Monday, April 8, 2019

EAT & STAY: JAJAN GO-FOOD SEKARANG BISA PATUNGAN

inovasi terbaru gojek

“Jajan yuk, Go-Food aja. Pakai gopaymu dulu ya, nanti kuganti.” Dan percayalah, kalimat ‘nanti kuganti’ itu hanya mitos. Borderline antara lupa, enggak enak nagih, atau lagi kaya jadi biar aja. Yang sering mengalami hayuk tunjuk tangan!


Kebiasaan jelek orang Indonesia sih ya, sungkan ngomongin uang. Kalau enggak sama teman yang deket banget rasanya awkward kan nagih patungan. Apalagi yang jumlahnya enggak banyak seperti patungan-patungan jajan dua puluh ribuan. Takut nanti dikira pelit atau perhitungan. Padahal kalau dikalikan seminggu lumayan juga, bisa dapet satu lipstik baru.
Baca: Membicarakan Uang

Nampaknya para developer GOJEK juga sering mengalami hal serupa sehingga baru-baru ini mereka meluncurkan fitur baru yang bisa split bill. Inovasi terbaru GOJEK ini namanya “Chat Antar Teman”. UI-nya mirip aplikasi chatting biasa, bisa say hi dan bikin grup. Jadi bisa bikin grup jajaners sekantor atau jajaners sekos. Pas pengen jajan Go-Food enggak perlu ribut nentuin pesen apa. Diskusinya via chat, jadi kantornya enggak berisik. Setelah diputuskan jajan apa, segrup bisa patungan dulu. Baru order.
Baca: Jajan Lunpia Cik Me Me
Cara kerja inovasi split bill-nya GOJEK ini simpel sebenernya, tapi helps a lot. Chat antar-user (yang kontaknya diambil dari kontak ponsel), tentukan jumlah patungan, transfer Go-Pay ke salah satu user, lalu order Go-Food seperti biasa. Enggak ada cerita jajan dulu, bayar kapan-kapan. Hahaha.

Ngomong-ngomong, mungkin ke depannya GOJEK bisa nambahin inovasi fitur split bill yang bener-bener split otomatis sesuai pesanan. Bukan transfer Go-Pay manual lagi.
Baca: Makan dan Nongkrong di Verve Bistro
Selain untuk patungan jajan, inovasi GOJEK untuk rilis chat feature juga berguna banget untuk patungan kondangan, atau nyumbang teman yang baru lahiran, atau bikin donasi. Sayang sekali aplikasi patungan ini baru dirilis sekarang.

Tahun lalu saya dan teman-teman beauty blogger dari (bisa dibilang) seluruh penjuru Indonesia pernah nih bingung gimana caranya patungan online. Waktu itu ada teman sesama blogger nikah, teman segrup yang dekat banget yang kita tiap hari curhat-curhatan. Dianya di Jakarta, saya di Semarang, teman-teman lain ada yang di Surabaya, Purwokerto, Bandung, Batam, Jayapura, Ambon, dan lain-lain. Kita pengen dateng tapi enggak sanggup karena tiket mahal. Jadi kita memutuskan patungan aja beli kado. Pas mau diskusi pilih kado kita bingung chatnya gimana karena di grup itu ada si ybs. Akhirnya kita bikin grup baru gitu, ribet banget menuh-menuhin chat. Dan pas kita transfer uang patungan itu juga repot. Transfer beda bank jadi bayar admin juga, habis itu masih perlu kirim bukti transfer. Fitur chat-nya GOJEK akan berguna banget untuk kondisi begini biar patungan gampang.

Ngomong-ngomong, kemarin saya nyobain fitur patungan untuk jajan via Go-Food. Awalnya bingung karena di aplikasi saya belum ada fiturnya. Ternyata perlu update dulu. Hahaha. Setelah diupdate, langsung deh muncul fitur barunya. Eh, tapi di aplikasi GOJEK punya beberapa teman belum dapet fiturnya. Jadi memang belum merata ya. Ini deh saya kasih bocoran cara pakai fitur “Chat Antar Teman”. Mudah-mudahan cukup membantu ya.

cara pakai fitur chat gojek

fitur split bill gojek

aplikasi patungan gampang gojek

Segampang itu.


Ada yang udah pernah nyoba patungan jajan di GOJEK pakai fitur “Chat Antar Teman”? Gimana menurut kalian? Membantu melenyapkan mitos “nanti kuganti” enggak? Share dong pengalaman kalian!

No comments

Post a Comment

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© Jurnal Saya
Maira Gall