TIPS ANTI DEHIDRASI SELAMA PUASA BERSAMA BIODERMA BOOST YOUR GLOW

No comments

 


Puasa di bawah terik matahari Semarang itu challenging sumpah, berasa lagi simulasi padang mahsyar saat siang. Panas dan sumuk, asupan air dari dalam nihil jadi dehidrasi. Efeknya ke kulit juga. Debu polusi, keringat, dan minyak berlebih akibat dehidrasi berkumpul di balik masker, numpuk di kulit. Hello, maskne!

Baca: Skincare Routine Selama Musim WFH

Pentingnya Hidrasi Kulit

Yes, sama seperti otak kita yang jadi kurang fokus saat dehidrasi, kulit pun begitu. Ketika kekurangan kelembapan, kulit akan memproduksi sebum berlebih sebagai mekanisme pertahanan. Namun produksi sebum yang ekstra ini rupanya nggak bisa menggantikan fungsi air di dalam kulit. Jika dibiarkan, lapisan skin barrier jadi rusak yang berakibat buruk untuk kulit. Padahal skin barrier vital sekali untuk performa kulit. Skin barrier lah yang menjadi perisai untuk melindungi kulit dari paparan oksidan dan menjaga agar kandungan air di dalam kulit nggak cepat menguap.

Rentan berjerawat, gampang iritasi, berminyak parah, kelihatan flaky saat pakai makeup, kerutan terpampang nyata. Itu sebagian efek yang terlihat jika kulit mengalami dehidrasi.

Kalau sudah mengalami dehidrasi lantas gimana? Dikembalikan hidrasinya dong. Saat mengalami dehidrasi, saya biasanya langsung stop semua skincare yang sifatnya eksfoliasi dan kembali ke super basic skincare yang sifatnya menghidrasi. Pokoknya harus produk yang enteng, nggak banyak layer, dan harus sensitive skin friendly (PS: kulit saya sensitized skin, tapi seringnya pilih produk untuk kulit sensitif karena lebih mudah ditemukan).

Baca: 5 Hydrating Toner Tanpa Alkohol

Rekomendasi Skincare Water-Based

Kebetulan sekali beberapa waktu lalu Clozette Indonesia mengirimi saya duo produk skincare water-based yang berfungsi mengembalikan hidrasi kulit selama puasa.

Kedua produk tersebut adalah Bioderma Hydrabio Essence Lotion sebagai hydrating boosting toner dan Bioderma Sebium Lotion sebagai balancing boosting toner yang dikemas dalam tajuk #BoostYourGlow. Dua-duanya merupakan produk toner yang bisa dipakai di step pertama untuk booster supaya produk skincare berikutnya bekerja lebih optimal. Jadi kedua produk ini dikurasi khusus oleh Bioderma untuk mengatasi permasalahan kulit dehidrasi yang sering muncul saat berpuasa.

Baik Bioderma Hydrabio Essence Lotion maupun Sebium Lotion dikemas dalam botol tabung plastik bening berwarna biru dan hijau (sesuai dengan lini masing-masing) dengan tutup ulir. Mulut botolnya kecil, memudahkan untuk aplikasi produk supaya nggak tumpah. Oh ya, perhatikan seal hologram di mulut botol sebagai penanda kalau produkmu baru dan kualitasnya terjaga.

Kedua produk toner Bioderma Boost Your Glow ini sudah tersedia di drugstore, Sociolla, maupun marketplace kesayanganmu. Harganya sama, Rp297.000,-/200ml masing-masing.

Baca: Rangkaian Skincare Halal dari Nameera

Bioderma Hydrabio Essence Lotion

Ingredients: Aqua/Water/Eau, Methylpropanediol, Niacinamide, PPG-26-Buteth-26, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Sodium PCA, Hydroxyethylcellulose, Disodium EDTA, Salicylic Acid, Mannitol, Sodium Citrate, Tocopheryl Acetate, Xylitol, Hexyldecanol, Cetrimonium Bromide, Benzotriazolyl Dodecyl P-Cresol, Rhamnose, Sodium Hydroxide, Pyrus Malus (Apple) Seed Extract, Brassica Campestris (Rapeseed) Sterols, Tocopherol, Fragrance (Parfum).

Highlight kuning adalah star ingredients.

Aquagenium™ patent (niacinamide + apple seed extract) mencegah penguapan air dari kulit dengan memperkuat skin barrier dan menstimulasi aliran air di dalam kulit. Hasilnya adalah hidrasi yang tahan lama.

Salicylic Acid berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati sehingga permukaan kulit terlihat bercahaya dan lebih halus.

Vitamin E sebagai antioksidan melindungi kulit dari paparan radikal bebas sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Dermatological advanced formulation (D.A.F™) patent memastikan produk Bioderma Hydrabio Essence Lotion ramah terhadap kulit sensitif.

Isi produk Bioderma Hydrabio Essence ini berupa cairan bening seperti air tapi terasa rich, ada wanginya. Saat diaplikasikan ke kulit jadi berbusa, tapi cepat meresap. Supaya nggak muncul busa-busanya, aplikasikan toner sedikit-sedikit, biarkan meresap, baru tambahkan toner lagi kalau kurang.

Saya menggunakan Bioderma Hydrabio Essence Lotion ini di step pertama rangkaian skincare routine malam hari. Nggak ngitung berapa tetes atau berapa layer karena saya langsung tumpahin dari botol ke kulit wajah, lalu ditepuk-tepuk.

Baca: Review Bioderma Sensibio H2O Micellar Water

Bioderma Sebium Lotion

Ingredients: Aqua/Water/Eau, PEG-11 Methyl Ether Dimethicone, Butylene Glycol, Glycerin, Fomes Officinalis (Mushroom) Extract, Capryloyl Glycine, Polysorbate 20, Sodium Citrate, Zinc Gluconate, Salicylic Acid, Sodium Hydroxide, Mannitol, Sodium Metabisulfite, Xylitol, Rhamnose, Pyridoxine HCI, Propyl Gallate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Fructooligosaccharides, Phenoxyethanol, Fragrance (Parfum).

Highlight kuning adalah star ingredient

Glycerin merupakan humektan yang bekerja dengan baik menjaga kelembapan kulit hingga 8 jam.

Salicylic acid mengangkat sel-sel kulit mati supaya kulit lebih bersih dan terlihat gowing.

Fluidactiv™ patent (mannitol + dedoceyl gallate) & capryloyl glycine bertugas mengembalikan ph kulit dalam waktu 1 jam serta memusnahkan hingga 60% bakteri penyebab jerawat.

Zinc gluconate, vitamin b6 (pyridoxine hcl), mushroom extract bekerja sebagai astringent yang membantu mengontrol produksi sebum.

Sebium Lotion ini juga produknya secair air, ada wangi citrusy yang walaupun nggak menyengat tapi cukup kuat. Saat diaplikasikan ke kulit nggak se-foamy toner Hydrabio. Si toner Sebium ini sering saya jadikan cleansing toner, pakai di kapas setelah cuci muka untuk mengangkat residu cleansing kalau masih ada.

Yang bikin saya amazed, meskipun mengandung bahan astringet, Bioderma Sebium Lotion ini sama sekali nggak bikin kulit kesat. Nggak ada alkohol denat juga. Jadi nyaman dipakai setiap hari.

Baca: Cara Saya Pilih Skincare

Tips Bebas Dehidrasi Selama Ramadan

Pertama, minum air yang cukup. Kebutuhan air idealnya disesuaikan berat badan. Rumus mudahnya, berat badan x 30ml. Untuk saya yang punya berat badan 40 kg, butuh air sekitar 1200ml. Buat saya yang nggak suka air minum 1200ml dari maghrib sampai subuh itu PR. Tapi asupan air ini penting supaya tetap bisa fokus saat beraktivitas di jam puasa.

Minum air ini yang cukup ini perlu dibarengi dengan menghindari kafein dan makanan yang terlalu asin. Well, kafein (goog bye, coffee!) itu sifatnya diuretik, bikin kita pipis lebih sering. Sementara makanan yang terlalu asin akan membuat kita kehausan terus menerus karena sifat asli garam yang menyerap air. Jadi selama puasa baiknya dihindari saja.

Kedua, pakai skincare yang fokusnya menghidrasi. Yes, ini maksudnya tips supaya kulit nggak dehidrasi. Jangan sampai skip skincare. Pengalaman saya beberapa waktu lalu saat tiba-tiba berjerawat dan makeup kelihatan flaky, saya stop actives beberapa hari. Skincare yang saya pakai hanya toner Bioderma Hydrabio dan Sensibio bergantian, langsung dilapis sunscreen atau moisturizer. Langsung terasa kulit saya kembali hydrated.

Ketiga, stay active but not too much. Maksudnya, kalau kerja ya kerja aja. Beraktivitas seperti biasa aja. Puasa bukan alasan untuk malas-malasan. Tapi perlu di-adjust sedikit. Hindari aktivitas berat seperti olahraga di siang hari. Sebagai gantinya, atur jadwal olahraga di jam-jam menjelang berbuka. Hindari juga panas-panasan di luar ruangan, terutama kalau terik mataharinya seperti Semarang.

Ada yang punya pengalaman mengatasi dehidrasi saat puasa juga? Share dong ceritamu!

No comments

Halo, terimakasih sudah mampir di JurnalSaya. Satu komentar Anda sangat berarti bagi saya.
Semua komentar dimoderasi ya. Komentar yang berisi pesan pribadi akan saya anggap spam.
Oiya, tolong jangan tinggalkan link hidup di badan komentar. Kisskiss