Monday, June 8, 2020

SKINCARE ROUTINE SELAMA MUSIM WFH

Beautiesquadpunya program baru lho. Setelah Ngopi Cantik, Monthly Makeup Collab, dan Ngeteh Cantik, sekarang kami punya Monthly Blog Collab. Wqwq lucu juga setelah jalan lebih dari 3 tahun sebagai komunitas beauty blogger, baru sekarang bikin blog collab yang isinya bukan cuma makeup. Tema pertama adalah Skincare Routine Selama WFH (Work From Home).

Baca: Ngopi Cantik Beautiesquad

Meskipun di masa pandemi tetap work from office, kulit saya juga mengalami beberapa problem seperti banyak dialami teman-teman yang WFH: kusam, jerawatan, dan dehidrasi. Nggak bisa dipungkiri, perubahan kondisi yang drastis serta situasi serba nggak pasti bikin stres. Larinya ke makanan-makanan manis dan berlemak. Ditambah mood yang serba nggak enak jadi trigger jerawat dan dehidrasi di kulit saya.

Baca: Simple Skincare Routine untuk Kulit Acne Prone

Mengatasi Breakout Karena Masker

Saya belum benar-benar yakin apakah breakout pada kulit ini disebabkan pemakaian masker. Menurut pengalaman sih trigger jerawat dan dehidrasi kulit saya ya yang saya sebut di atas tadi. Tapi saya juga belum punya pengalaman pakai masker setiap hari sebelum ini.

Well, jadi sejak Corona Outbreak di Indonesia, saya pakai masker kain setiap hari selama jam kerja di kantor. Awal-awal, saya masih pakai makeup lengkap dengan foundation. Sempat muncul pimple di bawah hidung, dagu, serta pipi dekat bibir. Itu area-area yang tertutup masker kan?

Hipotesis saya sih selain trigger tadi, pemakaian masker lebih dari 8 jam sehari berpengaruh juga. Kulit kan tertutup, jadi lembap (bukan lembap dalam konotasi bagus), kemudian timbul bakteri yang menyebabkan jerawat. Dari sini saya ngerti pentingnya menjaga kebersihan masker dan area yang ditutupinya. Paling nggak, gantilah masker setiap 4 jam. Jadi pas ngantor selalu bawa 1 masker cadangan.

Tetap Double Cleansing


Salah satu cara jitu mencegah dan mengatasi breakout akibat jerawat adalah tetap melakukan double cleansing. Nggak perlu dijelasin lagi kan, double cleansing itu apa?

Baca: Rangkaian Skincare Routine Bersama Nameera Aquatic Botanical

Saya sendiri selalu melakukan double cleansing setelah pulang kantor. Micellar water dan face wash cukup sih kalau malas pakai cleansing oil/balm/milk. Tapi memang memakai micellar water lebih abrasif untuk kulit karena aplikasinya kan pakai kapas. Jadi, pilih micellar water yang paling gentle yang bisa dijangkau supaya less mengiritasi kulit. Micellar water yang sedang saya pakai ada Bioderma Sensibio H2O.

Baca: Rekomendasi Micellar Water Bagus untuk Kulit Sensitif

Begitupun pilihan face wash-nya. Pernah dengar dong, kalau mencuci muka merupakan aktivitas yang paling ‘merusak’ kulit? Ketika cleanser membersihkan sisa makeup dan kotoran, minyak alami di kulit juga ikut terangkat. Apalagi kalau cleanser yang dipakai cukup keras, jadi kering kesat deh sehabis cuci muka.

Baca: Cara Saya Pilih Produk Skincare

Tapi tentu saja proses membersihkan wajah ini sekaligus step terpenting dalam merawat kulit. Ya bayangin aja gimana bentukannya kulit kalau nggak dibersihin seharian. Jadi meskipun di rumah aja, usahakan selalu double cleansing sebelum tidur ya!

Sunscreen Itu Wajib


Dulu saya menganggap nggak perlu pakai sunscreen kalau seharian berada di rumah. Eh ternyata nggak betul. Berada di dalam rumah nggak serta merta bikin kita terlindungi 100% dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Rumahmu ada kacanya kan? Sinar matahari masih nembus kan? Kamu masih bisa melihat segala benda dengan jelas kan? Berarti masih kena matahari. Gampangnya sih, selama cahaya matahari terlihat, kamu butuh proteksi sunscreen.

Kalau skip sunscreen, percuma semua usaha skincare routine yang kamu lakukan sebelumnya. Mending nggak usah pakai skincare aja sekalian. Iya dong, ngapain repot-repot pakai serum ini itu kalau setelahnya kulit nggak dilindungi?

Banyak yang beralasan malas pakai sunscreen karena lengket, bikin kulit berminyak, bahkan jerawatan, atau white cast. Hey, pasti yang bilang gitu belum nyobain Biore UV, Cosrx Aloe Sun, Missha Sun Essence, Nivea UV, atau sunscreen-sunscreen dari brand Skin Aqua (search aja di kolom cari blog ini kalau ingin baca artikelnya).

Baca: Battle Sunscreen Under 50k Niva vs Emina

Baca: Battle Sunscreen untuk Kulit Sensitif Cosrx vs Skin Aqua

Gitu aja sih skincare routine saya selama masa WFH. Nggak berbeda dibanding skincare di masa normal sebelum pandemi. Tetap sesederhana mungkin, sebutuhnya saja.


Oh iya, mungkin kamu akan nanya. Kok nggak saya jelasin produk-produk yang sedang saya pakai termasuk serum, toner, dan lain-lainnya? Karena nanti saya jelasin di Instagram aja wqwq. Di sini saya share prinsipnya aja. Toh skincare routine kan fleksibel sekali. Bisa di-adjust sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan.

Cek juga skincare WFH-nya anak Beautiesquad yang lain. Punya Aidacht, misalnya. Dia bikin rekomendasi skincare buat acne-prone skin selama musim covid-19 di blognya.

Kalau kamu gimana? Skincare routine selama WFH ada perubahan signifikan nggak dibanding sebelum musim WFH?


2 comments

  1. wah setuju sih kak, wfh malah buat aku jerawatan di sekitaran dagu :(

    ReplyDelete
  2. yes, selama WFH we still need to protect our skin from the dirt.

    ReplyDelete

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss

© Jurnal Saya
Maira Gall