Wednesday, April 29, 2020

MICELLAR WATER BAGUS UNTUK KULIT SENSITIF




Kulit saya bukan jenis yang dari lahir sudah sensitif sampai harus selalu pakai produk-produk khusus kulit sensitif. Kulit saya pernah normal to badak lho. Pakai skin care apapun hayuk aja. Toner beralkohol? Coba! Scrub muka tiap hari? Hajar! Masker charcoal tiap habis makeup? Pernah!


Sampai drama breakout berbulan-bulan. Dan kulit saja jadi easily sensitized.
Baca: Pengalaman Mengatasi Breakout
Setelah itu, saya lebih memperhatikan skin care apa saja yang perlu saya pakai supaya kulit saya nggak marah lagi. Saya perhatikan betul kandungannya apa saja. Sebelum membeli produk perawatan kulit, entah cleanser atau toner atau moisturizer, saya riset dulu sampai ke dalam-dalamnya. Kalau ada bahan-bahan yang masuk black list, auto coret dari kandidat belanjaan. Semakin ke sini, saya cenderung lebih suka memilih produk skin care untuk kulit sensitif. Biasanya lebih gentle dan bahan-bahannya lebih simpel.

Jadi saya berencana membuat daftar rekomendasi skin care untuk kulit sensitif.
Baca: Skin Care Routine untuk Kulit Acne Prone
Dimulai dari produk bernama micellar water.

Sejak awal tahun, saya tiap hari memakai micellar water dengan kapas sebagai first cleanser. Saking malasnya pakai cleansing oil maupun balm akibat burn out. Agak-agak nantangin sih, karena kapas berarti eksfoliasi. Untuk meminimalkan dampak gesekan kapas, dosis micellar water harus cukup. Selain itu pilihan produk micellar water-nya juga penting.

Sejauh yang pernah saya coba, 3 micellar water inilah yang menurut saya paling sensitive skin friendly.

Bioderma Sensibio H2O


Ingredients: Aqua/Water/Eau, PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides, Fructooligosaccharides, Mannitol, Xylitol, Rhamnose, Cucumis Sativus Fruit Extract, Propylene Glycol, Cetrimonium Bromide, Disodium EDTA.


Nggak ada yang nggak tahu lah ya, micellar water mahal punya Bioderma ini. Memang diformulasikan untuk kulit sensitif. Daftar komposisinya pendek, sederhana. Persis seperti yang biasanya saya suka. Nggak ada wanginya. Nggak perih di mata.

Saya biasanya perlu 3 kapas menggunakan Bioderma Sensibio H2O untuk makeup sehari-hari dengan foundation. untuk menghapus maskara perlu effort sih. Dan sayangnya bikin bulu mata saya rontok satu dua helai tiap kali menghapus maskara.

Simple Micellar Cleansing Water


Ingredients: Aqua, Hexylene Glycol, Glycerin, Cetrimonium Chloride, Cetylpridinium Chloride, Chamomila Recucita Flower Extract, Citric Acid, Niacinamide, Panthenol, Pantolactone, PEG-6 Caprylic/Capric Glycerides, Phenoxyethanol, Potassium Chloride, Propylene Glycol, Sodium Ascorbyl Phosphate, Sodium Chloride, Tetrasodium EDTA.


Kemasannya jujur saja nggak menarik. Kalau lihat di rak drugstore tanpa tahu latar belakang atau konsep brand-nya, kecil kemungkinan saya akan ambil micellar water Simple. Ini saya dapat dari Female Daily, btw, bareng sama toner dan facial wash.

Surprise! Saya justru suka sekali micellar water dari Simple. Bioderma Sensibio H2O udah cukup gentle dan jadi semacam standar micellar water kulit sensitif kan? Ini punya Simple lebih gentle lagi. Dan rasanya hydrating pula. Setelah hapus makeup pun kulit tetap kenyal.
Baca: Minimalist Beauty
Saya butuh 3 kapas juga untu menghapus daily makeup. Kalau pakai sunscreen saja seperti belakangan ini, saya cuma butuh 2 lembar kapas. Sudah termasuk bersihin maskara. Dan bulu mata saya nggak rontok lho. Tapi si Simple ini perih kalau kena mata.

Corine de Farme Purity Micellar Water


Ingredients: Aqua, Poloxamer 184, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Sodium Benzoate, Parfum, Potassium Sorbate, Citric Acid, Disodium EDTA, Paeonia Officinalis Flower Extract, Sodium Hydroxide.


Kalau micellar water Corine de Farme ini saya dapat dari Socobox-nya Sociolla. Ini enak juga dipakainya. Sebetulnya di atas kertas, micellar water yang ini nggak sensitive skin friendly, karena ada citric acid. Note ya, buat yang kulitnya sensitif. Dan ada parfumnya juga. Tapi di kulit saya, after taste-nya hydrating.

Sama seperti dua micellar water sebelumnya, pakai Corine de Farme Micellar Water juga saya butuh 3 kapas untuk makeup sehari-hari termasuk maskara dan lipstik. Tapi ini lebih nggak effort lho, pas menghapus maskara. Cukup tempelin di sekitar mata 10 detik aja, lalu usap.

Komparasi Performa



Tiga micellar water ini saya adu buat menghapus beberapa signature makeup yang sering saya pakai.

Mana yang menang?

Bioderma sih ya, yang paling bersih. Tapi yang jadi favorit saya sekaligus yang kemungkinan besar saya mau repurchase sih Simple Micellar Water.


Kalau kalian gimana?

No comments

Post a Comment

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© Jurnal Saya
Maira Gall