Tuesday, September 5, 2017

BLOGGER’S LIFE : NGOPI CANTIK, SEO, & SHINTARIES

ngopi cantik tekodeko semarang

Saya penyuka kopi. Sendiri atau berdua. Pagi buta atau lewat tengah malam. Kopi sasetan atau buatan cafe. Dalam bentuk permen atau skincare. Saya suka semuanya. Tapi saya nggak mau ngomongin kopi sekarang. Saya hanya penikmat, bukan expert. Saya lebih suka ngopi-ngopi cantik daripada menerka-nerka biji kopi jenis apa yang ada di cangkir saya.


Saya suka intronya. Hahaha ...

Well, ngomong-ngomong soal ngopi cantik, kemarin Beautiesquad punya hajatan Ngopi Cantik bareng blogger pro Shintaries Nijerinda. What does Ngopi Cantik mean here ? Jadi, Ngopi Cantiknya Beautiesquad adalah sejenis kelas online, acara bagi-bagi ilmu via Whatsapp. Belajar bareng lah, interaktif, ada jamnya, dan tentu saja khusus untuk blogger-blogger cantik Beautiesquad. Terus ada mentor yang bagi-bagi ilmu. Ilmunya macam-macam, episode pertama dulu soal flatlay photography dan episode kedua ini soal SEO. Episode ketiganya masih rahasia, nanti juga ada announcement. Makanya follow instagram Beautiesquad biar nggak ketinggalan. Follow instagram saya juga ya !

biji kopi

Blogging Bukan Cuma Nulis

Pertama kali saya bikin blog, tujuh atau delapan tahun yang lalu. Isinya entah apa saya nggak mau ingat-ingat. Nggak berfaedah lah. Pokoknya saya buta banget soal blogging, yang saya tau ngeblog itu ya nulis publish udah.

I was totally wrong, Dear. Blogging nggak sesederhana itu. Saya baru sadar ketika saya mulai ngeblog lagi. Ngeblog yang serius. Ada trafik yang perlu dijaga, ada angka-angka yang bisa bikin bangga, ada urusan template yang nggak boleh bikin pembaca sakit mata, ada kode-kode yang rumitnya melebihi ngodein dia. *what a rhyme !
Sounds complicated ? Itu belum semua.

Ngerti nggak rasanya udah nulis bertele-tele, dipublikasikan, tapi nggak ada yang baca ? Persis seperti main teater, lagi monolog panjang lebar di depan banyak penonton, kemudian sadar di tengah-tengah pentas kalau kamu bukan main teater di panggung utama. Melainkan di pinggiran panggung yang nggak kena lighting. Penonton hanya memperhatikan aktor di panggung utama. Kehadiran kamu nggak ada yang notice. It means : percuma.

Percuma kamu bikin blog, percuma kamu nulis bagus kalau tulisanmu nggak ada yang baca. Kenapa bisa nggak ada yang baca ? Karena nggak ada yang nemu tulisan kamu, karena kamu nggak kesorot lighting itu tadi. Lantas, gimana caranya supaya mendapat spotlight ? Buat blogmu bisa ditemukan oleh pembaca. This is what SEO for.

SEO, Technically

SEO, atau Search Engine Optimization adalah pemanfaatan mesin pencari secara optimal. Well, itu terjemahan, bukan definisi. Sederhananya, SEO adalah cara supaya blog kamu bisa ditemukan pembaca melalui Google atau mesin pencari lain.

Internet itu luas tapi page 1 Google terbatas. Sama seperti panggung utama dengan spotlight yang terbatas. Semua blogger (dan portal online lain) pengen ada di page 1. Sama seperti semua aktor pengen main teater di panggung utama. Semua berebut menduduki peringkat utama sehingga mesin pencari melakukan seleksi alam, blog mana yang layak ditempatkan di page 1.

Pertanyaannya, gimana caranya supaya lulus seleksi alam mesin pencari ? Teknisnya begini :

Keyword di judul : iya, nulis judul blogpost peraturannya mirip seperti judul karya tulis. Buat judul yang nyambung dengan isi artikel. Misalnya kamu nulis review lipstik Rollover Reaction Flushed shade Orla, ya sisipkan nama produk tersebut pada judul.
Ubah permalink : maksudnya, ganti URL blogpostnya supaya lebih to the point. Misalnya, lihat URL artikel ini ! Lihat kan, setelah www.jurnalsaya.com ada garis miring angka garis miring angka lagi bla bla bla ? Kalau SEO linknya diperpendek. Contoh : www.jurnalsaya.com/lipstik-matte-fanbo

Jumlah kata : Google sukanya artikel panjang, bukan artikel basa-basi. Sekitar 800-1000 kata is good. Tentu artikelnya panjang dan berbobot ya ! Tapi ini bukan harga mati. Kembali lagi ke konsep blog kamu seperti apa. Kadang pembaca nggak suka artikel panjang.

Sering update : like, sesering mungkin. Jangan update blog once in blue moon. Nanti nggak disayang Google. Kalau bisa tiap hari. Eh, tapi apa nggak bikin pembaca overwhelmed kalau kamu publish new blogpost tiap hari ? Kalau kata mbak Shintaries justru pembaca loyal akan suka kalau blog diupdate tiap hari. Toh tujuan ngeblog kan untuk pembaca yang suka, buat buat pembaca yang nggak suka.

Optimasi visual : maksudnya, foto yang disematkan pada artikel juga diberi keyword. Caranya dengan merename gambar, dan jangan lupa berikan deskripsi pada tag foto. Oiya, resize ukuran foto juga disarankan.

Internal dan eksternal link : simpelnya sih seimbangkan link yang mengarah ke blog sendiri dan link yang mengarah ke blog orang lain. Link building ini gunanya supaya blog kamu punya reputasi bagus di mata Google.

Meta deskripsi : ini semacam deskripsi singkat soal blog kamu. Kalau di platform blogspot kan ada isian meta deskripsi, nah itu dilengkapi.

Highlight : bukan highlight di pipi dan tulang hidung pakai shimmer ya ini. Maksudnya, berikan highlight pada beberapa keyword secara seimbang. Misalnya bold pada bagian sub-heading atau subjudul. Nggak perlu bold semua keyword, nggak perlu juga bikin keyword dalam persentase tertentu. Google sekarang suka yang natural.

SEO atau Konten ?

Ada satu hal tentang blogging yang sering banget saya diskusikan dengan diri sendiri (yes, saya selalu punya dua opini di kepala saya. Dua opini tersebut biasanya saling bertentangan satu sama lain. Otak saya memang sericuh itu).

Apa bener SEO sepenting itu ? Bukannya content is the king ya ? Lagipula, ada sejumlah blogger slash influencer femes yang jarang banget blognya nongkrong di page 1 Google. Tapi authority mereka tinggi, pageviews gede, kontennya bagus, brandingnya kuat.
Tapi kalau nggak penting, buat apa ada profesi SEO Specialist tralala ?

Saya mendapat jawabannya di Ngopi Cantik kemarin. SEO maupun konten (termasuk branding) sama pentingnya. Keduanya harus dijalankan beriringan karena saling melengkapi. SEO berfungsi supaya blog kamu ditemukan, tapi konten yang membuat pembaca memutuskan apa mau close tab atau menjadi pembaca loyal. Pembaca loyal inilah yang nanti akan datang lagi ke blog kamu, ngomenin tulisan kamu, follow media sosial kamu, mungkin juga akan ngikutin perkembangan blog kamu sampai akhir.

Tentu saja nggak semua pembaca baru yang menemukan blog kamu karena SEO tadi akan menjadi pembaca loyal. Ini tergantung apa konten kamu cukup menarik dan bermanfaat buat mereka. Tergantung apakah mereka mendapat pengalaman menyenangkan atau nggak saat main ke blog kamu.

Soal user experience alias pengalaman pembaca, biasanya dipengaruhi beberapa hal. Salah tiganya ini.

Authority : ini soal kepercayaan pembaca sama blog kamu. Tentu dipengaruhi oleh seberapa bagus citra kamu di mata pembaca, seberapa expert kamu pada bidang yang kamu bahas di blog, seberapa lama kamu sudah terjun ke niche blogging kamu, seberapa responsibel tulisan kamu, seberapa sering web lain ngelink blog kamu.

Tahu Domain Authority ? Itu bisa jadi ukuran. Lihat kan, blognya influencer-influencer kelas A punya DA tinggi meski jarang nangkring di page 1 mesin pencari ?

Template : harus yang loadingnya cepat. Oiya, netizen zaman sekarang sukanya tampilan blog yang clean, nggak banyak ornamen, dan mobile friendly. Sebagian besar orang main internet pakai smartphone, Dear.

Konten : nah, ini yang paling penting. Pembaca akan balik ke blog kamu kalau memang suka sama konten yang kamu buat. Sukanya gimana ? Ya pokoknya suka. Makanya jangan pernah nulis blog ngasal. Tapi kadang tulisan ngasal juga bisa disuka. Ya udahlah, pokoknya gitu.

Ada yang mau nambahin sesuatu ?

Kiss kiss.


ngopi cantik beautiesquad bareng shintaries

PS : Blognya mbak Shintaries : https://shintaries.com/

10 comments

  1. Aaaa bermanfaat bgt soalnya kmrn gk ikut ngopcan ❤


    www.maryangline.com


    ReplyDelete
  2. aku ketinggalan ikutan kelas mbak shintaa :((
    lupa tanggal T^T
    untung pada bikin postingan mengenai materi kemarreen, jadi maish bisa baca-bacaa :3

    ReplyDelete
  3. analoginya sama pemain teater kece banget ka virr

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat banget, nih ulasan aku baca detail dan bakal aku terapin. serius! thankyouu, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Wahhhh bagus nih materinya mbak, noted. Kemaren juga mbak Shintaries ke Jember juga

    ReplyDelete
  6. openingnya amboi. isinya asyik. keren lah mak vir ini. I enjoy your writings so much.

    ReplyDelete
  7. akhirnya kebagian ngobcan, bukannya ngobrol cantik ya mak kepanjangannya? hehe :) Blogging ga sesimple yg kita bayangin dulu ya :)

    ReplyDelete
  8. Noted ringkasan materinya ya Mbak, lagi belajar juga buat di portal ini :)

    ReplyDelete
  9. Wah nggak sempat ikut ini. Enak banget baca tulisannya. Thx infonya ya masih terus belajar ngeblog saya

    ReplyDelete
  10. Thank you very much for sharing the summary, Virly.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall