CURRENT FAVORITE: AIRNDERM HYDRATING PRIMER TONER

No comments



Jarang ada produk iklan yang masuk rubrik Current Favorite. Tapi kali ini saya merasa bisa masukin produknya Airnderm yang Hydrating Primer Toner ke sini meskipun artikel ini berbayar. Kenapa? Alasannya ada di part terakhir artikel ini.

Baca: Review Pyunkang Yul Essence Toner

Apa Ini?

Nama lengkap produknya Hydrating Primer Toner dari brand Airnderm. Bagi yang belum familier, Airnderm adalah sister brand untuk lini skincare OTC dari Airin Skin Clinic. Semua produk Airnderm ini local made, BPOM registered, dan sudah mendapat sertifikasi halal MUI.

Airnderm Arsthetic Hydrating Primer Toner adalah toner yang berfungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit wajah, sehingga kulit tetap terawat dan terjaga kesehatannya.

Singkatnya, produk ini adalah hydrating toner. Digunakan setelah cuci muka pada step pertama rangkaian skincare. Bisa digunakan setelah chemical exfoliating. Bisa dipakai untuk 7-skin method. Bisa juga dipakai untuk compressed sheet mask. Versatile.

Produk Airnderm Hydrating Primer Toner dijual dengan harga Rp100.000,-/100ml di website dan marketplace. Affordable. Bukan jenis skincare yang perlu nabung sebelum beli.

Baca: Review Hale Stay Toned

Detail

Airnderm Aesthetic Hydrating Primer Toner dikemas dalam botol plastik frosted yang sturdy dengan tutup warna perak. Nggak ada paper box. Hanya segel plastik wrapped. Botolnya nggak bulky. Di mulut botol ada tutup separatornya lagi. Jadi aman sekali, nggak tumpah kalau dibawa bepergian.

Ingredients: Aqua, Propanediol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Butylene Glycol, Panax Ginseng Root Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium Edta, Xanthan Gum.

Di kemasan tertulis star ingredients produk ini adalah Glycerin, Sodium Hyaluronate, dan Aloe Vera. Ketiganya merupakan komposisi pelembap. Dua di antaranya saya beri highlight kuning. Sedangkan glycerin nggak ada. Well, di ingredient list ada ethylhexylglycerin yang berasal dari glycerin, tapi fungsinya sebagai preservative, bukan pelembap.

Sodium hyaluronate, atau sering juga disebut hyaluronic acid adalah bahan pelembap a.k.a humektan. Tugasnya mengikat air untuk menghidrasi kulit. Yes, kamu sering mendengar HA mampu mengikat air hingga 1000 kali lipat berat zatnya sendiri. Nggak heran HA sering muncul sebagai star ingredients di berbagai produk skincare.

Ekstrak aloe vera sendiri sudah lama terkenal sebagai komposisi pelembap yang juga anti inflammatory dan punya efek soothing.

Selain dua itu, masih ada ekstrak ginseng yang merupakan antioksidan.

Baca: Review Avoskin YSB Marine Collagen + Ginseng

Airnderm menyebut formula primer tonernya paraben free (meskipun pakai paraben pun nggak apa-apa banget lho), sulfate free (sesungguhnya saya nggak tahu apakah ada produk toner yang mengandung sulfat), alcohol free, silicon free (although silicon is okay, too), cruelty free, fungal acne safe, minimal ingredients, dan dermatologically tested.

Isi produk Airnderm Hydrating Primer Toner berupa cairan bening kental (water to gel) tanpa warna dan tanpa aroma. Yes, hydrating toner Airnderm ini fragrance free. Nggak terasa greasy saat dipakai dan cepat meresap.

Kenapa Favorit?

Satu, karena suits my minimalist persona very well. Airnderm Hydrating Primer Toner ini jenis hydrating toner basic yang super simpel. Versatile juga, sudah saya sebut di paragraf atas. Bisa dipakai pagi atau malam, dengan macam-macam rangkaian skincare lain. Pakainya nggak usah mikir.

Saya sendiri pakai toner Airnderm ini step pertama setelah cuci muka, langsung ditepuk-tepuk saja di kulit. Kadang lapis 3 atau 7 kali kalau sedang pakai retinol. Di kulit mature saya Airnderm Hydrating Primer Toner ini termasuk ringan, kurang kalau hanya 1 layer.

Dua, nggak pernah bikin kulit saya breakout.

Baca: Review Face Oil untuk Acne Prone Skin

Tiga, minimal ingredient. Semakin pendek daftarnya, semakin mudah dipelajari. Semakin mudah juga saya mengatur ekspektasi. Suka sebel nggak sih, kalau nemu skincare yang ingredient list-nya panjang-panjang fancy ternyata feel-nya B aja?

Empat, harganya affordable juga.

Ada yang udah nyobain produknya Airnderm juga? Gimana ceritanya?

Airnderm: Instagram | Website | Shopee

(ADV)

No comments

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss