15 menit, bungkus dengan handuk hangat.

hair mask dari bahan alami argan oil

Aroma hair mask lokal ini enak banget, aroma coklat tapi cenderung mild. Konsistensi produknya menyerupai krim namun terasa kesat. Jadi ketika diusapkan ke rambut kesannya nggak licin seperti kondisioner. Setelah dibilas pun rambut nggak terasa licin.

Saya memakai hair mask Sensatia Botanicals sebagai pengganti kondisioner. Agak males soalnya kalau steam handuk. Jadi saya pakai hair mask setelah keramas dengan air hangat kemudian saya diamkan 15 menit baru saya bilas. Setelah memakainya selama 3 bulan, tiga kali seminggu, efeknya rambut saya jadi elus-able dan rontok berkurang banyak. Kalau di Uprin, rambutnya jadi lebih lembut dan wanginya lebih awet. Uprin pakai juga, btw.

hair mask lokal yang bagus

Ingredients : Water (Aqua), Aloe Barbadensis (Aloe) Leaf Juice, Cetearyl Glucoside & Sorbitan Olivate, Bentonite (Yellow Clay), Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Honey, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Limnanthes Alba (Meadowfoam) Seed Oil, Tamarindus Indica (Tamarind) Extract, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Sodium Citrate, Theobroma Cacao (Cocoa) Seed Extract, Benzyl Alcohol & Benzoic Acid & Dehydroacetic Acid, Vitex Trifolia (Legundi) Fruit Extract, Tocopherol (Vitamin E), Xanthomonas Campestris (Xanthan) Gum, Cananga Odorata (Ylang Ylang) Flower Oil.

Hair Oil

l'oreal paris extraordinary oil review

Untuk hair oil, atau minyak rambut, pilihan saya adalah L’Oreal Paris Extraordinary Oil. Harganya Rp. 80.000,-an/100ml atau Rp. 40.000,-an untuk ukuran kecilnya. Biasanya saya beli yang ukuran kecil karena habisnya lama sih. Tapi beberapa waktu lalu saya dapat yang ukuran 100 ml dari Guardian.
Baca : Unboxing Guardian Beauty Box
Klaim : perpaduan 6 ekstrak bunga (Lotus, Chamomile, Rose, Tiare, Linseed, Soybean) yang dapat menjadikan rambut tampak indah, tidak lengket, dan berminyak. Bisa dipakai sebelum shampo, sebelum styling rambut, atau sebagai finishing untuk kesan rambut berkilau.

hair oil drugstore yang bagus

Seperti namanya, L’oreal Paris Extraordinary Oil ini bentuknya minyak, kental dan agak lengket di tangan. Aromanya wangi lembut. Ketika dioleskan ke rambut nggak terasa greasy. Saya memakainya hampir setiap hari sih pada kondisi rambut kering. Nggak bikin rambut lepek. Hasilnya rambut lebih mudah diatur dan kelihatan kinclong.

Ingredients : Cyclopentasiloxane, Dimethiconol, Chamomilla Recutita Extract/Matricaria Flower Extract, Cocos Nurifera Oil/Coconut Oil, Helianthus Annuus Seed Oil/Sunflower Seed Oil, Nelumbium Speciosum Extract/Nelumbium Speciosum Flower Extract, Benzyl Alcohol, Cinnamal, Linalool, Linum Usitatissimum Flower Extract, Caprylic/Capric Triglyceride, Gardenia Tahitensis Flower Extract, Rosa Canina Flower Extract, Bisabolol, Glycine Soja Oil/Soybean Oil, Parfum/Fragrance.

Hair Mist

Sariayu Hijab hair mist review
PS : Gambar ini pernah dipublish di moeslema.com

Saya masih setia pakai Sariayu Hijab Hair Mist, harganya Rp. 16.000,-/100ml. Pertama kali ketemu sama hair mist untuk rambut berhijab ini karena Moeslema, lalu keterusan sampai sekarang.

Klaimnya, Sariayu Hijab Hair Mist mengandung Urang-Aring, Lidah Buaya, Mangkokan, Cabe Rawit, Mint yang membantu menjaga kehitaman dan kekuatan rambut, memberikan kesegaran, menjadikan rambut tetap sehat, hitam, dan indah.

Hair mist ini wangi banget. Dan wanginya awet seharian walaupun rambut lembab  karena tertutup jilbab di tengah cuaca panas. Jadi kalau semprot hair mist ini di pagi hari lalu pakai jilbab sampai sore, ketika jilbab dilepas itu wanginya masih ada. Rambut saya pun bebas apek. Sedangkan klaim lain seperti menjaga kehitaman dan kekuatan rambut itu saya nggak notice.

Ingredients : Water, Alcohol, Capsicum Frustescens Fruit Extract, Citrus Hystrix Leaf Extract, Nothopanax Scutellarium Merr. Extract, Eclipta Alba Extract, Citrus Hystrix Fruit Peel Extract, Aloe Barbadensis Extract, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Fragrance, Dimethicone Copolyol, Phenoxyethanol, Methol, Polyquaternium-7, Sodium Benzoate, Climbazole, Panthenol, Allantoin, Menthyl Lactate, Triclosan, Mentha Piperita (Peppermint) Oil, Ci 19140, Sodium Chloride, Sodium Sulfate, Ci 42051
Sensatia Botanicals : Website | Instagram | Twitter
Guardian : Facebook Page
Kalau hair care routine kamu apa saja ? Share dong !


Kiss kiss

No comments

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss