Saturday, March 17, 2018

DI BALIK LAYAR BS KE JOGJA


gathering beautiesquad

Gathering kemaren itu bukan sekedar ngumpul-ngumpul haha hihi. Buat saya, itu milestone lain, pencapaian lain dari Beautiesquad. Direncanain dari pertengahan tahun lalu, dikonsepin dari November, hingga akhirnya terlaksana tanggal 9-11 Maret kemarin.

Baca : Beautiesquad Is Turning 1!
Kalau dilihat dari foto-foto yang kami unggah di Instagram, juga video-video amatir kami di Instastory, pasti kebayang seseru apa rangkaan acara Beautiesquad goes to Yogyakarta. With a long list of sponsor di poster acara, with a bunch of goodies yang dibawa pulang. Bikin pengen kan?

Tapi ada yang nyangka enggak, cerita gathering Beautiesquad kemarin banyak dramanya? Saya tulisin di sini ya? Kalian kan pasti udah baca cerita-cerita versi bahagianya di blog anak-anak Beautiesquad yang lain. Tinggal baca versi behind the scene-nya di sini.

The Drama

BS ke jogja
Project Leader BS ke Jogja - CEO - Founder

Pernah dengar peribahasa Tak Ada Gading Yang Tak Retak? Ngerti artinya kan? Enggak ada sesuatu yang sempurna. Juga Beautiesquad 1st Gathering kemarin. Dari sisi panitia, repot. Semuanya punya pekerjaan utama, semuanya sibuk, semuanya punya social life. Dan saya paham banget jadi panitia gathering BS ini sifatnya voluntary, jadi enggak bisa nyuruh-nyuruh seenak udel.

Kami rapat online seringnya mulai jam sembilan-an malam, itu pun enggak pernah lengkap personilnya. Ada aja yang izin kebanyakan acara. Selesainya enggak jarang sampai lewat tengah malam. Kebayang dong rapat malam-malam di saat semuanya udah capek? Banyak debat, saling sensi, kesel-keselan sih udah biasa banget. Padahal mah besok paginya udah lupa semalem keselnya kenapa hahaha.

Drama lain? Ada panitia yang tiba-tiba ngilang, ada peserta yang batal di tengah jalan, ada vendor yang belum fix sampai H-7.

Udah kebayang gimana ribetnya dan gimana deg-deg-annya panitia di hari-hari terakhir menjelang gathering?

Itu aja dramanya? Enggak. Masih ada drama-drama lain yang enggak lucu kalau saya jembreng detailnya. Untung semua panitia saling back-up dan bisa kerja sama meski susah banget ya nyatuin suara 11 manusia. Dengan bantuan the power of kepepet dan kompromi di sana-sini, jadilah semua selesai pada waktunya.

Lalu dramanya selesai? Belum juga. Kelar gathering ternyata masih ada drama-drama yang tertinggal. Ada daftar checklist yang belum checked lah, ada yang ketinggalan, ada yang ngilang lagi, macem-macem. Ya udahlah ya, jadiin bahana evaluasi untuk gathering berikutnya.

The Unpredictable Tales

beautiesquad goes to jogja

Satu hal yang paling bikin saya khawatir pas BS ke Jogja kemarin adalah : nanti kalau ketemu krik enggak ya. Secara saya naturally awkward. Sama yang udah kenal sebelas tahun aja awkward pas ketemu lagi, apalagi sama orang baru. FYI, kemarin itu pertama kalinya saya ketemu anak-anak BS.
Baca : Introvert dan Silaturrahmi
And voila! Enggak krik dong, semua manusia sama kacaunya kaya di grup WA. Hahaha. Achievement banget sih buat saya baru ketemu sekali langsung nyambung. Well, bisa jadi karena udah setahunan ghibah bareng kali ya.

Saya inget banget pertama kali turun dari travel barengan sama Vina turun dari taksi daring di depan Pondok Sare. We were like “Vina??” and “Ini beneran Kak Virly?”Simply karena size masing-masing yang di luar ekspektasi. Hahaha. Bukan bermaksud body shamming, kami hanya jujur. Padahal saya udah niat dari rumah begitu ketemu Vina mau marah-marah (jangan nanya kenapa). Eh, lupa.

Lalu ada dua hal lagi yang unpredictable : ketawanya Rahma dan suara menggelegarnya Sani. Enggak bisa dideskripsikan. Kalian harus ketemu mereka langsung baru mudeng.

Ini namanya sayang adek. Cuma di BS

The Summary

Karena ini ceritanya blogpost after event, enggak afdhol kalau saya enggak tulis ringkasan narasi Beautiesquad goes to Jogja. Singkat aja ya?

Saya berangkat hari Jumat pagi dari rumah. Perjalanan darat 7 jam, Sis. Nyampe Jogja langsung ke Pondok Sare jam 2 siang, pas bareng sama Vina. Berikutnya Liana datang bareng Rahma, lalu disusul yang lain-lain. Haha-hihi sebentar, lalu lunch delivery yang sayang banget zonk. Shit.

Sorenya, saya, Liana, dan Vina ke Indiecology untuk meeting fix bareng Edelweiss. Lanjut habis maghrib kami (anak-anak BS yang udah nyampe di Jogja) ke Alun-Alun Kidul. Rani, Liana, Vina, dan Leci nyobain menyeberang pohon Beringin kembar yang udah enggak kembar. Saya dan Rahma bengong aja sambil ketawa-tawa. Yang penting udah menghirup udara malamnya Jogja lah ya. Kan judulnya BS ke Jogja.

Hari Sabtu, saya bangun paling pagi dong. Hahaha bangga. Kami siap-siap, mandinya sih pada cepet ya. Dandannya yang lama. Lalu sarapan ala western di Pondok Sare. Jam sembilan pagi baru jalan ke Indiecology.

workshop avoskin
Mbak Nada dari PT Avo lagi sharing soal skincare nih

Sesuai jadwal tapi molor dikit, Beautiesquad bareng Avoskin saling share soal skincare. Ngomongin mitos SLS dan paraben, juga foto-foto. Itu kan Indiecology tempatnya bagus banget, bangunan bergaya Belanda yang disulap jadi beberapa space usaha. Lingkungannya juga asri, banyak pepohonan. Sayang kalau enggak masuk dokumentasi.

Lepas dzuhur, kami melanjutkan perjalanan menuju Sleman. Tepatnya di Sogan Village, untuk belajar bikin batik. Dua kata untuk pengalaman bikin batik : seru dan susah! Cerita lengkap soal membatik bareng Sogan akan saya tulis di artikel terpisah nanti. Stay tune!

Setelah ashar, kami kembali ke Pondok Sare. Maunya sih selonjoran aja sambil ghibah sampe subuh, tapi harus siap-siap lagi karena malamnya ada Gala Dinner di Secret Garden.

gala dinner beautiesquad di secret garden

Jadi, tibalah saatnya Gala Dinner yang rencananya menjadi klimaks dari rangkaian acara Beautiesquad 1st Gathering. Semua manusia dressed up dengan tema Chic-Black meskipun nyatanya saya enggak keliatan chic. Hahaha.
Baca : Verve Bistro
Jangan dibayangin Gala Dinner kami glamor formal heboh kaya Puteri Indonesia ya. Dinner kami lebih santai, tone down, isinya saling sharing kesan-kesan selama gabung Beautiesquad, bertukar pesan sesama member, dan mini challenge pakai lipstik tanpa cermin. Kami juga kedatangan tamu spesial di Gala Dinner. Ada Mbak Utte dari Womantalk, Hanifa dari Jogja Blog Girls, juga perwakilan dari Secret Garden.

Minggu pagi, kami semua bangun kesiangan hahaha. Lalu cepet-cepet mandi pakai sabun mandinya Biore dan Laurent. Enggak lupa pakai body moisturizernya Vitacreme. Kemudian dandan bentar karena rencana acaranya city tour. Saya dan Rahma pakai BB creamnya Purbasari. Kata Rahma ada sensasi nyess gitu, tapi saya enggak ngerasa.

museum benteng vredeburg jogja

Sebelum berangkat city tour, kami haha-hihi dulu di common room Pondok Sare. Teras semi outdoor gitu, ada kolam ikan bergemericik. Kami tukar kado sambil ketawa-tawa. Enggak perlu ribet mikirin dokumentasi karena mas Ari Putra kami request datang ke Pondok Sare untuk motret kebersamaan anak-anak Beautiesquad.

madam tan jogja
Our Lunch at Madam Tan Classic Tugu

Long story short, kami keliling Museum Benteng Vredeburg dan jalan Malioboro sampai siang. Aktivitas terakhir, lunch bareng di Madam Tan Classic Tugu. Lunch terakhir di Jogja ini enak parah. Nice farewell lah.
Baca : Lunpia Cik Me Me
Enggak terasa, Beautiesquad 1st Gathering udah kelar. Sebelum kembali ke realita masing-masing, kami mampir lagi Pondok Sare untuk ambil barang dan nunggu jam keberangkatan. Baik banget mbaknya Pondok Sare.

Eh, saya belum cerita apa-apa ya soal Pondok Sare? Ini tuh hostel gitu, bednya ala dormitory sekamar berempat. Ada private room juga untuk berdua. Suasananya homey, calming, bersih, nyaman lah. Ada common room indoor dan semi outdoor. Yang nyari spot foto instagramabel, di sini banyak. Hampir semua spotnya instagramabel lah. Harga per malamnya super affordable. IDR 95K/n untuk dorm, dan IDR 150K/n untuk private room. Sudah termasuk breakfast.

pondok sare

Tadinya kami enggak expect nginep di hostel gini bakalan fun. Ternyata melebihi ekspektasi. Karena seperti rumah sendiri, kami malah jadi makin akrab. Plus, pas kita di Pondok Sare pas lagi agak sepi, hanya ada beberapa tamu WNA. Anak-anak Beautiesquad sih yang ngeramein.

Thank’s a bunch lah, Jogja, untuk keramahannya. Gathering Beautiesquad berikutnya ke mana nih?

Kiss kiss
gathering beautiesquad

Terima kasih untuk all vendors dan sponsors :
Secret Garden Jogja | Indiecology | Pondok Sare | Madam Tan
Edelweiss Party Planner | Ari Putra Production
Larent | Avoskin | Sogan Batik
Kohvee Story | Purbasari | Rubiena | Poppy Dharsono Cosmetics
Artisan | Tammia | Biore | Kay Collection-Vitacreme | Mizzu
Emina Cosmetics Jogja | Shylas Factory | The Body Heart
The Hartz Lashes | My Beauty Diary | Maple Your Day

Serta seluruh media partner :
Female Daily Network | Blogger Perempuan | Eblush
Dream.co.id| Womantalk | Feedme.id |  Styl.id

3 comments

  1. Pokoknya Gathering tahun depan seminggu, Titik gak pake Koma ya Bu Ketu, HAHAHA

    ReplyDelete
  2. Waaa, tengikik deh baca tulisan kak virly soal event kemaren. Ahahaha. Singkat, padat, dan ngena! Makasih banget deh buat semuaaa tim panitia yang udah sukses, bahkan diluar semua kekurangan yang ada, ini acara udah sukses banget buat kita

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya gathering BS. Selamat udah bisa mempertemukan para pengurus yang selama ini interaksi di dunia maya.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© JurnalSaya
Maira Gall